Ria Ricis, Kreator Konten dan Tik-tok

Rabu, 01 November 2023 - 13:53:26


Afrina Kaisah Avianti, Risma Febiyana, Naura Delonic
Afrina Kaisah Avianti, Risma Febiyana, Naura Delonic /

Radarjambi.co.id-Aplikasi TikTok berasal dari negeri Tiongkok yang diluncurkan pada awal September tahun 2016 oleh seorang pengusaha bernama Zhang Yiming yang sekaligus pendiri dari sebuah perusahaan berbasis teknologi yaitu ByteDance.

Menurut dailysocial Pada tahun 2018, aplikasi TikTok menjadi salah satu aplikasi yang cukup viral di Indonesia.

Pasalnya, pada tanggal 3 Juli 2018, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memblokir aplikasi ini karena dirangka tidak memberikan konten yang mendidikpengguna TikTok di Indonesia sendiri mencapai angka 30,7 Juta yang tercatat pada bulan Juli tahun 2020 lalu.

Bahkan hingga kini, aplikasi TikTok sudah mengunduh lebih dari 100 juta pengguna di Google Play Store.

Salah satu konten kreator TikTok adalah Ria Ricis, Ria Ricis menjadi salah satu akun Tiktok dengan followers terbanyak di Indonesia. Ria Ricis tercatat memiliki 41,3 juta followers hingga 1 Oktober 2023.

Sedangkan konten yang ditayangkan biasanya mengunggah konten seputar kesehariannya, mulai challenge, momen dengan keluarganya,ulasan produk,serta berlibur ke berbagai daerah di Indonesia salah satunya adalah ketika ia berlibur ke Bali.

Disana ia memperkenalkan kebudayaan yang ada di Bali seperti halnya busana adat bali yang digunakan pegawai Bali setiap Kamis hari purnama dan tilem.Tilem merupakan hari baik untuk memuja dan memohon anugrah kepada Sang Hyang Surya.

Bagi yang menggunakan jilbab,unsur busana adat Bali untuk perempuan terdiri dari kebaya,kamen dan selendang.

Ria Ricis mengenalkan bahwasanya di Tik-Tok bisa mengetahui beberapa hal yang ada di Indonesia tanpa kita harus mengunjungi tempat tersebut seperti Labuan Bajo,Bali, Lombok dan wisata lainnya.

Karena dari video-video konten singkat dari seorang Kreator Konten kita jadi mengetahui adanya keindahan di kota Bali atau di kotaLombok memperkenalkan budaya dan kebiasaan yang ada disana atau tentang khas jajanan atau oleh-oleh yang ada disana.

Selain menjadi Kreator Konten TikTok juga  mengisi waktu luangnya dengan menjadi seorang penulis buku. Ia telat menciptakan beberapa bukudi mulai dari buku bertajuk Saya Pamit,NEXT, Bukan Buku Nikah dan Maaf Untuk Papa yang pernah laris di beberapa toko buku di Indonesia.

Mendapatkan berbagai macam penghargaan dari TikTok maupunYouTube,menurut kompas Ria Ricismerupakan salah satu konten kreator terfavorit 2023 dan pernah juga menjadi selebgram terfavorit 2018.

Kelebihan dari TikTok

1.Menyajikan Video Pendek Menarik

Video sajian yang populer ini memang menarik karena pembuatnya terpaksa harus berkreasi agar lebih banyak orang yang bisa melihatnya. Durasinya luar biasa panjang, mulai dari 15 hari, 30 hari, hingga 60 hari, bahkan lebih dari itu.

Dengan menggunakan durasi yang fleksibel, aplikasi membuat pengguna lebih diuntungkan dan tidak ragu-ragu dalam menggunakan internet. Selain itu, durasi video yang pendek juga tidak akan membuat orang bosan.Hal pertama yang kami lakukan setiap hari adalah membuat konten edukasi untuk TikTok.

2.Pembuatan Video Mudah

Fitur TikTok lainnya berkaitan dengan gagasan bahwa membuat video lebih mudah jika Anda mengikuti aturan tertentu.

Pengguna dapat membuat, mengedit, dan mengunggah video tanpa menggunakan komputer atau aplikasi lain apa pun dengan menggunakan aplikasi tersebut di atas.

Karena aturan ini, banyak pengguna yang lebih bersemangat untuk terus membuat konten TikTok tanpa merasa ragu. Hal yang sama juga berlaku bagi dunia usaha. jika mereka ingin membuat video, mereka dapat melakukannya dengan mudah menggunakan TikTok. Namun, kreativitas sedang dilatih sehubungan dengan hal ini.

Selama produksi video dengan menggunakan aplikasi di atas, penggunadapat membuat, mengedit, dan memposting video tanpa perlu menggunakan PC atau aplikasi lain.

Fitur lain dari aplikasi TikTok berkaitan dengan gagasan bahwa membuat video lebih mudah jika Anda mengikuti aturan tertentu. Dengan menggunakan aplikasi di atas, pengguna dapat membuat di atas, pengguna dapat membuat, mengedit, dan mengunggah video tanpa perlu bersusah payah.

3.Mengandalkan Konten Lokal

Dari Influencer Marketing Hub, aplikasi TikTok kerap mengumumkan tantangan yang berfokus pada area lokal dan disertai denganhashtag  Meskipun TikTok telah mendapatkan banyak popularitas internasional, TikTok juga terus mempromosikan konten lokal.

Selain menerima banyak video baru yang diunggah oleh setiap negara, TikTok juga membimbing pengguna baru yang telah menyelesaikan tantangan yang diadakan di setiap negara.

Hal ini tentu meresahkan para pengguna TikTok karena ingin selalu mengikuti berita terkini di negaranya dengan menghasilkan video yang kreatif dan memotivasi.

Kekurangan dari TikTok

1.Membuat Lupa Waktu

Scrol TikTok sering sekali membuat orang lupa waktu, ini sangat tidak bagus jika terjadi kepada semua orang jika sampai menyebabkan pekerjaan tertunda, pekerjaan berantakan hanya karena asik scrol  Tiktok.

Sistem FYP banyak yang mengatakan bisa membuat "kecanduan" seseorang terus menerus scrol  karena rasa ingin terus mendapat konten yang mereka sukai.

2.Konten Vulgar Masih Banyak

Meskipun TikTok mempunyai sejarah menerbitkan konten-konten kasar, terdapat peningkatan jumlah perempuan yang melakukan hal tersebut secara rutin di zaman modern.

Jika pengguna perangkat pribadi remaja yang dekat dengan pengguna sering melihat konten seperti ini, hal ini sangat menguntungkan mereka karena sistem FYP akan menghasilkan video yang sesuai dengan kebutuhannya.(*)

 

Penulis: Afrina Kaisah Avianti, Risma Febiyana, Naura Delonic

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UAD