45 Guru MTS di Tanjabbar Ikuti Pelatihan Diseminasi Praktik Baik Imolementasi Kurikulum Merdeka

Selasa, 25 Juli 2023 - 13:06:50


/
RADARJAMBI.CO.ID - Peningkatan kompetensi untuk guru terus dilakukan di Tanjung Jabung Barat. Satu di antara banyak kegiatan untuk mendorong peningkatan kompetensi guru dengan mengadakan pelatihan. 
 
Baru baru ini sebanyak 45 guru dari 12 Madrasah Tsanawiyah (MTs) mengikuti pelatihan diseminasi Praktik Baik Implementasi Kurikulum Merdeka. Kegiatan telah berlangsung di Kecamatan Pengabuan, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Sabtu (22/7). 
 
Ketua Induk KKM Khairul Fadli, M.Pdi
Mengatakan program bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru, terutama guru-guru madrasah melalui Desiminasi Pembelajaran Kurikulum Merdeka. 
 
Dia mengatakan para peserta mendapat materi terkait Kurikulum Merdeka dan Platform Merdeka Mengajar (PMM) dari tim Training Specialist Tanoto Foundation. Pada kesempatan ini peserta pelatihan juga langsung mengakses dan berselancar di PMM melalui akun masing-masing.
 
"Tujuan yang ingin dibangun dari kegiatan ini komitmen guru dalam proses pembelajaran nanti di madrasah mereka masing-masing, kedua ingin menambah pengetahuan guru madrasah tentang Kurikulum Merdeka yang memang dicanangkan oleh pemerintah. Dengan adanya kegiatan ini guru yang selama ini yang jauh dari kota, yang memang belum mengenal Kurikulum Merdeka mereka memahami tentang Kurikukum Merdeka dan mampu menerapkannya di sekolah masing-masing," jelasnya, Senin (24/7/2023).
 
Fadli juga ingin mengaktifkan dan menyebarluaskan Kurikulum Merdeka melalui kelompok belajar guru MGMP dan pelatihan ini merupakan tahap awal. 
 
Pelatihan ini disambut antusias oleh guru-guru madrasah karena ini merupakan kegiatan perdana yang membahas dalam tentang Kurikulum Merdeka. Peserta juga langsung dapat mengakses PMM dengan akun Education Management Information System (EMIS) yang telah dimiliki masing-masing guru dari Kemenag.
 
Zizi, Guru MTsN 3 Tanjung Jabung Barat mengatakan pelatihan ini sangat baik dan menambah pengetahuan untuk guru-guru MTs terutama untuk berselancar di PMM. "Pelatihan ini menambah wawasan kita tentang Implementasi Kurikulum Merdeka, dan mengakses PMM," ujarnya. 
 
Hal yang sama juga disampaikan oleh Musrifa dan Misbaurahma dari MTs Swasta Nurul Huda Teluk Kempas. Menurut mereka pelatihan ini menambah wawasan guru dan tergambar beragam cara mengajar murid di kelas sesuai Kurikulum Merdeka.
 
"Materi pelatihan sangat bermanfaat untuk kami yang sebelumnya belum mengaplikasikan Kurikulum Merdeka dan setelah ada pelatihan ini kami jadi lebih paham dan bagaimana mengaplikasikannya," sebutnya.
 
Fadli menambahkan banyak manfaat yang didapat guru saat mengikuti kegiatan pelatihan seperti ini. Bagi guru terutama guru yang sudah PNS, dapat menunjuang Saran Kinerja Pegawai (SKP) dan menunjang kinerja para guru di sekolah masing-masing. "Dan bagi para guru baru menambah pengalaman yang selama ini belum pernah didapat dan tentunya menunjang mereka saat mengajar," tutupnya.(*)