Dukung KPU, Pj Wali Kota Jambi Hadiri Pembukaan Rapat Pleno Rekapitulasi Tingkat Kota Jambi

Senin, 04 Maret 2024 - 08:10:17


/
RADARJAMBI.CO.ID - Penjabat (Pj) Wali Kota Jambi Sri Purwaningsih menghadiri Pembukaan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024 Tingkat Kota Jambi, Minggu (3/3/2024).
 
Rapat Peleno yang dilaksanakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Jambi itu berlangsung di Hotel BW Luxury Jambi. Selain KPU, turut hadir dalam rapat pleno itu Bawaslu Kota Jambi, unsur Forkopimda Kota Jambi, Kalapas Kota Jambi, Sekda Kota Jambi, perangkat instansi terkait, beserta saksi calon Pilpres dan Pileg.
 
Dalam sambutannya, Pj Wali Kota Jambi Sri Purwaningsih menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang telah turut berkontribusi menyukseskan perhelatan Pemilu tahun 2024 di Kota Jambi.
 
"Ahamdulillah, semua tahapan Pemilu di Kota Jambi berjalan dengan lancar walaupun ada 4 TPS harus melakukan pemungutan suara ulang, tetapi secara umum semua berjalan lancar dan kondusif berkat dukungan kita semua," ujar Sri.
 
Pj Wali Kota Jambi itu juga mengucapkan terimakasih kepada masyarakat yang telah menggunakan hak pilihnya.
 
"Selain kepada penyelenggara Pemilu, TNI, Polri, serta stakeholders terkait lainnya, Saya juga ucapkan terima kasih kepada segenap masyarakat Kota Jambi yang telah berpartisipasi dalam pesta demokrasi ini dengan menggunakan hak suaranya," tambahnya.
 
Secara khusus Pj Wali Kota Jambi itu juga mengingatkan kepada penyelenggara Pemilu.
 
"Seluruh petugas penghitungan suara yang sudah bekerja siang malam bekerja dengan maksimal Saya ucapkan terimakasih atas dedikasinya. Saya juga berpesan karena ini memasuki tahap rekapitulasi, tetap jaga kondusifitas, semua saksi juga tetap mengawasi rekapitulasi ini dengan hati yang dingin hingga nanti selesai prosesnya," harap Sri.
 
Pj Wali Kota Jambi itu juga berpesan agar hal-hal kecil yang terjadi dan yang akan didalami dalam proses tersebut dapat diselesaikan dengan baik dan kondusif.
 
"Bila ada yang belum tepat, mari kita bahas dan selesaikan disini, jangan sampai ramai di media sosial dan merusak kondusifitas pesta demokrasi mendatang, karena kita masih ada agenda pesta demokrasi lagi nanti untuk memilih kepala daerah, jadi perlu kelapangan dada kelapangan berfikir, sehingga tidak sampai muncul hal-hal yang tidak kita harapkan," pesannya.
 
Sementara itu, Ketua KPU Kota Jambi Deni Rahmat, mengatakan pihaknya telah mulai menerima hasil penghitungan ditingkat kecamatan. Namun dari 11 kecamatan di Kota Jambi itu, masih ada 1 kecamatan yang belum rampung.
 
"Alhamdulillah, kemarin sudah kita terima kotak hasil rekapitulasi hasil tingkat kecamatan, PR kita tinggal 1 kecamatan lagi yaitu kecamatan Alam Barajo yang saat ini masih proses, kalau dipresentasikan sekitar 78% sudah siap tinggal ada 1 kelurahan lagi yang memang membutuhkan waktu untuk melakukan rekapitulasi, dan Kota Jambi berdasarkan rakon bersama pihak external temen-temen dari partai politik kemarin telah bersepakat untuk kecamatan yang dimaksud untuk pembacaan hasilnya itu dilakukan dihari terakhir setelah seluruh kecamatan lain selesai pembacaan, dan kami KPU Kota pun sudah menjadwalkan dari tanggal 3, 4 dan 5 rekapitulasi di tingkat kota harus sudah selesai untuk seluruh kecamatan," jelasnya.
 
Deni juga menyampaikan apresiasinya kepada Pemerintah Kota Jambi yang telah memfasilitasi proses tahapan Pemilu termasuk penyediaan tenaga medis bagi penyelenggara Pemilu dari tingkat penghitungan di KPPS hingga pleno di KPU Kota Jambi.
 
"Terkait tim medis ini, dalam hal rekapitulasi di tingkat kecamatan memang waktunya agak sedikit lama dan kerja teman-teman ad hock dibawah itu bisa dipastikan melebihi 8 jam dalam melakukan rekapitulasi, jadi kita berdiskusi dengan Pemda Kota Jambi terkait dengan support tim medis yang akan ditempatkan pada saat rekapitulasi di tingkat kecamatan, Alhamdulillah difasilitasi oleh Pemda Kota Jambi, dan untuk rekapitulasi di tingkat Kota ini juga Pemerintah Kota Jambi juga memberikan dukungan tim medisnya selama proses rekapitulasi," tambahnya.
 
Deni menargetkan, proses pleno Pemilu di Kota Jambi berlangsung sesuai rencana, dan saat ini telah mencapai 82%.
 
"Penghitungan dan rekapitulasi termasuk dalam tahapan ke 9, sementara nanti ada tahapan penetapan dan pengucapan sumpah dan janji, jadi diibaratkan kalau kita berjalan, ini sudah sekitar 82% kita sudah hampir ke finish," pungkasnya.
 
Sebagaimana diketahui, Pemilu 14 Februari lalu di Kota Jambi telah berlangsung dengan kondusif, aman dan lancar di 11 Kecamatan, 68 Kelurahan.
 
Hasil penghitungan suara yang telah dimulai dari tingkat KPPS telah diserahkan kepada KPU Kota Jambi untuk selanjutnya akan dilakukan rekapitulasi penghitungan suara di tingkat KPU Kota Jambi.
 
Dalam proses Pemilu ini, Pemerintah Kota Jambi juga membuat Posko Pemantauan Pemilu sesuai Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 300.2/239/SJ Tahun 2024 yang menginstruksikan Pemerintah Daerah membentuk Posko Pemantauan Pemilu.(*)