KPU Batanghari Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara

Rabu, 31 Januari 2024 - 15:08:07


/

Radarjambi.co.id-BATANGHARI- Dalam rangka mensukseskan pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Batanghari melakukan simulasi pemungutan dan penghitungan suara pada Rabu (31/1).

Simulasi yang dilakukan di halaman Bulian Spors Centre (BSC) Jalan Jenderal Sudirman, Keluarahan Muarabulian, Kecamatan Muarabulian, Batanghari ini dihadiri Kasat Sabara Polres, Kasi BB Kejaksaan, Babinsa, Bawasalu dan Panwascam Batanghari.

Kegiatan ini juga melibatkan sekitar 150 orang, terdiri saksi Parpol dan masyarakat umum yang menjadi pemilih. Mereka sangat antusias mengikuti alur proses menunaikan hak pilihnya di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Dalam kesempatan tersebut, mareka diminta melakukan pemilihan. Mulai dari antri melakukan pendaftaran dan mendapatkan 5 (lima) surat suara. Selanjutnya, menuju bilik suara untuk menyalurkan hak pilihnya untuk pemilihan.

Adapun surat suara yang diteima diantaranya surat suara untuk anggota legislatif DPRD Kabupaten Batanghari, DPRD Provinsi Jambi, DPR RI, DPD RI dan Pemilihan Presiden/Wakil Presiden. Begitu juga dengan pemilih disabilitas yang didampingi

Usai menyalurkan hak pilihnya di bilik suara, mareka diarahkan memasukkan surat suara tersebut di kotak suara yang sudah ditentukan. Serta keluar dari area pemungutan suara dan mengikuti prosesi penghitungan suara Pemilu 2024.

Anggota Komisioner KPU Batanghari, M Nuh, mengatakan simulasi pemungutan dan penghitungan suara ini dilakukan sebagai panduan bagi pemilih agar bisa mendapatkan informasi yang utuh terkait alur proses menunaikan hak pilih di TPS.

“ Dari hasil simulasi ini kalau saya beri nilai sudah 92 persen. Karena ada beberapa catatan yang harus dievaluasi, seperti memperioritaskan pemilih disabiltas. Begitu juga dengan setiap kejadian yang ada di TPS harus di catat agar mempermudah," ungkapnya. (hmi/akd)