Pemerintah Kota Jambi Gelar Seminar Bunda Paud Mendidik Anak Di Era Digital

Rabu, 14 Juni 2023 - 19:14:20


/
 
RADARJAMBI.CO.ID - Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi Menyelenggarakan Kegiatan Seminar Bunda PAUD Kota Jambi Tahun 2023, Dengan Mengusung Tema "Sukses Mendidik Generasi Post GEN Z Dalam Era Digital".Di Aula Griya Mayang Rumah Dinas Wali Kota Jambi, Rabu (14/06) 

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Sekda Kota Jambi A Ridwan,  Kepala Dinas Pendidikan Kota Jambi Mulyadi, serta Bunda PAUD tingkat Kecamatan dan Kelurahan se Kota Jambi, Ketua Bunda PAUD Kota Jambi H. Yuliana Fasha yang membacakan Komitmen Nasional dari Kementerian Pendidikan.

Dikatakan Bunda PAUD Kota Jambi bahwa tiga Komitmen Nasional dari Kementerian Pendidikan itu adalah transisi Paud ke SD, yakni pertama Tidak menerapkan Tes penerimaan peserta didik baru, kedua Menerapkan masa perkenalan dari TK ke SD selama 2 minggu atau di awal tahun pembelajaran, dan ketiga Menerapkan proses pembelajaran yang efektif dan menyenangkan dengan fokus seluruh kompetensi anak.

Menanggapi komitmen tersebut, Yuliana Fasha selaku Bunda PAUD kota Jambi sangat menyambut positif, karena hal itu merupakan adanya perhatian dari pusat betapa pentingnya pendidikan sejak usia dini.

“Menjadi bunda PAUD ini artinya mendidik anak usia 0 sampai 6 tahun. Jadi betapa pentingnya pendidikan usia dini saat ini yang telah dikelilingi oleh era digital,” katanya.

Yuliana Fasha juga berpesan kepada orang tua, bahwa jangan menilai kecerdasan anak berdasarkan hanya pada hasil nilai rapor. Tetapi lihatlah dari beberapa hal, yakni tatakrama, kedisiplinan dan keberanian tampil sang anak.

Di akhir sambutannya, Yuliana Fasha yang juga merupakan istri Wali Kota Jambi Sy Fasha ini berharap kedepan apa yang telah dicapai kota Jambi saat ini agar terus bisa dikembangkan, terutama pada pendidikan usia sejak dini. Guna mencapai target Menuju Indonesia Emas tahun 2045.

“Mungkin ini merupakan seminar terakhir saya sebagai Bunda PAUD kota Jambi, karena telah memasuki akhir-akhir masa jabatan saya. Jadi mari kita sukseskan target Menuju Indonesia Emas tahun 2045,” tutup Yuliana Fasha.

Sebelumnya, Ketua penyelenggara Seminar Bunda PAUD tahun 2023, Kadisdik Kota Jambi Mulyadi melaporkan bahwa kegiatan ini diikuti oleh 500 peserta dari Paud se Kota Jambi. Dirinya berpesan agar di era digital saat ini para orang tua harus mengontrol anak-anak agar terhindar dari hal-hal negatif, yang sangat mudah diperoleh.

“Era digital saat ini sangat mudah memperoleh informasi, baik positif hingga negatif, jadi disini sangat lah penting peran orang tua dirumah. Tidak hanya berharap pendidikan di sekolah. Namun pentingnya sinergi orang tua dan para pendidik,”ujarnya.

Sementara itu, Sekda Kota Jambi A Ridwan pada kesempatan ini juga mengungkapkan hal serupa, bahwa pentingnya pendidikan sejak usia dini

“Tema inj harus ada ditopang dengan kemampuan yang konkret. Harus tau cara cerdas dan inofatif memakai era digital saat ini. Sebab cara terbaik mendidik anak adalah secara langsung,”terangnya.

“Akhir-akhir ini banyak anak – anak di ekploitasi. Jadi tugas kita sebagai Bunda Paud maupun orang tua agar bisa memerhatikan anak, salah satuanya dengan sering mengecek hp anak. Maka dari itu kita harus mengawasi benar di era digital yang berkembang pesat saat ini,"lanjutnya.

Ridwan berpesan agar para orang tua dapat bersinergi dan bekerjasama dengan para guru untuk menjaga dan mendidik anak-anak sejak dini.

“Bimbinglah mereka, karena itu adalah hal yg mulia. Kami mengingatkan harus ada sinergi antara orang tua dan guru di dunia pendidikan,”ujarnya.

Kegiatan seminar Bunda PAUD kota Jambi tahun 2023 yang dibuka secara bersama oleh Sekda Kota Jambi A Ridwan dan Bunda PAUD Kota Jambi Yuliana Fasha. Di kesempatan ini juga menghadirkan sebagai narasumber Dr. Aisah Dahlan yang merupakan Konsultan Penanggulangan Penyalahgunaan Narkoba.

Untuk diketahui, selama kepemimpinan Bunda PAUD Kota Jambi Yuliana Fasha, Pemerintah Kota Jambi terus  mendapat berbagai penghargaan dan apresiasi, salah satunya pemecahan rekor bermain cengkling yang diikuti 80.000 lebih anak se Kota Jambi, serta mendapatkan  Penghargaan Bunda Paud di Tingkat Nasional. Dan masih banyak penghargaan yang diperoleh lainnya. (ria/akd)