Sekda Budi Hadiri Rakor Penyelengaraan Statistik Sektorat Tahun 2023

Senin, 24 Juli 2023 - 21:07:29


/

Radarjambi.co.id-MUAROJAMBI-Sekretaris Daerah kabupaten Muaro Jambi Budhi Hartono, S Sos,. MT Menghadiri Acara Sekaligus Membuka kegiatannya "Rakor penyelengaraan Statistik sektorat Tahun 2023"di Ruang Ridan Sekretariat Kabupaten Muaro Jambi, Senin (24/07).

Kadis Kominfo M Faisal Harahap SH  menyebut bahwa tujuan kegiatan ini mendorong semua perangkat daerah untuk mendukung dalam penyelenggaraan statistik setoral.

Dan satu data Kabupaten Muaro Jambi pimpinan perangkat daerah agar bang support personil yang ditugaskan sebagai pengelolaan data setoran, penyelenggaraan suatu data melakukan fungsi sebagai produsen yang memproduksi satu data. Melakukan fungsi sebagai produsen yang memproduksi data secara berkualitas.

Sekretaris Daerah Muaro Jambi dalam sambutannta mengatakan data statistik sektorat Kabupaten Muaro Jambi merupakan bagian dari kebijakan satu data Indonesia.

Sehingga kesinambungan pengajian data harus terus dijaga dan diharapkan mampu memberikan gambaran pemerintah daerah mengenai perubahan yang terjadi di setiap sektor kehidupan. Sebagai sebuah langkah maju bersama

''Karena itu perlu terus dilakukan penyempurnaan dalam artian kualitas data dan kualitas pengajuan data harus semakin baik. Selalu tersedia dan terpublikasikan secara berkesinambungan lewat koordinasi antara perangkat daerah sebagai produsen data,'' sebut Sekda.

Ketersediaan data statistik sektor pada setiap tahunnya bermanfaat untuk mengetahui trans yang akan terjadi pada masa mendatang, menentukan prioritas sebagai acuan dalam evaluasi pengendalian kegiatan.

Serta untuk memperkirakan partisipasi terhadap risiko yang dihadapi dan hambatan yang akan dihadapi pelaksanaan kegiatan data statis sektoral menjadi penting karena berfungsi dalam menetapkan kebijakan dan strategis membangun serta skala prioritas.

Data tersebut sebagai gambaran kondisi dan potensi serta sumber daya yang dimiliki daerah sehingga perencanaan pembangunan menjadi terpadu juga sebagai sumber informasi hasil-hasil pembangunan di berbagai sektor,

Di mana pemerintahan yang baik memerlukan data yang akurat, mutakhir, terpadu terintegrasi dan dapat dibagi serta dapat diakses oleh pengguna data.

''Saya berharap agar melalui komunikasi, koordinasi dan sinergi yang baik antara opd, satu data di Kabupaten Muaro Jambi, kedepannya dapat lebih berkualitas dan penyelenggaraan statistik sektoral semakin baik serta pelayanan kepada masyarakat dalam bidang statistik semakin baik pula,'' ujarnya. (akd)