Wagub Sani Apresiasi Expo dan Gelar Karya P5 Di SMK N 1 Bungo

Selasa, 23 Januari 2024 - 16:48:12


Wagub Sani Buka Expo dan Gelar Karya P5 Di SMK N 1 Bungo
Wagub Sani Buka Expo dan Gelar Karya P5 Di SMK N 1 Bungo /

RADARJAMBI.CO.ID- Wakil Gubernur Jambi Drs. H. Abdullah Sani, M.Pd.I mengapresiasi kegiatan Ekspo dan Gelar P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) dengan tema ”Berkarya Bersama SMK Negeri 1 Bungo Pusat Keunggulan” Tahun 2024 yang diselenggarakan di SMKN 1 Bungo pada selasa (23/1/2023).

Apresiasi yang disampaikan Wagub Sani adalah sebagai rasa bangga terhadap manifestasi dan implementasi ilmu yang sudah didapatkan para siswa-siswi selama masa pendidikan yang telah dilaksanakan di SMKN 1 Bungo.

"Semoga SMK Negeri 1 Bungo terus berintegrasi dan berkembang maju menjadi sekolah yang selalu melahirkan generasi bangsa yang unggul dalam akademis maupun non akademis," ungkap Wagub Sani.

Selanjutnya Wagub Sani menyampaikan bahwa Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan salah satu bagian yang tak terpisahkan dalam Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM), demi mewujudkan Pelajar Pancasila yang mampu berperilaku sesuai dengan nila-nilai Pancasila. P5 menjadi salah satu sarana pencapaian profil Pelajar Pancasila, yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengalami pengetahuan belajar dari lingkungan sekitar dan mampu menginspirasi peserta didik untuk memberikan kontribusi dan dampak bagi lingkungan sekitar. 

"Pada hari ini, kita melaksanakan Gelar Karya P5 dan Expo sebagai wujud aksi nyata dari rangkaian puncak kegiatan dari Implementasi Kurikulum Merdeka selama proses pembelajaran. Kegiatan ini menjadi wadah yang memberikan ruang dan waktu untuk para siswa-siswi kebanggaan kita untuk menampilkan ide, bakat dan minat maupun inovasi yang telah dikembangkan, sesuai dengan kelompok belajarnya masing-masing," ujar Wagub Sani.

Lebih Lanjut, Wagub Sani berharap SMK Negeri 1 Bungo PK dapat bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Jambi dalam mewujudkan salah satu misi pembangunan Provinsi Jambi, yakni Memantapkan Kualitas Sumber Daya Manusia, yaitu sumber daya manusia yang terdidik, sehat, berbudaya, agamis dan berkesetaraan gender.

“Pemerintah Provinsi Jambi sangat mendukung program-program Pembangunan karakter maupun prestasi siswa-siswi yang dilakukan oleh SMK Negeri 1 Bungo PK,” kata Wagub Sani.

Dalam kesempatan tersebut Wagub Sani juga mengajak siswa-siswi untuk bersama-sama saling menjaga dan melestarikan budaya seni tradisional dengan memanfaatkan kemajuan teknologi, agar budaya dan seni daerah yang dicintai ini tidak tergerus oleh pengaruh negatif budaya asing yang perlahan masuk dan disenangi oleh generasi muda penerus bangsa. Selanjutnya menyebarluaskan kesenian, adat dan budaya Provinsi Jambi kepada masyarakat, tidak hanya secara regional dan nasional, namun juga internasional.

"Teruslah asah diri dengan mengikuti banyak kegiatan positif dan jangan pernah takut untuk bermimpi tinggi. Persiapkan diri dari sekarang untuk menggapai cita-cita dan keinginan yang diharapkan selama ini. Manfaatkan kemajuan teknologi untuk terus belajar hal-hal baru yang mampu menambah skill (kemampuan) dan jangan lupa untuk terus berbakti serta meminta doa kepada orang tua," pungkas Wagub Sani.(*)


Editor: Endang