Gubernur Al Haris Hadiri Festival Junjung Pusako Tanjung Gagak Sarolangun

Kamis, 28 September 2023 - 12:31:47


/ Diskominfo Provinsi Jambi

RADARJAMBI.CO.ID-Gubernur Jambi Al Haris menghadiri kenduri swarnabhumi festival Junjung Pusako di Desa Tanjung Gagak, Kecamatan Batin VIII, Kabupaten Sarolangun, Rabu (27/09/2023) malam.

Festival Junjung Pusako ini dihadiri Direktur Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan Kemendikbud Ristek, Irini Dewi Wanti, Pj Bupati Sarolangun Bachril Bakrie dan Pj Bupati Merangin Mukti.

Gubernur Jambi Al Haris mengatakan kenduri swarnabhumi merupakan ide dari Dirjen Kebudayaan Kemendikbud-Ristek yang melihat Jambi merupakan daerah yang mempunyai peradaban budaya yang sangat panjang pada masa lampau, ia ingin peradaban budaya itu kembali diangkat dan dilestarikan.

“Saya terima kasih banyak bahwa kenduri swarnabhumi ini asli ide Dirjen Kebudayaan, ia melihat Jambi merupakan daerah yang banyak sejarah budaya, kita memiliki candi Muaro Jambi lahir abad ke 7, itu adalah candi yang dibangun umat Budha masuk dari laut Cina Selatan, dari situ muncul masyarakat dari luar menuju ke Jambi melalui laut Cina Selatan.

Lalu terus muncul berbagai budaya, lahirnya peradaban di Jambi, muncul kerajaan Melayu Jambi, dan sampai Islam masuk ke Jambi, lahir peradaban di sepanjang sungai Batanghari sampai Dharmasraya hulu sungai Batanghari,” sebutnya.

“Kita ingin mengulang sejarah itu, maka lahir lah ide kenduri swarnabhumi. Akar budaya, perdagangan dan agama lahir di sepanjang sungai Batanghari karena pada masa itu transportasi melalui jalur sungai. Jadi akar budaya itu harus kita lestarikan, kita teruskan apa yang sudah ada dulu,” tambah Gubernur Al Haris.

Tujuannya, lanjut Al Haris agar generasi muda mengenal kebudayaan peradaban Jambi sebagai negeri Melayu, negeri beradat dan beretika.

“Kita ingin anak muda tidak lupa dengan sejarah masa lalu budaya kita, sebagai negeri Melayu, negeri yang menjunjung adat istiadat dan beretika, maka kita junjung adat istiadat itu. Mari dengan festival ini kita gali lagi budaya lama, kita angkat lagi, sehingga tidak boleh lapuk oleh waktu, lekang oleh musim,” sebutnya.

Sementara itu, Pj Bupati Sarolangun, Bachril Bakrie mengucapkan selamat datang dan terima kasih atas kehadiran Gubernur Jambi Al Haris di bumi sepucuk adat serumpun pseko dalam rangka menghadiri kenduri swarnabhumi festival Junjung Pusako, Desa Tanjung Gagak.

Bachril Bakrie mengatakan ada beberapa rangkaian acara pada festival Junjung Pusako Desa Tanjung Gagak 2023 yang bertujuan untuk melestarikan adat istiadat hingga dikenal ditingkatkan nasional.

“Kegiatannya, pertama senam bersama, Penanaman pohon daerah aliran sungai desa Tanjung Gagak bersama Pemerintah Kabupaten, Pemerintah Kecamatan dan Kades se-Kecamatan Batin VIII, masyarakat dan anak sekolah,” kata Bachril Bakrie.

“Selian itu ada parade budaya alat junjung Pusako, pameran stan kuliner se-Kecamatan Batin VIII. Tentu festival ini agar masyarakat turut melestarikan dan mengetahui cerita dan sejarah peradaban dengan sungai Batanghari,” tambahnya lagi.(*)


Editor: Endang