Pengaruh Weebly Dalam Dunia Bisnis

Rabu, 01 November 2023 - 21:00:04


/

Radarjambi.co.id-Weebly merupakan sebuah platform pembuatan website secara gratis, dengan tampilan widget, sehingga memudahkan pengguna dalam membuat halaman dengan mudah hanya dengan beberapa klik.

Dikutip dari DailySocial (2023) Weebly adalah pilihan bagus untuk bisnis kecil atau individu yang ingin membuat situs web sendiri, tetapi tidak ingin menghabiskan banyak uang atau waktu dalam prosesnya.

Selain itu situs web ini juga memiliki halaman informasi yang disediakan melalui jaringan internet sehingga bisa diakses seluruh dunia selama terhubung dengan koneksi internet.

Dari segi tampilannya, Weebly memiliki desain interface yang simpelselain itu, Weebly menawarkan beragam fitursehingga memudahkan pengguna dalam merancang Blog-nya sendiri.

Jadi, website builder yang satu ini memang bisa diandalkan oleh pemula atau bahkan seorang yang sudah profesional. Namun, untuk kegunaannya Weebly lebih ideal digunakan untuk bisnis kecil, website pribadi, atau toko online. Melansir dari laman resminya, saat ini Weebly telah digunakan lebih dari 40 juta pengguna di seluruh dunia.

Beberapa contoh website Weebly yang populer adalah Mint Mobile, California Science Center, Stella Valle dan masih banyak lainnya. Weebly sendiri hadir dalam versi gratis dan berbayar.

Jika kita bandingkan keduanya, versi berbayar menawarkan fitur yang lebih lengkap dibandingkan versi gratis. Berdasarkan total biayanya, Weebly dibagi menjadi beberapa layanan, antara lain:

  • Weebly Free:Ini adalah versi gratis yang memungkinkan Anda membuat dan meng-hosting situs web dengan batasan tertentu, seperti iklan, subdomain Weebly, dan kapasitas penyimpanan maksimum 500 MB.
  • Weebly Connect: Satu tingkat di atas versi gratis dikenakan biaya bulanan sebesar US$5. Layanan ini memungkinkan Anda menghubungkan domain pribadi Anda ke situs web Weebly, menambahkan fungsi dasar, dan menghapus iklan.
  • Weebly Pro: Ini adalah versi berbayar dengan biaya bulanan US$12. Layanan ini memungkinkan akses ke fitur-fitur canggih, seperti keamanan lebih, e-commerce, penghapusan iklan, dukungan pelanggan, dan lain sebagainya.
  • Weebly Business: Ini adalah versi berbayar dengan langganan bulanan US$25. Layanan ini memiliki fitur-fitur canggih untuk membangun situs web seperti pasar massal, seperti keranjang belanja, investasi, dukungan SEO tingkat lanjut, dan analitik.

 Keunggulan Weebly

 Weebly adalah salah satu opsi paling populer yang tersedia di pasar. Oleh karena itu, ia memiliki beberapa keunggulan dibandingkan pembuat situs web lainnya dan mungkin sesuai dengan kebutuhan Anda.Berikut beberapa keunggulan Weebly:

  1. Pembuatan website yang lebih mudah jika dibandingkan dengan platform pembuat website lain yang serupa.
  2. Menyediakan fitur- fitur yang fungsional dengan gratis, memiliki desain dan tema yang unik.
  3. Menyediakan berbagai pilihan bahasa.
  4. Mudah digunakan. Anda tidak perlu menjadi programmer atau desainer profesional untuk membuat situs web, cukup mendaftar, pilih template, dan mulai menambahkan teks dan konten.
  5. Anda tidak perlu khawatir tentang biaya hosting atau kecepatan situs karena Weebly menawarkan semua yang Anda butuhkan dalam satu paket yang mudah digunakan.
  6. Anda dapat mengedit situs Anda di perangkat apa pun dari desktop hingga seluler dan perubahan apa pun akan langsung diperbarui di semua perangkat.
  7. Fitur E-Commerce: Weebly memiliki fitur e-commerce yang memungkinkan Anda untuk menjual produk secara online dengan cepat. Ini dapat membantu bisnis Anda tumbuh.

Kelemahan Weebly

Weebly adalah pembuat situs web yang memungkinkan Anda membuat situs web sendiri tanpa harus membayar hosting. Meskipun ada banyak keuntungan menggunakan Weebly, ada juga beberapa kelemahannya.

  1. Dibandingkan dengan WordPress dan Blogger, Weebly tidak begitu dikenali para pembuat website di Indonesia.
  2. Memerlukan sedikit waktu untuk memahami dan menggunakan Weebly Website
  3. Belum terindeks dengan otomatis di Google dan browser pencarian lainnya, kita harus menambahkan kata Weebly dibelakang nama situs web sebelum mencarinya di kotak pencarian.
  4. Pengguna tidak dapat menggunakan domain mereka sendiri dan akan terus menggunakan subdomain bawaaan dari Weebly.
  5. Biaya Tambahan: Meskipun Weebly menawarkan opsi gratis, beberapa fitur dan fungsi tambahan memerlukan biaya bulanan. Ini bisa menjadi beban finansial tambahan.

 Cara Membuat Website di Weebly

  1. Buat akun: Langkah pertama adalah membuat akun. Untuk melakukan ini, kunjungi situs web resmi Weebly lalu klik Sign Up untuk mendaftar. Weebly akan menawarkan dua opsi model: pilih I just need a website untuk memulai blog pribadi, atau I need a website with an online store jika Anda ingin membuat toko
  2. Pilih tema yang akan digunakan: Saat memilih template, Anda pasti ingin menentukan tema yang sesuai dengan tujuan situs web. Anda dapat mengeksplorasi tema sesuai selera atau memilih template yang direkomendasikan.
  3. Tentukan nama domain: Selanjutnya, tentukan nama domain yang akan digunakan. Ada tiga opsi yang dapat dipilih, yaitu membuat domain khusus, menggunakan domain yang sudah ada, dan subdomain Weebly (gratis).
  4. Buat Desain Web: Di sini, Anda dapat mulai membuat desain halaman menggunakan drag and drop. Tambahkan hal-hal seperti teks, gambar, video, dan lainnya, lalu sesuaikan desain sesuai keinginan Anda.
  5. Tambahkan Apps: Weebly menyediakan aplikasi tambahan seperti plugin WordPress untuk mendukung fungsionalitas situs web. Pilih aplikasi berdasarkan kebutuhan Anda, seperti galeri, gaya, jejaring sosial, dan sebagainya.
  6. Pilih paket dan publikasi blog: Terakhir, pilih paket Weebly berdasarkan kebutuhan dan anggaran. Untuk mendapatkan hasil terbaik, Weebly Business adalah paket terbaik untuk semua jenis situs web. Untuk mempublikasikan blog atau website Anda. Caranya, masuk dashboard dan klik Publish your website.(*)

 

Penulis: Bunga Puji Rahayu, Nayla Ruskasya Yulianto, dan Rezad Agam Putra Orindito, Mahasiswa Ilmu Komunikasi UAD