Operasi TMMD ke -118 Tahun 2023 Kodim 0419/Tanjab Telah Sukses, Berikut Ulasan Kegiatannya

Jumat, 20 Oktober 2023 - 16:38:17


/

Radarjambi.co.id - Diawali pada tanggal 20 September 2023 lalu, Bupati Tanjab Timur, H Romi Haryanto SE secara resmi membuka TMMD ke-118 dengan bertindak sebagai Inspektur pada Upacara pembukaan TMMD ke-118 di lapangan halaman kantor PTPN VI Lagan Tengah yang dihadiri oleh Danrem 042/Gapu yang diwakili oleh Kasiter Kasrem 042/Gapu Kolonel Kav Andriyan Wahyu Dwi Atmoko, S.I.P, Dandim 0419/Tanjab selaku Dansatgas TMMD ke-118 Kodim 0419/Tanjab Letkol Kav Muslim Rahin Tompo, S.H., M.Si., Forkopimda Tanjab Timur, Manager PT. Petrochina yang wakili oleh Lasno, Manager PT PN VI Lagan Tengah Nazarsyah Hutagalung, para Kepala OPD Tanjab Timur, Kapala Baznas Tanjab Timur Drs. Syarifudin, Kepala BPN Tanjab Timur, Camat Mendahara dan Camat Geragai, Tokoh masyarakat, tokoh Agama , Tokoh Adat Desa Sungai Tawar Kecamatan Mendahara.

Pada kesempatan tersebut Dansatgas TMMD ke-118 Kodim 0419/Tanjab membacakan laporan kesiapan TMMD ke-118 yang menjadi sasaran dalam kegiatan operasi yaitu; pembukaan jalan baru sejauh 12,054 km, bedah rumah tidak layak huni sebanyak 5 unit, rehap Masjid 2 unit, rehab Madrasah dan Paud, pembuatan Sumur Bor, rehab lapangan bola kaki dan lapangan bola voli, pembuatan MCK dan Pos Kamling, selain itu dilaksanakan juga kegiatan non fisik berupa penyuluhan-penyuluhan tentang Kesehatan, Paket C, Karhutlah, Teroris, Pertanian, Perkebunan Narkoba dll.

Bupati Tanjab H. Romi Haryanto ,S.E menyampaikan kepada awak media bahwa kegiatan TMMD ke-118 tahun 2023 oleh Kodim 0419/Tanjab ini merupakan solusi bagi pembangunan khsususnya infrastruktur Kabupaten Tanjab Timur yang merupakan kabupaten pemekaran dari Kabupaten Tanjab Barat sehingga infrastruktur masih sangat terbatas khusus jalan raya.

Itulah sebabnya Pemda Tanjab Timur kenapa kami bersama Kodim 0419/Tanjab menjadikan Desa Sungai Tawar menjadi sasaran TMMD karena masih adanya salah satu dusun yaitu Dusun Teluk Gora yang memiliki kepala keluarga sebanyak 96 kepala keluarga yang masih terisolir, masih menggunakan akses jalur air bila akan keluar membawa hasil kebun mereka dan itu memakan biaya yang lumayan besar saat mengangkut hasil kebun mereka keluar dari Teluk Gora, dan masih banyak yang perlu kita perbuat untuk mereka di Dusun Teluk Gora ini.

Pernyataan ini dibenarkan oleh Dansatgas TMMD ke-118 tahun 2023 bahwa memang betul di Teluk Gora ini, sejak tahun 1986 mereka sudah disana, mereka sudah lama menantikan jalan ini sebagai sarana trasfortasi untuk kegiatan keluar untuk anak sekolah terutama jalan ini akan digunakan sebagai sarana jalan untuk mengangkut hasil kebun mereka keluar untuk dijual. Selama ini mereka bila mengangkut buah sawit, buah kelapa dan buah pinang sangat mahal.

