Gubernur Al Haris : Satu Hari Bersama Jambi Ajang Perkenalkan Unggulan Jambi di Tingkat Nasional

Sabtu, 08 Juli 2023 - 10:17:22


SATU HARI BERSAMA JAMBI yang berlangsung di Anjungan Mall Sarinah Jakarta, Sabtu (08/07/2023).
SATU HARI BERSAMA JAMBI yang berlangsung di Anjungan Mall Sarinah Jakarta, Sabtu (08/07/2023). / Diskominfo Provinsi Jambi

RADARJAMBI.CO.ID- Gubernur Jambi Dr. H. Al Haris, S.Sos., MH., mengatakan, Pamaren Satu Hari Bersama Jambi merupakan ajang untuk memperkenalkan unggulan Jambi di tingkat Nasional.

Hal ini disampaikannya pada acara SATU HARI BERSAMA JAMBI yang berlangsung di Anjungan Mall Sarinah Jakarta, Sabtu (08/07/2023). Acara SATU HARI BERSAMA JAMBI ini dibuka secara resmi oleh Menteri Perdagangan RI Dr. (H.C.) H. Zulkifli Hasan.

Gubernur Jambi Al Haris

"Saat ini Provinsi Jambi belum pernah mencoba untuk mengeksplor potensi yang dimiliki Jambi sehingga ditingkat nasional banyak yang belum mengetahui keunggulan daerah kita. Oleh karena itu kita mencoba membuat event yang memperkenalkan potensi yang dimiliki Jambi dengan harapan produk unggulan Jambi seperti pinang betara yang diekspor ke Timur Tengah, India, Pakistan dan lain sebagainya bisa menjadi Produk Unggulan nasional," ujar Al Haris.

"Kita berharap kegiatan ini menjadi wadah untuk memperkenalkan produk-produk unggulan, promosi pariwisata, kebudayaan dan kesenian serta peluang promosi untuk menarik investor menjadi bagian dalam iklim perekonomian daerah dan masyarakat Jambi," lanjut Al Haris.

Al Haris melaporkan kepada Menteri Perdagangan RI mengenai kondisi Ekonomi Jambi yaitu Ekonomi Jambi tumbuh 5,0% merupakan 3 besar tertinggi di Pulau Sumatera yaitu Kepulauan Riau, Sumatera Selatan dan Jambi. Kemudian tingkat Inflasi Provinsi Jambi yaitu 1,9% yang terendah secara nasional.

Al Haris mengungkapkan, nilai ekspor Provinsi Jambi pada bulan Mei 2023 naik 31,89% dibadingkan bulan sebelumnya, yaitu dari US$ 138,37 juta pada bulan April 2023 menjadi US$ 182,49 juta (kurang lebih 2,76 triliun rupiah) pada bulan Mei 2023, dengan lima negara tujuan ekspor terbesar pada bulan Mei 2023 yakni Singapura, India, Cina, Jepang dan Malaysia. Penyebab utama naiknya nilai ekspor Provinsi Jambi pada bulan Mei 2023 adalah naiknya ekspor pada komoditi kopi, teh, rempah, komoditi minyak nabati, komoditi karet dan olahannya, komoditi kayu lapis dan olahan lainnya, komoditi arang, komoditi pulp dan kertas, komoditi migas, dan komoditi batubara.

Al Haris menuturkan, Pemerintah Provinsi Jambi sangat mendukung dan mendorong Penggunaan dan Pemasaran Produk Dalam Negeri (P3DN), diantaranya dengan memprioritaskan produk lokal dalam belanja barang dan jasa pemerintah, baik melalui e-Katalog maupun melalui MARKETPLACE PartoJambe.com.

Adapun kendala utama dalam perdagangan/ekspor produk Jambi yang juga sekaligus merupakan tantangan dalam hilirisasi produk serta peningkatan perekonomian Provinsi Jambi ialah Provinsi Jambi belum memiiki pelabuhan berskala internasional (yang representatif).

"Besar harapan kami, selain menjadi promosi produk-produk unggulan dan pariwisata kebudayaan Provinsi Jambi serta sebagai upaya pelestarian budaya daerah, event Satu Hari Bersama Jambi ini juga menjadi ajang untuk mempersatukan seluruh suku, agama dan ras yang ada di Indonesia. Terimalah pesan perdamaian dan kehangatan dari kami masyarakat negeri Jambi. Selamat menikmati sajian budaya kami, semoga menambah pengalaman dan wawasan tentang khasanah kekayaan bangsa dari Provinsi Jambi, negeri Sepucuk Jambi Sembilan Lurah," tutup Al Haris.

Sementara itu, Menteri Perdagangan RI Dr. H. Zulkifli Hasan mengatakan, Provinsi Jambi memiliki kekayaan alam yang luar biasa terutama dibidang budaya dan hasil alamnya.

“Terdapat keunggulan yang menyumbang pendapatan daerah terutama 60% sektor perkebunan dan memiliki kayu manis yang khas. Oleh karena itu kekayaan alam ini harus memberikan dampak yang besar untuk Jambi dan Indonesia tentunya,” ujar Menteri Perdagangan RI.

Acara SATU HARI BERSAMA JAMBI ini turut dihadiri oleh Wakil Menteri Ketenagakerjaan RI Afriansyah Noor, Ketua BKMJ Nasional Syafril Nursal, Anggota DPR RI H. Bakri, Bupati Merangin H. Mashuri, Bupati Tanjung Jabung Barat H. Anwar Sadat, Bupati Tanjung Jabung Timur H. Romi Haryanto, Bupati Kerinci Adi Rozal, Walikota Sungai Penuh Ahmadi Zubir, Wakil Walikota Kota Jambi H. Maulana, Wakil Bupati Batanghari Bachtiar, PJ Bupati Sarolangun, Sekretaris Daerah Provinsi Jambi H. Sudirman, Pimpinan DPRD Provinsi Jambi, para OPD terkait serta para tamu undangan lainnya. (*)


Editor: Endang