Bandara Sultan Thaha Jambi Membuka Rute Penerbangan Jambi - Batam

Rabu, 27 Maret 2024 - 13:19:36


/
RADARJAMBI.CO.ID - Bandara Sultan Thaha Jambi membuka rute penerbangan Jambi menuju Batam dan sebaliknya  guna mengakomodir kebutuhan transportasi masyarakat. Selain itu juga untuk mengantisipasi lonjakan penumpang saat musim lebaran tahun ini.
 
Rute ini mulai dilakukan penerbangan perdana oleh maskapai Super Air Jet kemarin, Rabu (27/3/2024) sore.
 
Executive General Manager Bandara Sultan Thaha Jambi Siswanto, mengatakan  di penerbangan perdana ini tingkat keterisian penumpang cukup tinggi yaitu dibatas 70 persen.
 
"Dari 180 kursi yang disediakan 130 terisi dalam penerbangan perdana ini," ujarnya.
 
Lebih lanjut Siswanto mengatakan rute Jambi - Batam ini dahulu pernah ada namun berhenti beroperasi saat pandemi Covid 19 lalu.
 
"Sekarang rute ini kembali hadir tentu akan memberikan manfaat besar bagi Jambi," ujarnya.
 
Lebih lanjut ia mengatakan dengan dibukanya rute penerbangan ini akan menambah  jumlah penumpang pesawat.
 
"Jadi ini salah satunya menjawab kebutuhan masyarakat yang menginginkan konektivitas dengan baik," katanya.
 
Siswanto menegaskan rute Jambi - Batam meningkatkan perekonomian Provinsi Jambi melalui sektor pariwisata, perhotelan, restoran hingga UMKM.
 
Ke depan diharapkan dengan terbukanya rute-rute baru ini dapat menjadikan Jambi sebagai destinasi wisata sehingga menggerakkan perekonomian.
 
Sebelum membuka rute Jambi - Batam ini, pihak Bandara Jambi melakukan survei kepada penumpang selama enam bulan. Hasilnya permintaan untuk dibukanya rute Jambi - Batam diharapkan masyarakat dapat terealisasi.
 
Manager Lion Group Jambi, Mardanus mengatakan Super Air Jet yang merupakan bagian dari Lion Grub akan akan melakukan penerbangan Jambi - Batam setiap hari.
 
"Mulai 27 Maret 2024 Super Air Jet akan terbang setiap hari tujuan Batam dari Jambi," ujarnya.
 
Adapun jadwal penerbangannya adalah Jambi-Batam 06.00-06.55 WIB dan Batam-Jambi 17.20-18.15 WIB.
 
Sedangkan untuk harga tiket ke Batam masih normal dan wajar, dengan harga terendah Rp 700 ribuan dan tertinggi Ro 950 ribuan.
 
Lebih lebih lanjut Mardanus mengatakan pihaknya berkomitmen penuh dalam menyediakan tranportasi udara bagi masyakat Jambi. 
 
Di mana sejak 28 Januari 2024 pihaknya telah menambah frekuensi jumlah penerbangan ke Jambi. Melalui tiga brand maskapai miliknya yaitu Batik Air, Lion Air dan Super Air Jet.
 
"Sejak Januari lalu penerbangan Super Air Jet tujuan Jambi - Jakarta menjadi 4 kali dalam sehari," ujarnya.
 
"Secara total  grub kami melayani 9 kali penerbangan dalam satu hari, Diaman ada Lion Air 3 kali sehari dan Batik Air 2 kali sehari,"pungkasnya.(ria/akd).