Sebagai contoh bila mereka keluar, mereka harus bayar Rp. 75.000, sekali berangkat untuk kembalinya harus bayar Rp. 75.000, sehingga mereka harus keluarkan uang Rp. 150.000, sekali berangkat, namun dengan jalan yang akan buat ini sangat menghemat pengeluaran mereka, bila jalan ini sudah digunakan hanya mengeluarkan biaya 2 liter bahan bakar minyak.

Membangun sumur bor sebagai sumber air bersih sesuai perintah Presiden RI bapak Joko Widodo dan sebagai program unggulan bapak Kasad Jenderal TNI DR. Dudung Abdul Rahman agar tiap satuan teritorial membuat sarana air bersih bagi masyarakat yang belum mempunyai sumber air bersih dan ini juga merupakan salah satu langkah dalam penanganan Stunting.

Pada hari ke 23 pelaksanaan TMMD ke-118 tahun 2023 Kodim 0419/Tanjab, menerima kunjungan Pengawasan dan Evaluasi dari Tim PJO Kasad yang diketuai oleh Mayjen TNI DR.Drs. Arief Jaka Tandang, M.C.S., M.A.P yang melaksanakan peninjauan secara langsung ke lokasi sasaran-sasaran TMMD ke-118.

Saat peninjauan Ketua Tim Wasev Mabesad didamping oleh Danrem 042/Gapu Brigjend TNI Supriono, S.IP., M.M, Bupati Tanjab Timur bapak H. Romi Haryanto, S.E, Dansatgas TMMD ke-118 Letkol Kav Muslim Rahim Tompo, S.H,. M.Si dan Forkopimda Tanjab Timur.

Dalam peninjauan tersebut Ketua Tim Wasev sangat terkesan dengan sambutan pemerintah daerah dan masyarakat yang begitu luar biasa, serta capaian kegiatan TMMD ke-118 ini sangat membanggakan, meskipun pekerjaan belum mencapai 100% sasaran-sasarannya sangatlah tepat sesuai dengan rencana sasaran pembangunan daerah yakni memperhatikan skala prioritas kebutuhan masyarakat.

Apa yang menjadi sasaran TMMD ke-118 Kodim 0419/Tanjab ini sudah sangatlah tepat sesuai apa yang dipaparkan oleh Datsatgas kepada saya tadi salah satunya yaitu pembukaan jalan baru bagi masyarakat di Dusun Teluk Gora yang boleh dikatakan terisolir karena tidak ada jalan masuk atau keluar, kemudian ada sumur bor sebagai sumber air bersih bagi masyarakat sesuai dengan perintah Presiden dan Program Unggulan Kasad.

"Saya sangat bangga melihat pekerjaan Satgas TMMD ke-118 ini, semoga bermanfaat untuk anak cucu kita kedepan," ungkap Ketua Tim Wasev, Salam Bukoir yang merupakan Imam Mushola Subulus yang merupakan salah satu sasaran fisik kegiatan Satgas TMMD ke-118 ini.

Dihadapan Ketua Tim Wasev, Mayjen TNI DR.Drs. Arief Jaka Tandang, M.C.S., M.A.P, mengatakan, dia mengatakan ingin menyampaikan ribuan terima kasih kepada bapak TNI yang sudah membangun desa Sungai Tawar ini.

"Kami dibuatkan jalan, sumur bor dan Mushola Subulus inipun diperbaiki buat kami untuk bisa sembahyang dengan tenang, kami hanya bisa mendoakan agar bapak TNI selalu dilindungi oleh Allah SWT dalam membangun dan melindungi kami masyarakat," ujar pak Salam Bukoir.

Pada hari Kamis tanggal 19 Oktober 2023 tepat pukul 09.00 Wib, dilaksanakan upacara penutupan operasi bhakti TMMD ke-118 tahun 2023 Kodim 0419/Tanjab, bertindak selaku Irup Danrem 042/Gapu Brigjen TNI Supriono, S.IP., M.M di halaman Kantor Bupati Tanjung Jabung Timur.

