Sanggar Tani Muda Sebagai Upaya Meningkatkan Kinerja Masyarakat Kalurahan Serut

Jumat, 13 Oktober 2023 - 16:26:10


penerjunan sanggar tani
penerjunan sanggar tani /

Radarjambi.co.id-HMPS Fisika Universitas Ahmad Dahlan berhasil mendirikan Sanggar Tani Muda di Kalurahan Serut yang telah diregistrasikan oleh Dinas Pertanian dan Pangan.

Dengan tema program yang diusung pada kegiatan tersebut adalah “Akselerasi Sanggar Tani Muda Milenial Kalurahan Serut Melalui Inovasi Pengolahan Pisang Saba (Musa Paradisiaca Forma) Berbasis Tata Kelola Terintegrasi”. Pada Rabu, (05 Juli 2023) Tim Pelaksana PPK Ormawa HMPS Fisika UAD resmi menerjukan Sanggar Tani Muda yang dilaksanakan di Kalurahan Serut.

''Mahasiswa memiliki teori dari kampus, tetapi kami (Universitas Ahmad Dahlan) tidak mempunyai lab praktek untuk penerapan ilmu yang mereka dapatkan dari kampus, harapannya masyarakat dapat menerima mahasiswa dan mengajarkan prakteknya," ujar wakil rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UAD,Dr. Gatot Sugiharto.

Sabtu, (19/08/2023) Tim PPK- O HMPS Fisika UAD sukses melaksanakan program kerja sekolah lapangan pengolahan pupuk dengan cara mudah dan sederhana.
Menggunakan limbah organic atau limbah rumah tangga dengan mencampurkan limbah, gula, bahan kimia sebagai activator dan air.

Sekolah lapangan ini diharapkan agar memberikan manfaat bagi masyarakat dan sanggar tani muda di Kalurahan Serut yang dapat memanfaatkan dan mengolah sumber daya limbah organic menjadi pupuk cair hingga nantinya dapat dijadikan produk.

Penanaman pohon pisang

Pada, Minggu, (20/08/2023) telah terlaksana program kerja sekolah lapangan tabulampot atau tanaman buah dalam pot yang berkaloborasi dengan sanggar tani muda Kalurahan Serut.

Sekolah lapangan ini dilakukannya sebagai pengenalan tabulampot secara luas, baik sejarah dan manfaat hingga cara membuat tabulampot itu sendiri.

Diharapkan dengan adanya sekolah lapangan tabulampot dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat dan Sanggar Tani Muda guna membangkitkan potensi yang ada kalurahan serut serta memberikan ilmu baru bisa digunakan oleh masyarakat dan sanggar tani nantinya.

Minggu, (03/09/2023) telah dilaksanakannya Focus Group Discussion (FGD) sebagai sarana diskusi mengenai perkembangan dan permasalahan program kerja yang telah disusun.

Diskusi ini dipimpin wakil ketua sanggar tani muda kalurahan serut yaitu mas Diyan. Kegiatan ini selain menyelesaikan permasalahan juga dilakukannya evaluasi dan diskusi tim pelaksana PPK-O HMPS Fisika Bersama dosen pendamping guna diharapkan tidak terjadi permasalahan serupa yang dapat menggangu kinerja tim.

(10/09/2023) kegiatan instalasi air telah dilakukan oleh Sanggar Tani Muda guna sebagai perancangan pembagunan jalur air dari sumber air di lahan melalui komponen penyalur dan penyambung hingga menuju ke sasaran untuk penanaman.

 Visitasi

Instalasi alat ini diharapkan dapat membawa dampak positif dalam proses penanaman dan perkembangbiakan pisang saba yang nantinya akan diolah menjadi makanan khas daerah dari Kalurahan Serut, Kapanewon Gedangsari, Kabupaten Gunungkidul.

Selasa, (19/09/2023), telah dilaksanakan kegiatan inti dari Tim Pelaksana PPK Ormawa HMPS Fisika yaitu penanaman pisang di lahan pertanian Kalurahan Serut.

Penanaman pisang ini dilakukan sebanyak 130 bibit pisang secara simbolis oleh bapak Sugianta selaku Kepala Lurah Kalurahan Serut dan dilanjutkan oleh perangkat desa, tim pelaksana, tim ormawa, sanggar tani muda dan masyarakat yang hadir.

Harapan dilakukannya penanaman bibit pisang ini sebagai salah satu kegiatan pendukung ketahanan pangan bagi masyarakat di masa pendatang dengan melakukan pengolahan dari bahan dasar pisang saba.

Rabu, (20/09/2023) telah dilaksanakan sekolah pembuatan tepung pisang saba yang berkaloborasi dengan sanggar tani muda kalurahan serut. Sekolah lapangan ini dilakukan untuk memberikan informasi mengenai pengolahan pisang yang kaya manfaat salah satunya dapat dijadikan tepung yang memiliki kandungan baik bagi tubuh.

Harapan dari terlaksananya sekolah lapangan pembuatan tepung ini dapat memberikan edukasi terhadap sanggar tani muda dan masyarakat sekitar, guna dapat dimanfaatkan pisang di masa pendatang sebagai ketahanan pangan masyarakat.

Kamis, (21/09/2023) telah sukses terlaksananya kunjungan dan monitoring serta evaluasi oleh Universitas Ahmad Dahlan. Kegiatan ini berisi penandatanganan alat dari Tim PPK-O kepada sanggar tani muda secara formal.

Dalam acara ini juga ditampilkan produk–produk luaran dari program kerja Tim PPK-O HMPS Fisika, diantaranya adalah Buku Kurikulum, Buku Softskill Tematik, Buku Pengolahan Limbah Pisang, Produk Tepung dari pisang saba dan juga produk organik cair (POC).

Tim pemonev dari Universitas Ahmad Dahlan juga melakukan visitasi ke lahan pertanian sanggar tani muda untuk peninjauan lahan yang telah ditanam pohon pisang saba dan juga meninjau teknologi IoT sebagai sistem penyiraman sistem penyiraman otomatis yang telah terinstall di lahan pertanian serta memberikan masukan dan saran yang dapat dijalankan dalam program PPK-O HMPS Fisika agar program menjadi lebih optimal.

Jumat, 29/09/2023, Tim Pelaksana PPK-O HMPS Fisika telah mengikuti pelaksanaan Seminar Nasional dengan tema “Pemberdayaan Desa Oleh Ormawa” di Universitas Tidar, Magelang.

Tim PPK Ormawa berhasil mendapatkan Juara 1 Best Paper tingkat Nasional dan menerbitkan jurnal dalam pengabdian masyarakat.

“Semoga tim PPK Ormawa HMPS Fisika bisa membawa nama Universitas Ahmad Dahlan untuk ke Abdidaya Ormawa 2023, kerena itu merupakan puncak tertinggi dari PPK Ormawa” ujar Pramesti selaku Ketua Tim PPK-O HMPS Fisika.

Sabtu, (30/09/2023), telah dilaksanakan kembali sekolah lapangan yakni sekolah lapangan marketing dan pengemasan produk. Sekolah lapangan ini merupakan kegiatan untuk memberikan edukasi mengenai marketing dan pengemasan produk kepada sanggar tani muda, guna dapat mengetahui alur marketing sebuah produk serta mengemas produk yang akan dijual kepada konsumen.

Harapan dari terlaksananya sekolah marketing dan pengemasan produk ini dapat bermanfaat untuk sanggar tani dalam proses penjualan dan pengemasan produk di masa mendatang.(*)

 

Penulis : PPK Ormawa HMPS FISIKA UAD