Pemkot Jambi Gelar Musrenbang RKPD Tahun 2025 Dengan Enam Prioritas Pembangunan

Kamis, 14 Maret 2024 - 21:44:48


/
RADARJAMBI.CO.ID - PJ Wali Kota Jambi Sri Purwaningsih membuka Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Jambi 2025. Di Swisbel Hotel Jambi, Kamis (14/3).
 
Pj Wali Kota Jambi Sri Purwaningsih mengatakan enam prioritas  pembangunan itu meliputi  peningkatan kualitas infrastruktur perkotaan berkelanjutan, peningkatan kualitas SDM, peningkatan pemberdayaan masyarakat, peningkatan produktivitas, pengembangan pariwisata dan investasi daerah, good  governance, ketentraman dan ketertiban umum.
 
Sri menyebutkan jika prioritas pembangunan pada infrastruktur mengacu pada beberapa isu diantaranya banjir yang masih sering terjadi di daerah tersebut, kemacetan, sanitasi dan pemukiman penduduk. 
 
"Masalah banjir, sanitasi dan permukiman menjadi masalah perkotaan pada umumnya. Dengan banyaknya penduduk semakin tumbuhnya permukiman maka itu juga yang menjadi fokus Pemkot Jambi bagaimana salah mengatasi banjir salah satunya," kata Sri.
 
Untuk itu, pada 2024 Pemkot Jambi sudah menyiapkan satu kolam retensi. Selain itu, Kementerian PUPR juga sudah melakukan normalisasi Sungai Asam di daerah tersebut.
 
"Semoga di 2025 ada penambahan kolam retensi lainnya untuk mengatasi banjir," kata Sri.
 
Untuk pengembangan infrastruktur lainnya seperti jalan, kata dia, Pemkot Jambi hanya bisa melakukan peningkatan  kualitas jalan yang menjadi wewenangnya.
 
Sri menjelaskan prioritas pembangunan kedua mengenai SDM, melalui pemerataan cakupan layanan pendidikan dan kesehatan, peningkatan  kualitas pemuda dan olahraga, stunting,  dan perlindungan perempuan anak.
 
Pada prioritas ketiga mengenai pemberdayaan masyarakat hal ini berkaitan dengan pengentasan  kemiskinan dan kemiskinan ekstrem  serta pengangguran. 
 
Prioritas pembangunan  keempat pengembangan pariwisata dan investasi, pemerintah menjadikan Kota Jambi sebagai pintu  masuk ke Provinsi Jambi. Meski tidak memiliki pariwisata seperti daerah lain, tapi dia optimistis  Kota Jambi dapat mengembangkan pariwisata melalui sektor akomodasi  dan konsumsi bagi para wisatawan.
 
"Mewujudkan Kota Jambi yang lebih menarik, biarlah wisatawan kunjungan Kabupaten  lain tapi menginap  dan wisata kulinernya di Kota Jambi, itu yang perlu kita persiapkan," kata dia.
 
Sementara itu, Kepala Bappeda Kota Jambi Suhendri mengatakan prioritas pembangunan  di Kota Jambi ini berdasarkan perhitungan kemungkinan tantangan yang dihadapi ke depan. Meski begitu terdapat beberapa persoalan yang sudah dialami saat ini seperti banjir maupun soal kemacetan.
 
Dari isu pembangunan itu, diharapkan OPD terkait menyusun strategi dan kebijakan, siapkan program sehingga permasalahan pembangunan bisa diselesaikan dan tidak memberikan dampak merugikan dimasyarakat.
 
"Masalah yang kristal misal soal kemiskinan ekstrem, konvergensi  stunting, pengangguran, inflasi yang menjadi tugas pemda untuk bergerak menuntaskannya," kata dia.
 
Ia mengatakan dengan isu pembangunan itu, diharapkan OPD menyusun strategi kebijakan atas persoalan secara kolaborasi  dengan instansi vertikal maupun kelompok pengusaha.(ria/akd)