Tripadvisorplatfrom Wisata

Selasa, 31 Oktober 2023 - 15:50:57


 Nadira Ramadani & Rijal Ahsan Wijaya
Nadira Ramadani & Rijal Ahsan Wijaya /

Radarjambi.co.id-TriAdvisor ialah sebuah platform yang memudahkan pengguna untuk mencari tiket perjalanan, Hotel, dan pemesanan meja Restoran.

Di kutip dari Wikipedia 2023 TripAdvison adalahplatform biro yang berasal dari Amerika Serikat yang beroperasi sebagai situs web dan aplikasi, platform ini berisi tentang informasi terkait tentang perjalanan dan destinasi wisata yang ada di seluruh dunia.

Tripadvistor juga menawarkan berbagai reservasi,  pemesanan secaradaring seperti Transportasi, Penginapan, destinasi Wisata, dan Restoran. Di TripAdvisor juga mempunyai banyak daftar harga yang dapat dibandingkan dengan jenis perjalanan dan destinasi Wisata untuk para Pengguna.

TripAdvisorsangat memudahkan pengguna untuk mencari Tiketperjalanan atau penginapan.

Sejak dibuat pada Februari 2000 atau 23 tahun yang lalu,pengguna TripAdvisor sudah tersebar di 40 negara dan sudahmenyediakan 20 bahasa termaksud bahasa Indonesia.Dari segi kepraktisan (kemudahan)TripAdvisor memudahkan penggunanya untuk mencari Akomodasi, tempat Penginapan, maupun Restoran terdekat.

TripAdvisorsudah banyak menampilkan sekitar 1 miliar ulasan, dan ada 8 juta tempat usaha dari sejak diluncurkanya aplikasi TripAdvisor. Jumlah tersebut kemugkinan bertambah seiring dengan perkembangan media sosial sekarang ini.

Pengguna TripAdvisor

TripAdvisor dapat dimanfaatkan oleh para traveller dari berbagaiNegara,Pengguna TripAdvistor dapar mencari informasi secara detail (terperinci) tujuan Wisata yang akan dikunjungi.

Dengan harganya yang ramah di kantong para pengguna TripAdvison dapatmembandingkan harga Hotel, Restoran, dan Tikettransportasi dengan mudah. Sudah banyak  Hotel,Restorandan Resort yang sudah memanfaatkanpladform ini sebagai alat promosi.

TripAdvison juga  memberikan akses kepada pengguna untuk memberikanreview(ulasan),saran\kritik kepada Akomodasi, Penginapanyang mereka kunjungani.

Kegunaan Lain TripAdvisor

Selainuntuk menemukan Akomodasi, tempat Penginapan dan Restoran.Aplikasi TripAdvisor juga menyediakan rekomendasi tempat-tempat wisata di seluruh dunia, dari Wisata Alam, tempat Kuliner, Pantai,Savana, hingga masih banyak lagi tempat yang indah yang direkomendasikan.

TripAdvison untuk memanjakan penggunanya. Dengan adanya TripAdvisor ini memudahkan banyak pengguna lainnya yang ingin melakukan perjalanan dan berwisata, maka dari itu sangat disarankan untuk menggunakan platform TripAdvisor jika ingin melakukan perjalanan dan wisata.

Dibalik  kemudahan yang ditawarkan platform ini, dan dari banyaknya pengguna platform TripAdvison di seluruh dunia, dari 1triliun riwiew (ulasan) dan dari 8 juta tempat usaha\restoran, Penginapan, Akomodasi, Resorttersebut.

Ada ribuan bahkan jutaan ulasan palsu yang diunggah diplatformTripAdvisor yang membuat ulasan palsu.Dengan adanya kabar tersebut pihak TripAdvisorsendiri langsung mengambil tindakan dengan menghapus dan memblokir konten-konten terkait ulasan-ulasan palsu tersebut.

Melihat dari masalah yang terjadi seperti menyebarnyaisu-isu ulasan palsu yang diunggah di platform TripAdvisor,penulis menyarankan agar pengguna platform TripAdvison lebih berhati-hati untuk mencari referensi perjalanan tempat Wisata, Akomodasi, Penginapan/Hotel,danRestoran,sebelum memesan.

Pengguna terlebih dahulu melihat bagaimana review(ulasan) dari positif yang diunggah para pengguna terdahulu di platform ini tentang tanggapan TripAdvisor  agar mendapat informasi yang valid(benar).

Dampak Positif dan Negatif TripAdvisor

TripAdvisor juga memiliki dampak negatif, seiring dengan perkembangan zaman,TripAdvisar juga dipergunakan oleh oknum-oknum tertentu untuk melakukan hal-hal yang tidak baik, seperti dipergunakan untuk staycation oleh anak-anak remaja untuk melakukan hal-hal negatif.

Tidak hanya itu platform TripAdvisor juga dipergunakan untuk media penipuan isu, dan bahkan jika orang yang sangat mengetauhi itu dapat digunakan untuk membuat pemesanan Trip palsu yang digunakan untuk mendapatkan keuntungan dengan menipu para pengguna yang ingin melakukan Trip dengan mengguakan foto lokasi atau tempat palsu.

Tapi disisi lain TripAdvisor banyak memiliki dampak positif seperti, memudahkan banyak pengguna untuk mencari berbagai pilihan perjalanan, Penginapan, Akomodasi,Resort, DestinasiWisata danRestoran. TripAdvisor sudah banyak dipergunakan oleh jutaan bahkan miliaran orang karena rating platform dan tempat-tempat wisata yang bagus.

Sehingga banyak pengguna yang merasa puas karena sangat terbantu untuk mencari kebutuhan mereka, maka dengan adanya platform ini sangat memudahkan para pengguna.(*)

 

Penulis: Nadira Ramadani&Rijal Ahsan Wijaya; mahasiswaProdiIlmu Komunikasi;Universitas Ahmad Dahlan