Bupati Fadhil Serahkan Sertifikat dan Beasiswa Tangguh Bajubang

Rabu, 21 Februari 2024 - 21:17:50


/

Radarjambi.co.id-BATANGHARI- Bupati Batanghari Muhammad Fadhil Arief menyerahkan Program Pendaftaran Sertifikat Tanah Lengkap (PTSL) dan Program Beasiswa Batanghari Tangguh di Gedung Manggris Pertamina, Kelurahan Bajubang, Kecamatan Bajubang, Batanghari Rabu (21/2).

Camat Bajubang Dahlan Suntana dalam laporanya menjelaskan bahwa masyarakat khususnya masyarakat Kelurahan Bajubang yang masuk PTSL tercatat ada sebanyak 128 sertifikat dan 22 sertifikat wakaf. Sedangan, untuk beasiswa ada 252 bagi anak kurang mampu berprestasi.

" Atas nama Pemerintah Kecamatan dan masyarakat yang masuk PTSL mengucapkan terima kasih, Kami juga mendoakan Bapak sekeluarga sehat selalu. Sayo juga berharap untuk Kecamatan Bajubang Program PTSL terus berkelanjutan karena masih banyak masyarakat menunggu," pintanya

Bupati dalam sambutanya menyebutkan, pada Tahun 2023 ini, tentunya atas kerja besama dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN ) seluruh Camat Kepala Desa/ Lurah, telah diterbikan ada sebanyak 9.064 persil sertifikat untuk Kabupaten Batanghari. Dengan Total dari tahun sebelumnya ada hampir 25 000.

" Apakah itu cukup, tentu belum. Karena ternyata masih banyak tanah di Batanghari belum di sertifikatkan. Dan ini tentu menjadi tugas Pemerintah dan BPN untuk bekerja lebih keras lagi. Disini saya berharap untuk BPN menambah personil karena sering kewalahan terhadap usulan," ungkapnya.

Fadhil berpesan, kepada warga agar menyimpan sertifikat dengan baik karena sertifikat adalah bukti kepemilikan hak atas tanah. Tujuannya program PTSL untuk membantu masyarakat supaya aspek legalitas kepemilikan jelas , karena selama ini banyak tanah masyarakat tidak memilik surat.

" Tujuan lainya adalah untuk akses permodalan. Apabila diperlukan bagi mareka yang mempunyai usaha dan memerlukan modal bisa menjadi anggunan. Jangan pulak, gadaikan untuk membelikan mobil, karena bisa kena dua kali, yo bayar bank, bayar kredit mobil pulak," ucapnya.

Ayah empat orang anak ini juga mengingat terhadap Lurah dan Kades serta RT untuk mempermudah urusan masyarakat di Kabupaten Batanghari yang hendak membuat sertifikat tanah. Begitu juga, memperhatikan anak - anak yang tidak sekolah diwilayah mareka masing-masing.

" Kami yakin tidak ada yang bisa dibuat Bupati dan Wakil Bupati tanpa kerja bersama Kita. Sekali lagi tolong di fasilitasi warganya yang membuat sertifikat tadi. Kemudian kalau ada anak yang tidak sekolah tolong cepat laporkan ke Kadis PdK, kenali masalahnya kenapa tidak sekolah," ujarnya.

Penyerahan sertifikat dan beasiswa ini turut dihadiri, Kepala Cabang Bank Jambi, Camat, Kapolsek dan Dandramil atau mewakili, Perwakilan PT Pertamina, Lurah Bajubang dan Kades Pompa Air, serta Penerima sertifikat dan Wali Siswa dan siswa penerima beasisa Batanghari tangguh. (hmi/akd)