Puluhan Korek Api, dan Beberapa Handphone Disita Dari Penghuni Lapas Kelas II B Muaro Tebo

Selasa, 07 November 2023 - 13:56:15


Kalapas Tebo didampingi Kabag Ops Polres Tebo ikut turun melakukan pemeriksaan terhadap kamar penghuni lapas kelas II B Muaro Tebo
Kalapas Tebo didampingi Kabag Ops Polres Tebo ikut turun melakukan pemeriksaan terhadap kamar penghuni lapas kelas II B Muaro Tebo /

Radarjambi.co.id-TEBO- Sekitar 406 orang warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Muaro Tebo, Selasa (7/11) di kagetkan dengan razia mendadak oleh seluruh petugas Sipir dibantu Personil Polres Tebo dan TNI dari Kodim 0416 BUTE.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas II B Muaro Tebo, Refin Tua Simanullang didampingi KPLP nya, H. Ahmad Yani menjelaskan bahwa pihaknya memang melakukan razia mendadak terhadap warga binaan mereka.

"Razia ini memang dilakukan mendadak dan serentak seluruh Indonesia, dan untuk razia kali ini kita dibantu oleh Personil Polres Tebo yang dipimpin Kabag Ops Polres Tebo, AKP Destu, dan anggota TNI, dengan tujuan meminimalisir gangguan keamanan antar warga binaan," ujar Kalapas usai kegiatan.

Kalapas menjelaskan dalam razia tersebut pihaknya berhasil mengamankan puluhan Korek Api, cukur kumis, dan beberapa unit Handphone, headset dan power bank.

"Selain merazia barang yang dilarang, hari ini kita juga melakukan test urin secara acak kepada warga binaan, untuk barang bukti yang berhasil diamankan langsung kita musnahkan, untuk test urine tadi hasilnya semua negatif,"terang Kalapas lagi.

Tidak hanya itu saja, Kalapas menyatakan akan lebih memperketat pemeriksaan terhadap keluarga napi yang berkunjung karena barang yang ditemukan masuknya dari luar lapas.

"Kita akan perketat pemeriksaan terhadap keluarga yang berkunjung, karena semua barang ini masuknya dari luar, dan untuk kapasitas lapas kita 272 orang sementara penghuninya sekarang 406 orang, memang over load dan kita terkendala kekurangan personil yang ada,"tutup Kalapas. (yan/akd)