Pawai Taaruf MTQ ke-52 Tingkat Provinsi Jambi di Sarolangun Cukup Meriah

Rabu, 23 Agustus 2023 - 16:01:05


Pawai taaruf
Pawai taaruf /

RADARJAMBI.CO.ID,SAROLANGUN - Rangkaian kegiatan pawai taaruf pada pengantar pembukaan MTQ ke 52 tingkat Provinsi Jambi yang berlangsung pada Rabu (23/08) dimulai pukul 10,00 WIB berlangsung cukup meriah.

Pawai taaruf diikuti ribuan kafilah yang berasal dari 11 kabupaten/kota di Provinsi Jambi, dengan rute star di Laman Basamo, Sriwijaya, Kelurahan Pasar Sarolangun, Kecamatan Sarolangun terus bergerak menuju arah simpang empat lampu merah, atau menempuh jalan penghubung lintas sumatera, Pasar Sarolangun. Kemudian, bergerak ke arah Bank 9 Jambi, seterusnya berbelok ke arah Masjid Al Falah di Ancol dan bergerak ke arah Rumah Dinas Bupati Sarolangun.

Pawai taaruf MTQ ke-52 di pusatkan di depan Rumah Dinas Bupati Sarolangun. Panpel telah menyiapkan panggung eksekutif untuk para tamu elite yang hadir, baik dari Pemprov Jambi maupun pejabat dari 11 Kabupaten/Kota yang hadir.

Pawai taaruf dihadiri Wagub Jambi, Drs H Abdullah Sani, M.Pd.I, Pj Bupati Sarolangun Dr Ir Bachril Bakri, M.App, Sc, Ketua DPRD Sarolangun bersama dua pimpinan DPRD, Tontawi Jauhari, Aang Purnama, Syahrial Gunawan, para pejabat Pemprov Jambi, pejabat Pemkab Sarolangun dan pejabat yang berasal dari Kabupaten/Kota se Provinsi Jambi.

Saat berlangsung pawai taaruf, para kafilah yang berasal dari 11 kabupaten/kota dengan berkobar-kobar membacakan sholawat nabi, malah ada kafilah yang berpantung sembari mengepalkan tangan, melambaikan tangan dan bertepuk tangan dalam barisan sambil berjalan di hadapan panggung yang diduduki Wagub Jambi, Pj Bupati Sarilangun, Ketua DPRD Sarolangun dan para tamu undangan yang hadir.

Ini menunjukkan sebagai simbol, bahwa adanya motivasi dan antusiasi dari masing-masing kafilah dalam mengikuti ajang MTQ ke-52 tingkat Provinsi Jambi untuk merebut predikat juara umum.

Menariknya, sebagain kabupaten/kota menampilkan kendaraan hias, seperti Kabupaten Tebo, Merangin, Batanghari, Kota Jambi dan Sarolangun. Dalam kendaraan hias tersebut juga diwarnai dengan kilauan sepasang bujang dan upik pilihan dengan mengenakan baju adat masing-masing daerah kabupaten/kota.

Selain itu, pawai taaruf juga dimeriahkan oleh pelajar SLTP dan SMUN sederajat serta beberapa kelompok majelis taklim. 

Penjabat Bupati Sarolangun Bachril Bakri mengatakan bahwa kegiatan pawai ta’aruf mengantarkan acara pembukaan MTQ tingkat Provinsi Jambi ke-52 tahun 2023 yang akan dilaksanakan Rabu malam (23/08), malam.

"Pawai taaruf untuk mengenalkan kafilah pada masyarakat, bahwa helatan MTQ tingkat provinsi Jambi siap digelar, direncanakan akan bukaoleh bapak Gubernur Jambi,” katanya.

Bachril Bakri juga menjelaskan selaku tuan rumah telah melakukan persiapan yang maksimal untuk mensukseskan MTQ Provinsi Jambi. Sebelumnya telah dilaksanakan rangkaian kegiatan penyambutan para kafilah MTQ Kabupaten/Kota, Pelantikan Dewan Hakim MTQ.

"Kita berharap pelaksanaan MTQ dapat berjalan dengan sukses dan lancar serta mendapatkan ridho dari Allah SWT. Besar harapan kami melalui kegiatan MTQ Provinsi Jambi ini dapat melahirkan qori dan Qoriah yang berkualitas dan meraih prestasi baik di tingkat Provinsi, Nasional maupun internasional,"jelasnya.

Terpisah, Wakil Gubernur Jambi Abdullah Sani mengatakan bahwa dalam pawai taaruf ini merupakan momentum untuk perkenalan seluruh kafilah MTQ Kabupaten/kota bersama seluruh lapisan masyarakat, khususnya masyarakat Sarolangun. Dengan tujuan untuk meningkatkan silaturrahmi, rasa persatuan dan kesatuan, kekeluargaan serta kebersamaan untuk memilikinya satu visi yang sama untuk mensukseskan pelaksanaan MTQ Provinsi Jambi ini.

"Setelah MTQ dibuka bapak Gubernur Jambi nanti malam, kita akan melakukan bermusabaqah bersama dalam meningkatkan ukuwah islamiah, syiar islam di Provinsi Jambi. Apapun yang kita dapatkan nanti intinya sama-sama kita sebagai umat Islam untuk mensyiarkan Islam, akan semakin mencintainya masyarakat Jambi akan Alqur'an dan mengamalkan Al-Qur’an,"tandasnya.


PENULIS: CHARLES RANGKUTI
EDITOR: ANSORY S