Enam Armada Damkar Kota Jambi Padamkan kebakaran di JBC

Senin, 15 April 2024 - 11:08:08


/
RADARJAMBI.CO.ID - Sebanyak enam armada damkar milik Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkartan) Kota Jambi diturunkan guna memadamkan api yang menyebabkan kebakaran mess pekerja Jambi Bisnis Center (JBC) Kecamatan Telanaipura, Minggu malam (14/4) pukul 20.00 WIB.
 
"Dalam operasi pemadaman itu Damkartan menurunkan lima armada Mako dan satu armada Posyankar," kata Kepala Dinas Damkartan Kota Jambi Mustari di Jambi.
 
Berdasarkan laporan yang diterima personel Damkar Kota Jambi api diduga berasal dari konsleting listrik yang kemudian menyambar tabung gas mengakibatkan ledakan dan meluasnya api.
 
"Kami mendapatkan laporan ada insiden kebakaran pada pukul 20.00 WIB dan tim Damkartan Kota Jambi langsung merespon dalam waktu singkat tiba dilokasi enam menit sejak laporan diterima," kata dia.
 
Dalam pemadaman api itu, Personel damkar sempat menghadapi beberapa hambatan yaitu kurangnya sarana proteksi kebakaran seperti hidran, ground water tank (GWT) dan alat pemadam api ringan (Apar) di lokasi kebakaran.
 
Pemadaman api ini melibatkan 35 orang personel Damkartan Kota Jambi dan pemadaman berlangsung selama 1 satu 15 menit.
 
Damkartan Kota Jambi membutuhkan 32 ribu liter air untuk memadamkan api di mess pekerja JBC tersebut.
 
Hingga saat ini, kata dia, belum ada laporan mengenai cedera petugas dan warga yang berada di lokasi kejadian. Kerugian materi akibat kejadian kebakaran ini diperkirakan mencapai Rp100 juta.
 
Diketahui mess pekerja ini kosong tidak berpenghuni karena seluruh pekerja bangunan sedang mudik lebaran. Api cepat menghancurkan mess karena terbuat dari bahan triplek sehingga mudah terbakar. 
 
Dari kejadian ini, Mustari mengingatkan warga Kota Jambi untuk cepat melaporkan kejadian kebakaran ke Damkartan. 
 
Dia juga mengingatkan pentingnya pemeriksaan rutin dan pemeliharaan instalasi listrik.(ria/akd)