SI Bolang, Tayangan Edukatif dan Prestatif

Minggu, 05 November 2023 - 20:22:25


Aulia Nur Hidayah Sheila Arnelia Rahma ,
Muhammad Dimas Surendro
Aulia Nur Hidayah Sheila Arnelia Rahma , Muhammad Dimas Surendro /

Radarjambi.co.id-Kemudian tim kreatif di TRANS 7 memiliki ide untuk memproduksi program petualang yang sasarannya anak-anak. Tim mengamati bahwa anak-anak yang tinggal di desa-desa memiliki kehidupan yang berbeda dibandingkan anak-anak di kota.

Anak-anak di desa masih mempunyai kesempatan untuk bermain dengan alam, menangkap ikan di sungai atau mengeksplorasi hutan. Dari gagasan tersebut lahirlah “Si Bolang”, program anak petualang dari dan untuk anak.

Melihat Si Bolang Dari Sisi Edukasi Penulis acara memiliki asumsi bahwa siaran Si Bolang merupakan salah satu upaya bahwa anak-anak sejak awal diperkenalkan dengan keberagaman budaya serta serba-serbi nusantara melalui berbagai jenis permainan yang aktif.

Selain itu, tujuan acara Si Bolang menjawab kebutuhan anak-anak yang cerdas dan mendidik. Selama ini, tidak ada tayangan dokumenter anak sejenis Bolang yang bertahan lama.

Si Bolang tayang sejak tahun 2006 dan berharap dengan tayangan ini, anak-anak Indonesia bisa mengenal budaya, cinta tanah air, satwa, berbakti pada orang tua, dan kenal alam Indonesia.

Mengambil referensi dari Jurnal “Pengaruh program televisi Trans 7 Si Bolang sebagai media pembelajaran terhadap prestasi belajar PKn Siswa kelas III SDN 1 Kemantren kecamatan Tulangan kabupaten Sidoarjo” program Si Bolang ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan adanya program Si Bolang sebagai media pembelajaran terhadap prestasi belajar Anak.

Ini di buktikan dengan adanya perbedaan antara prestasi belajar sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran. Serta menurut hasil observasi yang dilakukan peneliti terhadap 10 anak secara acak menunjukkan jika 7 anak menyukai program Si Bolang. Lima di antaranya menyukai aspek permainan.

Menurut Bruner dalam Hurlock (1980) mengatakan aspek permainan disukai karena dapat membantu masa perkembangan anak. Selain itu, bermain adalah “kegiatan yang serius” dan merupakan kegiatan pokok bagi anak-anak. Penghargaan Yang Diperoleh Program siaran Si Bolang memperoleh beberapa penghargaan yaitu :

Panasonic Award 2009 Kategori Program Edutaintment Anak Ter-Favorit.

Penghargaan Dari Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI 2010. KPID Awards 2010 – Nusa Tenggara Barat. KPI Awards 2011 Kategori Program Anak Terbaik.

KPID Awords 2013 Jawa Tengah kategori Televisi bejaringan peduli Jawa tengah terbaik.

Anugerah KPI 2014 kategori program anak terbaik. Anugerah KPID Bali 2015 kategori program siaran Televisi, Program Anak dan Remaja terbaik. Anugerah KPID Aword 2015 penghargaan Televisi kategori Karib Riau.

Anugerah KPID Sumatera Selatan kategori program siaran Televisi, Program Feature terbaik 2015.

Anugerah KPAI Awords 2015 program acara Televisi ramah Anak. Program Televisi ramah Anak kategori program dokumenter terbaik ( Penyelenggara KPI ).

Daqu Awords 2017 kategori media Televisi penggiat Al-Quran KPID Jambi kategori program feature. (*)

 

 

Penulis : Aulia Nur Hidayah Sheila Arnelia Rahma , Muhammad Dimas Surendro. Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Sastra Budaya dan Komunikasi, Universitas Ahmad Dahlan 2023