Kaskus Sebagai E Commerce dan Berbagai Informasi

Rabu, 01 November 2023 - 20:41:06


program studi Ilmu Komunikasi Universitas Ahmad Dahlan.
program studi Ilmu Komunikasi Universitas Ahmad Dahlan. /

Radarjambi.co.id-Kaskus merupakan tempat untuk saling berbagi hobi sekaligus komunitas pertama dan terbesar yang ada di Indonesia, tidak hanya berbagi hobi dan kebiasaan selain itu Kaskus juga menjadi tempat jual-beli dalam jaringan, Kaskus memberi ruang untuk semua orang sehingga bisa mengekspresikan sisi asli penggunanya.

Ada banyak pengguna Kaskus yang mencari informasi, saling berbagi hobi, transaksi jual beli, berinteraksi di komunitas sampai menikmati berbagai platform yang sudah disediakan.

Kaskus juga menjadi tempat bagi para pengguna untuk mengiklankan produk mereka pada aplikasi ini, tak sedikit juga orang yang bertransaksi pada aplikasi Kaskus.
Sejarah Kaskus

Pada awalnya, Kaskus diciptakan di 6 November 1999 yakni oleh 3 mahasiswa Indonesia bernama Ronald Stephanus, Andrew Darwis dan juga Budi Dharmawan di Seatle, Amerika Serikat.

Awalnya, tujuan Kaskus diciptakan adalah untuk forum informal mahasiswa asal Indonesia yang berada di luar negeri. Kaskus diciptakan karena mereka ingin memenuhi tugas kuliah mereka, serta mereka ingin mengobati kerinduan mereka pada Indonesia melalui berita-berita Indonesia yang mereka terjemahkan, Kaskus merupakan singkatan dari sebuah kata yakni kasak kusuk.

Di bulan Agustus tahun 2005, PC Magazine Indonesia memberi penghargaan untuk situs Kaskus tersebut sebagai sebuah situs terbaik serta komunitas yang paling besar. Sesudah itu, Kaskus kembali terpilih sebagai website yang paling baik pilihan dari para pembaca PC Magazine tersebut di tahun 2006.

Namun pada 23 Mei 2006, manajemen dari Kaskus secara terpaksa mengubah domain .com menjadi .us sebab virus brontok yang menyebar untuk menyerang berbagai situs besar di Indonesia dan Kaskus menjadi salah satu targetnya. Sejak saat itu Kaskus menjadi Kaskus.us yang mengartikan us adalah kita.

Karena pengunjungnya yang banyak, di awal bulan April tahun 2007, manajemen Kaskus kemudian menambah 2 server baru supaya performa situs Kaskus bisa semakin meningkat.

Di bulan Juli tahun 2008, Andraw Darwis dan Ken Dean Lawadinata yaitu pengelola Kaskus kemudian membuat keputusan untuk mengoperasikan server Kaskus secara profesional di Indonesia.

Kaskus kemudian membeli 8 server Dell PowerEdge 2950 serta dioperasikan dengan jaringan open IXP. Dengan begitu, akses menuju Kaskus bertambah dan pengelola ingin menambah 8 server baru kembali sehingga ada 16 total server yang beroperasi pada bulan September.

Untuk di Indonesia sendiri, kantor Kaskus untuk pertama kalinya didirikan di Mangga Besat oleh 2 tenaga profesional. Langkah pertama yang dilakukan Kaskus adalah melakukan rebranding dibawah naungan PT. Darta Media Indonesia.

Langkah pertama para pengelola Kaskus adalah membrending aplikasi tersebut. Mematuhi UU ITE (Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik) yang berlaku dan mendorong perilaku berinternet secara sehat.

Kemudian Kaskus mengambil langkah serius untuk menutup forum-forum yang tidak memenuhi UU ITE yaitu BB17 atau (Buka Bukaan 17 Tahun) dan juga Fight Club, hal tersebut juga agar anak-anak dibawah umur tidak memasuki forum yang memang belum sesuai pada umur mereka.

Langkah tersebut diapresiasi baik oleh masyarakat dan juga pengguna internet Indonesia, hal ini ditandai dengan meningkatnya jumlah member Kaskus dengan jumlah member yang mencapai 100 juta pengguna.

Fitur Kaskus

Seperti yang dijelaskan pada judul, Kaskus juga menjadi E-commerce atau tempat jual-beli dalam jaringan atau biasa kita sebut online, banyak sekali forum yang menawarkan barang dagangan mereka.

Dan tidak sedikit pula orang yang membeli, karena memang Kaskus ini sangat mudah untuk dijadikan tempat jual-beli, para pengguna Kaskus menyebut jual-beli tersebut dengan singkatan JB.