Pada upacara penutupan tersebut dihadiri oleh Kajati Provinsi Jambi Elan Suherlan beserta pejabat utamanya, Bupati Tanjab Timur H. Romi Haryanto ,S.E, Tokoh Adat Melayu Jambi H. Hasip Kalimudin Syam, Kasrem 042/Gapu beserta Para Kasi Kasrem 042/Gapu, Forkopimda Tanjab Timur, Kepala Baznas Drs. Syarifudin, Kepala OPD Tanjab Timur dan tamu undangan lainnya.

Sebelum upacara dimulai Danrem 042/Gapu menerima paparan laporan hasil kerja Satgas TMMD ke-118 yang dilaporkan oleh Dansatgas TMMD ke-118 Letkol Kav Muslim Rahim Tompo, S.H, M.Si, bahwa hasil pekerjaan sasaran TMMD ke-118 telah mencapai hasil 100% seluruhnya bahkan ada beberapa sasaran yang merupakan over prestasi Satgas TMMD ke-118 yaitu 1 unit bedah RTLH, 1 unit rehab Masjid dan pembuatan jembatan darurat menuju jalan yang baru dibangun, terbuat dari batang kelapa.

Dalam upacara penutupan tersebut Danrem 042/Gapu selaku Irup membacakan amanat Panglima Kodam II/ Swj Mayjen TNI Yanuar Adil. Pangdam II/Swj mengatakan bahwa Program TMMD ke-118 tahun 2023 merupakan program yang dilaksanakan lintas sektoral dengan melibatkan Polri, instansi terkait dan masyarakat setempat.

Tujuannya untuk membantu Pemda guna mempercepat pembangunan didaerah terutama infrastruktur untuk membangun daerah yang terisolir dan tertinggal guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta untuk kepentingan pertahanan dan terpeliharanya Kemanunggalan TNI-Rakyat, Hal ini selaras dengan Tema yang diangkat yaitu “ Sinergi Lintas Sektoral mewujudkan Kemanunggalan TNI-Rakyat Semakin Kuat,” ujar Pangdam II/Swj.

Dalam pelaksanaan upacara tersebut Dansatgas TMMD ke -118 menyerahkan hasil pekerjaan Satgas TMMD ke-118 kepada Bupati Tanjab Timur yang disaksikan oleh Danrem 042/Gapu selaku Irup.

Setelah upacara selesai dilanjutkan dengan acara tambahan yaitu penyerahan piagam penghargaan kepada Bupati Tanjab Timur yang telah mempercayakan pelaksanaan TMMD ke-118 kepada Kodim 0419/Tanjab dan segala support yang diberikan, 130 orang masyarakat yang telah menghibahkan tanahnya untuk dilewati jalan yang dibuka, PTPN VI yang sangat banyak mensupport kegiatan TMMD ini, penyerahan sembako kepada 25 warga miskin, pembagian pakaian sekolah kepada siswa SD 20 dan SMP 20 orang, bantuan dana sebesar Rp. 1.000.000,/orang kepada UMKM sebanyak 10 orang dan penyerahan dana bantuan kepada 10 warga miskin sebesar Rp. 300.000,/org.

Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan Bakti Sosial yaitu sunatan massal, pengobatan gratis, Bazar pasar murah yang didukung oleh Bulog, dan beberapa OPD terkait serta panggung hiburan rakyat.

Kegiatan TMMD kali ini ditutup serentak secara Nasional. Program TMMD ini merupakan program berkelanjutan, sesuai Temanya “Sinergi Lintas Sektoral Mewujudkan Kemanunggalan TNI-Rakyat Semakin Kuat’ artinya seluruh komponen turut bersama-sama membangun daerah.

"Hasil kali ini sangat luar biasa, ada jalan yang dibangun sepanjang 12,054 km sangat bermanfaat, dimana dulu masyarakat bila keluar sekali jalan mengeluarkan biaya Rp. 150.000, namun dengan adanya jalan ini hanya butuh 2 liter BBM sudah bisa mereka keluar masuk desanya, semoga hasil pekerjaan ini tetap dijaga dan dipelihara," ungkap Danrem 042/Gapu.(dim)