Survei: Masyarakat Jateng Mulai Masif Mendukung Prabowo-Gibran

Rabu, 01 November 2023 - 22:04:03


Prabowo-Gibran
Prabowo-Gibran /

JAKARTA - Hasil survei terbaru Polling Institute menunjukkan bahwa dukungan untuk Calon Presiden-Calon Wakil Presiden, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di Jawa Tengah mengalami kenaikan.

Pada survei yang dilakukan 25-28 Oktober 2023 itu, masyarakat Jawa Tengah makin masif mengalihkan dukungan dari Ganjar-Mahfud ke Prabowo–Gibran.

“Di Jawa Tengah, dukungan untuk Ganjar turun dari 49 persen ke 42,8 persen. Sebaliknya, ada kenaikan dukungan untuk Prabowo dari 27 persen menjadi 33 persen,” kata peneliti Polling Institute Kennedy Muslim dalam keterangan tertulis, Selasa (31/10).

Kennedy melanjutkan naiknya dukungan untuk Prabowo–Gibran di Jawa Tengah karena ada andil dari Presiden Jokowi.

Menurutnya, kepercayaan publik terhadap Presiden Jokowi terutama di Jawa Tengah masih sangat tinggi. Di sisi lain, dalam survei yang sama, Prabowo–Gibran juga banyak mendapatkan dukungan dari para pemilih muda.

Kennedy meyakini dengan digandengnya Gibran, hal itu berimbas positif pada tingkat elektabilitas Prabowo. “Bagi mereka yang berusia di bawah 21 tahun atau yang masuk dalam kategori pemilih pemula, lebih banyak yang memilih Prabowo–Gibran dengan angka 46 persen, sementara Anies–Muhaimin 24,5 persen, dan Ganjar–Mahfud 23,7 persen,” lanjut Kennedy.

Tak hanya itu, Prabowo-Gibran juga meraih banyak keunggulan di klaster pemilih yang berusia 22–25 tahun.

Di klaster pemilih tersebut, Prabowo–Gibran mengantongi dukungan 46,8 persen, diikuti Ganjar–Mahfud 33,7 persen dan Anies–Muhaimin 15,2 persen. Kemudian, peningkatan dukungan juga terjadi dari basis pemilih Jokowi–Ma’ruf Amin pada Pilpres 2019 lalu yang memilih Prabowo–Gibran.

Berdasarkan survei tersebut, basis pemilih Jokowi–Ma’ruf Amin yang memilih Prabowo–Gibran ada di angka 43,2 persen. “Basis pemilih Jokowi–Ma’ruf Amin di 2019 lebih banyak memilih Prabowo–Gibran 43,2 persen, sementara ke Ganjar–Mahfud 39,6 persen dan ke Anies–Muhaimin 14,7 persen,” pungkas Kennedy. (boy/jpnn)


Sumber : jpnn.com