Kahoot! Teks Hikayat yang Memikat Siswa

Senin, 26 Februari 2024 - 10:13:52


/

Radarjambi.co.id-Hampir setiap waktu sistem teknologi mengalami perkembangan dan pertumbuhan. Tak hanya tumbuhan dan hewan, teknologi kian berkembang di kancah internasional.

Anak kecil hingga dewasa, bahkan orang tua pun mengenal apa itu teknologi. Teknologi sangat berkaitan dengan pendidikan. Pendidikan merupakan sebuah kata yang sangat familiar di kehidupan sehari-hari.

Kewajiban anak untuk bersekolah dan memiliki pendidikan yang tinggi adalah bagian dari kebanggaan orang tua. Dukungan orang tua sangat berarti bagi terlaksananya pendidikan anak. Proses pembelajaran dari masa ke masa pastinya mengalami perubahan.

Banyak media inovasi dan platform pembelajaran yang mudah dicari. Guru maupun siswa dapat memanfaatkan platform yang telah ada. Adanya berbagai inovasi pembelajaran menjadikan strategi agar pembelajaran dapat menyenangkan, aktif, dan tidak membosankan.

Mata pelajaran Bahasa Indonesia identik dengan pembelajaran yang membosankan. Adanya teks yang panjang, harus membaca dengan detail, hingga tidak ada rumus pasti untuk menjawabnya. Contohnya pada materi teks hikayat.

Pengalaman saya ketika PPL I PPG Gelombang 1 Tahun 2023 di bangku SMA kelas X Fase E2, siswa diminta untuk menganalisis struktur teks hikayat dengan tepat dan membutuhkan waktu yang cukup banyak.

Namun, kenyataannya keterbatasan waktu di tengah-tengah pembelajaran. Sebagai calon guru profesional, saya menemukan gagasan pembelajaran untuk mengefisiensikan waktu dan memfasilitasi siswa guna mencapai tujuan pembelajaran tentang analisis struktur teks hikayat dalam satu pertemuan.

Penggunaan Kahoot! sebagai media pembelajaran yang praktis dan efisien. Teknis media Kahoot! antara lain guru membuat daftar pertanyaan dan jawaban serta menampilkan pernyataan tersebut di layar monitor kelas, kemudian siswa dapat memilih benar (true) atau salah (false) melalui gawai siswa.

Setiap nomor memiliki skor 1, selama proses pengerjaan diiringi musik yang timbul dari media tersebut. Siswa dapat mengetahui peringkat dan skor di akhir pengerjaan. Adanya durasi di setiap nomornya menjadikan siswa lebih tertantang dan harus membaca dengan fokus serta teliti.

Seru, menarik dan menyenangkan pada penggunaan media Kahoot! ini. Pembelajaran secara digital sangat memikat siswa, tak hanya efisien waktu, hemat pengeluaran untuk mencetak LKPD juga.

Adanya teknologi yang berkembang pesat memudahkan guru untuk lebih berinovasi, tidak hanya dengan LKPD yang biasa dicetak menggunakan kertas HVS yang monoton.

Namun, dengan hadirnya media Kahoot! ini menguntungkan kedua belah pihak antara guru dan siswa. Fungsi gawai tidak hanya untuk bermain (game), tetapi juga sangat memiliki manfaat untuk pembelajaran.

Penggunaan media Kahoot! ini menghasilkan waktu yang efisien, praktis dan sistematis. Siswa sangat antusias dalam pengerjaan menggunakan media Kahoot! ini.(*)

 

 

 

Penulis : Idha Nur Utami, S.Pd., Mahasiswa Prodi PPG Bahasa Indonesia Gelombang 1 Tahun 2023 Universitas Ahmad Dahlan; Sedang PPL 2 di SMAN 1 Pleret, Bantul, DI Yogyakarta