Muarojambi Gelar Lomba Fashion Show dan Desain Motif Batik Kearifan Lokal

Kamis, 10 Agustus 2023 - 22:48:22


/

Radarjambi.co.id-MUAROJAMBI-Dalam rangka memeriahkan rangkian puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI 17 Agustus ke-78 tahun 2023.

Pemerintah Kabupaten Muaro Jambi bersama Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Muaro Jambi menggelar beberapa kegiatan lomba Fashion Show dan desain motif batik kearifan lokal budaya daerah Kabupaten Muaro Jambi dihalaman kantor Bupati Kabupaten Muaro Jambi (10/8/2023).

Sejumlah Peserta lomba fashion show tampak berlenggak lenggok di halaman kantor Bupati Muaro Jambi yang dijadikan Catwalk menampilkan kebolehan.

Para peserta seluruh pejabat setingkat eselon II (kepala dinas, kepala badan/kepala instansi terkait dan kabag), kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Sekretariat Daerah Pemerintah Kabupaten Muaro Jambi.

Semua camat se-Kabupaten Muaro Jambi, seluruh Lurah dan Kepala Desa (Kades) se-Kabupaten Muaro Jambi.

Beragam corak dan model pakaian yang ditampilkan. Ada yang berbusana adat, ada yang mengusung baju pengantin, dan ada pula yang mengusung tema merah putih.

Penjabat Bupati Muaro Jambi Bachyuni Deliansyah, SH. MH, mengatakan, acara ini digelar untuk menyambut dan memeriahkan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia.

''Sepantasnyalah kita melakukan hal hal positif seperti ini. Tujuannya untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air sebagai wujud terima kasih dan kesyukuran kita atas kemerdekaan Negara Indonesia yang kita cintai ini,'' Kata Bachyuni Deliansyah.

''Seru sekali kegiatan ini. Mudah mudahan tahun depan bisa dilaksanakan lagi dengan lebih meriah,'' kata Pj. Bupati Muaro Jambi.

Sementara Ketua Dekranasda Kabupaten Muaro Jambi Faradillah Zahara Bachyuni SH., dalam sambutannya mengatakan kegiatan lomba fashion show dan lomba desain motif batik dengan tema, "gunakan batik muaro jambi lestarikn budaya bangsa", dengan Semangat Kemerdekaan republik indonesia.

"Ia ingin menumbuhkan rasa cinta dan bangga dengan produksi dalam negeri melalui kegiatan ini di tengah era globalisasi pada saat ini. Di mana produk-produk dari luar negeri dapat dengan mudah dibeli oleh masyarakat melalui lomba fashion show dan lomba desain batik Muara Jambi," sebutnya.

Dirinya berharap batik dan tenun Kabupaten Muaro Jambi dapat lebih dikenal dan diminati oleh masyarakat luas.

''Kami yakin dan percaya dengan dikenakan batik Muaro Jambi oleh para pejabat dan kepala desa yang ada di Kabupaten Muaro Jambi ini akan membuat batik karya pengrajin yang ada di Kabupaten Muaro Jambi menjadi lebih eksklusif," katanya.

''Insyaallah ke depan Kami juga akan memberikan pelatihan kepada perajin pria dan membuka wirausaha baru bagi masyarakat di Kabupaten Muaro Jambi,'' tukasnya.

Pergaan lom fashion Show di awali dengan  menampilkan hasil karya fashion designer dari Kabupaten MuaroJambi yang akan diperagakan oleh bujang gadis Kabupaten Muaro Jambi.

''Dengan diadakannya Kegiatan ini dapat meningkatkan gairah dan semangat perajin yang ada di Kabupaten Muaro Jambi, untuk terus berkarya dan menghasilkan kerajinan yang berkualitas. Sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat yang ada di Kabupaten Muaro Jambi,'' timpalnya. (akd)