Akselarasi Pertumbuhan Ekonomi Inklusif, Bappeda Sarolangun Sukseskan Musrenbang RKPD 2025

Rabu, 20 Maret 2024 - 21:37:20


Musrenbang RKPD tahun 2025
Musrenbang RKPD tahun 2025 /

RADARJAMBI.CO.ID,SAROLANGUN - Pemkab Sarolangun melalui Bappeda Sarolangun yang dimotori oleh Bidang Pendanaan sukses melaksanakan Musrenbang RKPD tahun 2025.

Kegiatan tersebut dibuka oleh PJ Bupati, Dr. Ir. Bachril Bakri, M.App, Sc didampingi PJ Sekda, Ir Dedy Hendry, M.Si yang digelar pada Rabu (20/03), pagi di ruang pola Pemkab Sarolangun.

Musrenbang RKPD yang dilaksanakan ini, berbarengan menyelaraskan dengan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) nasional dan Pemprov Jambi, yakni akselarasi pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.

Plt Bappeda Sarolangun, Azrian dalam pemaparannya menyampaikan, jika pelaksanaan Musrenbang RKPD amanah dari Undang-Undang Nomor 25 tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional dan Permendagri Nomor 86 tahun 2018 tentang tata cara perencanaan pengendalaian dan evaluasi rancangan pembangunan daerah tentang RPJPD dan RPJMD.

"Pelaksanaan Musrenbang RKPD merupakan forum antar pemangku kepentingan guna membahas RKPD dan merupakan wahana antar pihak-pihak yang langsung atau tidak langsung mendapatkan manfaat atau dampak dari program kegiatan pembangunan daerah sebagai perwujudan dari pendekatan partisipatif perencanaan pembangunan daerah."jelasnya.

Menurut Azrian, pembahasan dan hasil kesepakatan Musrenbang RKPD akan digunakan sebagai bahan penyempurnaan langkah-langkah RKPD yang selanjutnya ditetapkan menjadi RKPD.

"Rangkaian kegiatan perencanaan ini telah dilaksanakan sejak awal tahun 2024 dengan agenda, Musrenbang desa dan kelurahan telah dilaksanakan sejak 8 Januari hingga 18 Januari 2024, Musrenbang kecamatan dilaksanakan sejak 22 Januari hingga 7 Februari 2024,"ucapnya.

Selain itu, tahapan proses perencanaan yang dilaksanakan di tingkat desa/kelurahan dan Kecamatan menghasilkan usulan sebanyak 1.243 usulan. Kemudian FKP rencana pembangunan daerah dilaksanakan 16 Februari 2024 menerima masukan dan saran dari stake holder, seterusnya forum gabungan perangkat daerah yang dilaksanakan pada 20 Februari hingga 7 Maret 2024 dan sinkronisasi dengan mekanisme desk dan verifikasi antara kecamatan dan SKPD terkait.

"Hasil Musrenbang kecamatan dengan usulan program dan kegiatan prioritas dituangkan dalam Renja SKPD yang telah disepekati sebanyak 701 usulan yang akan ditampung pada Renja SKPD, sedangkan usulan pokok pikiran DPRD Sarolangun berjumlah 1.028,"tambahnya.

Terpisah, PJ Bupati Sarolangun, Bachril Bakri mengatakan, jika Musrenbang RKPD Ini merupakan akhir dari proses perencanaan untuk pengusulan dan penyusuan RKPD 2025 dan menghasilkan kesepakatan RKPD tahun 2025.

"Tahapan proses penyusunan rencana pembangunan daerah yang sudah dilakukan dari tingkat desa/Kelurahan dan Kecamatan serta Musrenbang RKPD 2025 akan menjadi pedoman penyusunan APBD 2025 dimulai dari KUA PPAS.

"Tidak ada satu rupiah pun anggaran yang ada dalam APBD tanpa ada dalam perencanaan, APBD harus berdasarkan kedalam RKPD,"katanya.

Diakatkan PJ Bupati, isu strategis dan kegiatan prioritas akan diselaraskan dengan program nasional dan Provinsi, seterusnya akan dipilah yang mana menjadi program provinsi dan nasional.

"Kita yakini, dalam pelaksanaan Musrenbang RKPD sudah mengikuti tahapan dengan pedoman yang ada,"ucapnya.

Lebih penting lagi, kata PJ Bupati, dalam penyusunan RKPD tetap mengikuti kebijkan nasional dan provinsi, salah satunya menyelaraskan RKP nasional dengan tema akselarasi pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.

"Selain untuk pencapaian akselarasi pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan, kita juga memperhatikan program kegiatan sosial dan infrastruktur, sebab hampir 50 persen kondisi jalan di Kabupaten Sarolangun perlu dibangun atau belum mantap,"paparnya.

Dalam kegiatan Musrenbang RKPD juga dilaksanakan zoom meeting dengan Direktur Sinkronisasi Urusan Pemerintahan daerah II Ditjen Bina Pembangunan Daerah, yakni Ir Suprayidno MA. Dalam kesempatan tersebut memberikan harapan dan peluang untuk Pemkab Sarolangun mendapatkan program kegaiatan dari pusat pada tahun 2024 dan 2025.

Di penghujung acara dilaksanakan penandatangan berita acara kesepakatan, diwakili oleh Kepala SKPD, yakni H Arsyad, Kadis Damkar Trianto, Sekretaris Dewan Efrianto, tokoh masyarakat H Rahman.

Prosesi acara dipandu oleh moderator ketua Komisi I DPRD Sarolangun, Drs H Pahrul Rozi MSi, disela itu dilaksanakan acara tanya jawab.

Hadir diacara tersebut, Wakil II DPRD Syahrial Gunawan, Sekretaris Bappeda Jambi, Forkompimda, Staf Ahli Pemkab Batanghari, para Asisten dan staf ahli, kepala SKPD, Camat, para tokoh masyarakat, Sekretaris Bappeda Hj Maria Susanti, Kabid Pendanaan Muhammad Ikhsan GOW dan para tamu dan undangan.


PENULIS: CHARLES RANGKUTI
EDITOR: ANSORY S