Wakonsul Amerika Apresiasi Kinerja DPRD Saat Kunjungan bertemu Ketua DPRD Provinsi Jambi

Kamis, 28 Maret 2024 - 12:39:46


Pertemuan Ketua DPRD Provinsi Jambi bersama Wakonsul Amerika, Suraj Mungara, Kamis (28/3)
Pertemuan Ketua DPRD Provinsi Jambi bersama Wakonsul Amerika, Suraj Mungara, Kamis (28/3) /

RADARJAMBI.CO.ID-Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto menerima kunjungan Wakil Konsulat Bagian Ekonomi dan Politik untuk Konsulat Amerika di Sumatera, Suraj Mungara di ruang kerja Ketua DPRD Provinsi Jambi, Kamis (28/3).

Pada pertemuan ini, Edi menjelaskan terkait dengan tugas dan fungsi DPRD sebagai legislatif. Edi memaparkan berbagai produk-produk berupa peraturan daerah yang dibuat oleh DPRD Provinsi Jambi selama ini. Adapun pembentukan Perda ini sebagai bagian dari tujuan untuk menyejahterakan masyarakat Provinsi Jambi.

“Ada tiga fungsi DPRD yaitu sebagai fungsi legislasi, anggaran dan pengawasan. Kita DPRD Provinsi Jambi ini juga banyak membuat produk-produk Perda Inisiatif DPRD seperti Perda Pancasila dan Wawasan Kebangsaan, Disabilitas dan lain sebagainya,” kata Edi.

Dijelaskannya, pembentukan Perda Pancasila dan Wawasan sebagai upaya diinisiasi DPRD karena dapat menjadi jawaban terhadap permasalahan gempuran berbagai Ideologi Transnasional yang ingin menggantikan ideologi Pancasila dan mengancam keutuhan kesatuan bangsa.

“Terkait dengan Perda Disabilitas, di sini banyak yang kita atur tentang perlakuan kita terhadap teman-teman disabilitas, pelayanan publik harus punya kesepahaman yang sama terkait dengan hak-hak disabilitas, pelayanan yang ramah disabilitas termasuk kesempatan untuk teman-teman disabilitas bekerja,” ungkapnya.

“Selain itu, juga kita berikan tupoksi anggaran untuk bantuan-bantuan kepada penyandang disabilitas seperti pengadaan kursi roda, pengadaan kaki palsu untuk teman-teman disabilitas yang membutuhkan,” tambahnya.

Selain itu, Edi juga menyampaikan terkait dengan pelaksanaan mandatory spanding di bidang pendidikan yang menjadi amanat dalam undang-undang.

“Lifeskill dari anak-anak ini kita dorong, sehingga mereka tidak hanya memiliki kemampuan teori, tetapi juga ada keahlian. Sehingga Pasca sekolah bisa berkompetisi dengan anak-anak dari tempat lain, karena tantangan saat ini tidak hanya bersaing secara lokal, bahkan sudah internasional,” kata Edi.

Kemudian mandatory spanding di bidang kesehatan juga menjadi prioritas dalam penganggaran yang dilakukan oleh DPRD Provinsi Jambi. Perhatian terhadap jaminan kesehatan bagi masyarakat miskin tidak mampu diberikan jaminan berupa bantuan dimana masyarakat bisa berobat secara gratis.

“Setiap tahun kami anggarkan untuk bantuan kesehatan bagi masyarakat yang tidak mampu, yang tidak punya biaya untuk berobat kita buat program dan anggaran dimana masyarakat bisa berobat secara gratis,” jelas Edi.

Selain itu, Edi juga menyampaikan berbagai potensi yang dimiliki Provinsi Jambi mulai dari Perkebunan, Pertambangan hingga Destinasi Wisata.

Terkait penyampaian-penyampaian yang disampaikan Edi Purwanto, Wakil Konsulat Amerika, Suraj Mungara mengapresiasi atas produk-produk Perda yang dibuat oleh DPRD Provinsi Jambi, termasuk atas perhatiannya kepada penyandang disabilitas.

Ia menganggap DPRD telah melakukan terobosan-terobosan untuk kesejahteraan masyarakat. Suraj Mungara juga menyampaikan ucapan terima kasih atas penerimaan kunjungannya di DPRD Provinsi Jambi.

“Kami mengapresiasi atas apa yang telah dipaparkan Ketua DPRD Provinsi Jambi dan banyak terobosan-terobosan yang dilakukan dengan tugas dan fungsi sebagai legislatif. Kami juga mengucapkan terima kasih atas waktu yang diberikan kepada kami,” kata Suraj.(*)


Editor: Endang