JB tersebut adalah area jual-beli dalam jaringan untuk saling bertransaksi berbagai kebutuhan yang berhubungan dengan hobi atau hal yang disukai oleh pengguna Kaskus. Berikut fitur Kaskus yang dapat digunakan oleh pengguna:

KasPay

Fitur pertama yang dapat digunakan oleh pengguna Kaskus adalah KasPay. KasPay adalah fitur layanan dari Kaskus yang menyediakan sistem pembayaran dalam jaringan.

Layanan ini resmi dirilis pada 6 November 2009 yang lalu. Layanan ini tidak hanya dipakai pada aplikasi Kaskus namun dapat juga digunakan untuk beberapa situs lain yang sudah bekerjasama dengan KasPay tersebut.

E Pulsa

E Pulsa merupakan layanan yang menyediakan fasilitas untuk mengisi pulsa, fitur ini sangat mempermudah pengguna untuk mengisi pulsa melalui aplikasi Kaskus, cara membayarnya pun juga sangat mudah, hanya dengan menggunakan KasPay maka sudah dapat untuk mengisi pulsa melalui apliasi Kaskus tersebut.

Kaskus Ads

Kaskus Ads atau biasa disingkat dengan KAD, KAD merupakan fitur untuk beriklan di Kaskus. Pengguna nantinya dapat memasang iklan di apliasi Kaskus, namun sayangnya fitur ini diharuskan untuk membayar.

Namun harganya masih tergolong murah sehingga banyak pengguna memakai fitur ini untuk mengiklankan dagangan mereka.

Kaskus Radio

Kaskus Radio merupakan Radio Internet Indonesia yang berada dibawah naungan komunitas Kaskus. Kaskus Radio ini mempunyai lebih dari 20 penyiar yang bekerja didalamnya.

Kaskus Radio akan memutarkan lagu selama 24 jam mulai dari lagu Indonesia ataupun lagu luar negeri, sehingga pengguna Kaskus tidak merasa bosan, pengguna dapat mendengarkan lagu yang diputarkan oleh Kaskus Radio.

Kaskus Kreator

Kaskus juga mempunyai program membayar thread starter yang dimulai sejak tahun 2017. TS yang dibayarkan berdasarkan jumlah tayangan yang didapat dari thread tertentu yang sudah dibuat.

Pengguna yang gabung nantinya dapat membuat thread. Namun thread bisa ditinjau lebih dulu memakai poin. Setiap 1.000 tayangan, maka bisa ditukarkan menjadi 100 poin. Poin kemudian bisa ditukarkan menjadi saldo KasPay yakni Rp. 10 untuk setiap poinnya.

Similiar Item

Similiar Item adalah fitur yang berguna untuk menampilkan berbagai jenis produk yang dijual. Ini adalah fitur yang dapat memudahkan para pembeli ketika mencari produk yang diinginkan.

Sedangkan para penjual dapat memantau kondisi dari pasar produk yang sedang dijual tersebut, sehingga memudahkan para pembeli dan juga penjual jika ingin bertransaksi.

Kelebihan Kaskus Anti Over Posting

Kelebihan pertama dari aplikasi Kaskus adalah anti over posting, para pengguna dapat memposting, mengunggah thread serta komen pada forum apa saja, sehingga pengguna dengan mudah dapat mengunggah hobi atau hal-hal kesukaan para pengguna.

Anti Captcha

Banyak aplikasi yang menggunakan captcha untuk dapat memasuki aplikasi tersebut, namun Kaskus tidak menggunakan captcha untuk dapat memasuki aplikasi Kaskus, sehingga mempermudah pengguna agar dapat memasuki aplikasi Kaskus.

Ukuran aplikasi yang kecil dan ringan

Ukuran aplikasi Kaskus hanya 1.6 MB sehingga tidak akan menghabiskan memori internal, mempermudah para pengguna yang hanya menggunakan smartphone dengan kapasitas yang kecil.

Kekurangan Kaskus

Upload gambar sering bermasalah Karena aplikasi ini jarang memperbarui fitur-fitur yang ada sehingga untuk mengupload gambar seringkali menjadi masalah, seperti tidak terunggah dengan baik atau gambar sama sekalin tidak mau terunggah.

Error ketika terlalu lama dipakai Jika terlalu lama dipakai aplikasi Kaskus atau terlalu lama membuka thread, aplikasi Kaskus dapat menjadi error.

Tidak dapat mengedit thread yang sudah dibuat Kekurangan Kaskus ini sangat membuat para pengguna Kaskus berhati-hati dalam berkomentar, karena jika tidak thread kaskus tersebut tidak bisa diedit kembali, hal ini sedikit membuat pengguna kewalahan dalam berkomentar didalam thread Kaskus. (*)

 

Penulis : : Tazqia Bilqis , Nina Tri Wulandari , Muftia Meyla Azzahra Mahasiswa program studi Ilmu Komunikasi Universitas Ahmad Dahlan