Pj Bupati Sarolangun Tersenyum Menerima Penghargaan KLA

Selasa, 22 Agustus 2023 - 22:06:19


Pj Bupati,Dr Ir Bachril Bakri, M.App, Sc  dan Kadis PPPA, dr Irwan Mizwar, MM
Pj Bupati,Dr Ir Bachril Bakri, M.App, Sc dan Kadis PPPA, dr Irwan Mizwar, MM /

RADARJAMBI.CO.ID.SAROLANGUN - Penjabat (Pj) Bupati Sarolangun Dr Ir Bachril Bakri, M.App, Sc didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan dan Perlindungan Anak (DP3A) Sarolangun, dr Irwan Mizwar, MM menampakkan senyum yang manis saat menerima penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Republik Indonesia.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Gubernur Jambi Dr Alharis, S.Sos, MH, kepada PJ Bupati Sarolangun Bachril Bakri, Selasa (22/08). sekitar pukul 10.00 WIB di Kota Jambi.

Penjabat Bupati Sarolangun Bachril Bakri melantunkan uacapan rasa syukur atas penghargaan yang diterimanya tersebut dalam rangka mewujudkan Kabupaten Sarolangun yang layak anak, dengan menyediakan layanan ramah anak, baik dari segi program Pemerintah maupun penyediaan fasilitas anak.

"Alhamdulillah Kita hari mendapatkan satu lagi penghargaan berupa Kabupaten/Kota Layak Anak, ini adalah prestasi kita bersama. Dengan penghargaan ini saya berpesan kita bisa mengutamakan bagaimana anak dapat hidup dengan sehat, bahagia di Kabupaten Sarolangun,"ucapnya.

Bachril Bakri juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran OPD dilingkungan Pemkab Sarolangun yang telah mendukung pelaksanaan kegiatan Kabupaten Layak Anak (KLA) di Kabupaten Sarolangun. Sebabnya, berkat kerja keras bersama OPD terkait yang tergabung dalam Tim Gugus Tugas Kabupaten Layak Anak (KLA) Kabupaten Sarolangun berhasil meraih penghargaan KLA tersebut.

Terpisah, Kepala DP3A Sarolangun, dr Irwan Mizwar mengatakan, penghargaan KLA yang diberikan Kementerian PPA kepada Kabupaten Sarolangun dengan perolehan kategori Pratama.

Menurutnya, hal tersebut, bagian dari bentuk wujud kepedulian Pemerintah Daerah Kabupaten Sarolangun terhadap hak anak-anak yang ada di 11 kecamatan yang ada di Kabupaten Sarolangun.

"Tentunya, ini menunjukkan Pemerintah Kabupaten Sarolangun itu sudah mempertimbangkan hak anak di semua lini,"ujarnya.

dr Irwan Mizwar menilai, dengan perolehan penghargaan ini, maka diharapkan dapat memacu komitmen Pemerintah daerah untuk bersinergi dengan seluruh OPD dalam upaya perlindungan perempuan dan anak.

"Kita berkomitmen untuk meningkatkan perlindungan perempuan dan anak, seperti Perda, komitmen dari pimpinan OPD, desa ramah anak, dan sekolah ramah anak, agar bisa berpacu untuk meraih penghargaan kategori madya pada masa akan datang,"sebutnya

Perlu diketahui, penilaian KLA tahun 2023, Kementerian PPPA RI memberikan penghargaan kepada Pemerintah Kabupaten/Kota berdasarkan evaluasi KLA yang telah dilakukan melalui mekanisme evaluasi mandiri, verifikasi administrasi sampai ke tahap pembuktian melalui verifikasi lapangan hybrid dan verifikasi lapangan langsung.

Evaluasi KLA ini dilakukan dengan melibatkan kementrian lembaga terkait, Pakar Anak, Perguruan tinggi, dan mendengarkan suara atau aspirasi anak terhadap pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak di wilayahnya.


PENULIS: CHARLES RANGKUTI
EDITOR: ANSORY S