Pentingkah Kesehatan Mental Bagi Seseorang ?

Senin, 30 Oktober 2023 - 21:19:16


/

Radarjambi.co.id-Definisi kesahatan mental adalah terwujudnya keserasian yang sungguh-sungguh, antara fungsi kejiwaan dengan terciptanya penyesuaian diri manusia dengan dirinya sendiri dan lingkungannya.

Berlandaskan keimanan dan ketaqwaan, serta bertujuan untuk mencapai hidup yang bermakna dan bahagia di dunia dan di akhirat.

Adapun faktor yang mempengaruhi Kesehatan mental yaitu, pelecehan seksual, pelecehan emosional, pelecehan fisik, depresi, kecemasan, perceraian orang tua, gaya hidup yang tidak sehat.

Terdapat hal yang berpengaruh besar terhadap mental seseorang, yaitu perasaan, pikiran/kecerdasan, kelakuan, dan kesehatan badan. Secara langsung maupun tidak langsung keempat hal tersebut sangat berpengaruh terhadap kondisi mental seseorang.

Seseorang tidak hanya membutuhkan kesehatan jasmani saja untuk memenuhi kebutuhan fisiknya seperti makan, minum, dan olahraga.

Akan tetapi tak kalah penting adalah kesehatan mental yang berguna untuk memenuhi kebahagiaan dan ketenangan dalam kehidupan seseorang. Seseorang harus mampu mewujudkan keharmonisan antara fungsi jiwanya seperti berfikir, merasa, dan lain-lain, serta mereka senantiasa berfikir cara positif dan mampu menghadapi berbagai permasalahan yang terjadi dalam hidupnya.

Jika seseorang terkena gangguan mental biasanya orang itu akan melampiaskan ke hal-hal yang negative seperti, menyakiti diri sendiri atau self injury, menjauhkan diri dari orang-orang sekitar, mengakhiri hidup, dan lain-lain.

Dalam kesehatan mental, terdapat beberapa kriteria orang yang sehat secara jiwa dan mental, antara lain: mampu menyesuaikan diri dengan baik pada kenyataan,seperti tidak memaksakan kemampuan diri sendiri karena kita mempunyai batasannya masing-masing.

Adanya kepuasan dalam diri, misalnya kita memberi sesuatu kepada orang lain dan memberikan self reward atas pencapaian kita. Mampu menyikapi masalah dengan baik, dengan tidak tergesa-gesa dalam mengambil keputusan.

Mampu berinteraksi dengan baik, menciptakan hubungan yang baik dengan lingkungan sekitar.

Selain uraian di atas, juga terdapat hal yang dapat menjaga kesehatan mental, yaitu dengan cara meningkatkan kebermaknaan hidup. Kebermaknaan hidup seseorang memiliki peranan penting dalam mewujudkan kesehatan mental.

Ada beberapa cara agar mendapatkan makna hidup, sehingga kesehatan mental pun dapat terwujud.

?Kesehatan mental merupakan aspek yang sangat penting bagi seseorang. Menjaga kesehatan mental adalah hal yang wajib kita lakukan karna memiliki dampak yang sangat besar. Kesehatan mental yang baik adalah kondisi batin kita berada dalam keadaan tenang dan tentram.

Gangguan mental dapat mengubah cara seseorang dalam menangani stres, berhubungan dengan orang lain, membuat pilihan, dan memicu hasrat untuk menyakiti diri sendiri, contoh nya seperti bunuh diri.

Dengan mental yang sehat seseorang dapat menghadapi tantangan hidup dengan lebih baik, menjalin hubungan yang sehat dan meraih kualitas hidup yang lebih baik.(*)

 

 

Penulis  Linda Surya Nuraeni dan Najwa Hanifah
Mahasiswa Gizi UAD