Quizziz Sebagai Sarana Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik

Minggu, 03 Maret 2024 - 22:27:45


/

Radarjambi.co.id-Indonesia sudah mengalami perkembangan teknologi 4.0. Perkembangan teknologi ini dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran salah satunya pembelajaran Bahasa Indonesia pada jenjang sekolah menengah atas.

Teknologi pembelajaran tidak hanya sekedar menjemukan, membosankan, tapi juga dapat menantang dan melibatkan keaktifan peserta didik dalam pembelajarannya.

Hal ini sesuai dengan pelaksanaan kurikulum merdeka yang memerdekakan peserta didik. Kurikulum merdeka tidak hanya memberikan kebebasan kepada setiap siswa untuk belajar sesuai minatbakat dan kemampuannya masing-masing, melainkan juga memberikan kebebasan kepada guru sebagai pendidik untuk memilih motode serta strategi pembelajaran yang sesuai dengan implementasi kurikulum merdeka.

Pada kurikulum merdeka, guru boleh menggunakan metode belajar apa saja selama sejalan dengan kurikulum dan memerdekakan peserta didik pada pembelajarannya.

Dalam pelaksanaan praktik pengenalan lapangan atau biasa disebut dengan PPL1 di SMAN 1 Yogyakarta, saya selaku guru mengimplementasikan pembelajaran yang menyenangkan, memerdekakan peserta didik dan juga memfasilitasi peserta didik dengan memanfaatkan kemajuan teknologi.

Kelas XI MIPA 2 SMAN 1 Yogyakarta memiliki 36 peserta didik yang masing-masing individunya memiliki gaya belajar yang disukai, mayoritas mereka memiliki gaya belajar visual dan auditori yang mana mereka lebih senang pembelajaran mendengarkan dan melihat pembelajaran secara langsung serta dalam bentuk tulisan.

Gaya belajar yangberbeda-beda padasetiap peserta didikmengharuskan guru dapat mamfasilitasi mediapembelajaran, model pembelajarandan strategi pembelajaranyang kreatif dan inovatifdalam pembelajaran.

Salah satu media pembelajaran yang interaktif dalam proses pembelajaran dengan menggunakan media Quizizz. Quizizz merupakan platform kuis berbasis game yang terdapat edukasi, hiburan dan juga kompetisi yang dapat dimanfaatkan gurusebagai media dalam pembelajaran dan juga penilaian pada peserta didik saatproses pembelajaran berlangsung.

Pembelajaran dengan menggunakan media Quizizz memberikan peningkatan semangat peserta didik dalam mengikuti pembelajaran Bahasa Indonesia terkususnya materi teks cerpen yang mana pada pembelajaran teks cerita pendek dikemas sedemikian rupa dan memunculkan hal baru dalam penyajian pembelajaran yang interaktif serta menyenangkan.

Media Quizziz memunculkan media lain yang menunjang adanya pembelajaran yang berdiferensiasi serta menunjang pembelajaran berbasis teknologi bagi peserta didik dan memunculkan daya saing dalam pengerjaan tugas didalam Quizziz yang dikemas dalam bentuk gamifikasi.

Pemanfaatan media pembelajaran Quizizz ini merupakan upaya untuk mengakomodir gaya belajar peserta didik yang bervariasi melalui fitur yang tersedia pada Quizizz. Fitur kuis pada platform Quizizz ini tersedia beragam macam yaitu pilihan ganda, menjodohkan, seretdan lepas, respon matematika, penanda, susun silang, isian  ingkat, drop down, label gambar, grafik matematika, jawaban menggambar, essai, jawaban video, jawaban audio, survey dan juga slide.

Penggunaan media Quizizz diimplementasikan dalam pelaksanaan asesmen sumatif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia yang dilaksanakan menggunakan gameifikasi pembelajaran dengan memunculkan beberapa soal pilihan ganda serta uraian singkat di dalamnya yang menjadikan kegiatan penialaian berjalan dengan santai dan tidak tegang sehingga peserta didik merasa lebih nyaman dan senang dalam pengerjaan asesmen tersebut.

Media Quizziz dirasa tepat penggunaannya dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik dikarenakan terdapat peningkatan nilai dalam pelaksanaan asesmen sumatif yang menggunakan media tersebut.

Pada prosesnya guru sudah menyediakan media pembelajaran yang sesuai dengan ketetapan pembelajaran dalam kurikulum merdeka dan memerdekakan peserta didik sehingga pelaksanaan pembelajaran dan asesmen menggunakan media Quizziz dapat berjalan sebagaimana mestinya.(*)

 

Penulis: Asya Armelia Yahya mahasiswa PPG Prajabatan UAD tahun 2023 Gel 1 Bidang Bahasa Indonesia