Wapres Ma'ruf Amin Resmi Buka STQH Nasional XXVII di Jambi

Selasa, 31 Oktober 2023 - 14:44:21


Pagelaran nasional Seleksi Tilawatil Qur'an dan Musabaqah Alhadist (STQH) digelar pada Senin (30/10/2023). Dibuka langsung oleh Wakil Presiden RI KH Ma'ruf Amin.
Pagelaran nasional Seleksi Tilawatil Qur'an dan Musabaqah Alhadist (STQH) digelar pada Senin (30/10/2023). Dibuka langsung oleh Wakil Presiden RI KH Ma'ruf Amin. /

Al Haris : Kerinduan Sejak 26 Tahun Lalu

RADARJAMBI.CO.ID-Pagelaran nasional Seleksi Tilawatil Qur'an dan Musabaqah Alhadist (STQH) digelar pada Senin (30/10/2023).

Dibuka langsung oleh Wakil Presiden RI KH Ma'ruf Amin. Acara yang bertempat di Arena Utama Abdurrahman Sayoeti berlangsung sukses dan memberikan pengajaran religius yang kena di hati.

Wakil Presiden RI KH. Ma'ruf Amin membuka acara secara resmi ditandai dengan memukul beduk.

Wapres berpesan agar,  Al Quran dan Hadist harus dijadikan pedoman hidup. 

"Tantangan yang kian berat menuntut generasi quran yang makin kuat generasi qur'an perlu dibina untuk perkembangan Indonesia," kata Wapres.

"Dibidang ekonomi terus kembangkan halal agar jadi pusat halal dunia pada 2034," ucap Mantan Ketua MUI ini.

Bahkan, Wapres juga memuji nama Jambi yang termasuk daerah yang disebutkan di Al Qur'an. "Kata Jambi termasuk dalam al quran dan selain (daerah) Bima, ada yakni Kata bil Jambi, dengan mengucap bismillah stqh XXVII secara resmi saya nyatakan dibuka. Semoga Allah swt berikan inayah dan meridhai upaya yang dilakukan," ucapnya. 

Sementara itu Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas mengucapkan terimakasih dan penghargaan pada seluruh jajaran dalam mesukseskan penyelenggaraan STQ. "Mari jadikan stqh nasional berjalan sukses dan lancar," katanya. 

Yaqut juga meminta LPTQ selalu menjadi garda terdepan dukung literasi Al quran. Yakni dengan terus menjaga peran LPTQ untuk membumikan Al Quran, 

Sementara itu ditempat yang sama, Gubernur Jambi Al Haris menyampaikan, terimakasih atas kedatangan Wapres RI ditengah kesibukan mengurus negeri ini. Ia juga berterimakasih kepada Menag yang telah menunjuk Jambi sebagai tuan rumah. Sebab ajang perlombaan Tilawatil Quran terakhir sudah puluhan tahun silam.

"Sudah 26 tahun silam tepatnya sejak 1997 lalu kita terakhir mengadakan event MTQ Nasional. Alhamdulillah yang kami nantikan Provinsi Jambi jadi tuan rumah, ini tugas besar ya g mulia dan tak ada rasa berat dan kami sambut rasa suka cita karena ini kesempatan membumikan Al Quran," terangnya.

Al Haris juga menyampaikan di hadapan Wapres bahwa disebelah arena STQH ada Islamic Center, nantinya didalamnya ada Al Quran center. "Akan kami beri namanya Tsamaratul Insan, yakni tokoh pendiri ponpes di Jambi," terangnya.

"Ini event penting, semoga stqh nasional berjalan aman dan sukses," harapnya.(*)


Editor: Endang