Wordwall, Media Belajar bagi Generasi Z

Senin, 26 Februari 2024 - 10:24:13


/

Radarjambi.co.id-Dunia pendidikan telah mengalami revolusi seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi. Teknologi tidak hanya menjadi alat bantu, tetapi juga katalisator perubahan dalam cara kita mendekati pembelajaran.

Artikel ini akan menjelajahi dampak positif perkembangan teknologi dalam pendidikan dan bagaimana hal itu membuka pintu baru untuk proses pembelajaran yang lebih efektif dan inklusif.

Teknologi membawa inovasi dalam metode pembelajaran, terutama melalui pembelajaran berbasis game dan simulasi. Aplikasi dan permainan pendidikan membawa elemen interaktif yang membuat pembelajaran lebih menarik dan efektif.

Peserta didik dapat terlibat dalam pengalaman belajar yang mendalam dan praktis melalui simulasi virtual yang memungkinkan mereka menjelajahi konsep-konsep kompleks dalam lingkungan yang aman.

Media pembelajaran interaktif sangat dibutuhkan sebagai solusi dalam permasalahan ini. Sebuah media pembelajaran yang dapat mudah untuk digunakan oleh siapapun, untuk itu saya tertarik untuk menerapkan Wordwall terkait media pembelajaran interaktif yang dapat digunakan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas X.

Salah satu media pembelajaran interaktif yang dapat digunakan yaitu Wordwall, seperti yang diungkapkan (Maghfiroh, 2018) dalam penelitiannya, bahwa media Wordwall mampu menciptakan interaksi yang menguntungkan bagi siswa.

Wordwall adalah media pembelajaran modern yang telah ditemukan efektif dalam meningkatkan kegiatan belajar siswa dan meningkatkan kinerja akademik. Ini adalah alat yang fleksibel dan interaktif yang dapat digunakan sebagai media evaluasi untuk penilaian dan sebagai alat pengajaran untuk berbagai mata pelajaran, termasuk bahasa Indonesia dan keragaman budaya. 

Saya menggunakan media Wordwall pada materi teks hikayat kelas X Fase E1 SMAN 1 Pleret. Konsep belajar sambil bermain di materi yang cukup banyak bacaan membantu peserta didik agar tidak jenuh ataupun bosan selama pelajaran.

Media pembelajaran Wordwall telah terbukti membuat pembelajaran lebih menarik dan mudah bagi siswa, dan dapat diakses baik di dalam maupun di luar kelas.

Namun, penerapan media interaktif Wordwall mungkin menghadapi tantangan seperti fasilitas dan infrastruktur yang tidak memadai, kurangnya penguasaan guru, dan kesadaran siswa akan pentingnya memperhatikan selama pelajaran.

Secara keseluruhan, Wordwall adalah alat berharga yang dapat meningkatkan keterlibatan siswa dan hasil pembelajaran di berbagai pengaturan pendidikan.(*)

 

 

Penulis : Marieza Pratiwi Nuryanti, S.Pd., Mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang I Tahun 2023 Universitas Ahmad Dahlan; Sedang PPL 2 di SMAN 1 Pleret, Bantul, D. I. Yogyakarta