Bersama Pj Wali Kota, Ribuan Warga Shalat Ied di Lapangan Utama Balaikota

Jumat, 12 April 2024 - 06:59:34


/
RADARJANBI.CO.ID - Gema takbir, tasbih, tahlil dan tahmid berkumandang mengagungkan asma Allah dilangit Tanah Pilih Pusako Batuah Kota Jambi pada Rabu pagi (10/4/2024) yang bertepatan dengan tanggal 1 Syawal 1445 hijriyah.
 
Umat Islam dari berbagai pelosok Kota Jambi menunaikan ibadah shalat Idul Fitri, seperti tampak pada pelaksanaan shalat Ied di lapangan utama Balaikota Jambi.
 
Penjabat (Pj) Wali Kota Jambi Sri Purwaningsih yang hadir bersama keluarga disambut hangat jamaah shalat Ied yang telah hadir sedari pagi menyesaki Balaikota. Tampak pula hadir Sekda A Ridwan beserta isteri, jajaran pejabat utama Pemkot Jambi, Kepala OPD, Camat hingga Lurah se-Kota Jambi.
 
Pelaksanaan shalat Ied yang diimami ustadz Muhammad Rifky Al-hafidz dan bertindak sebagai Khatib ustadz Dr. Masiyan, M.Ag, berlangsung khidmat.
 
Pj Wali Kota Jambi Sri Purwaningsih dalam sambutannya mengajak seluruh masyarakat Kota Jambi untuk senantiasa memaknai esensi ibadah puasa Ramadan yang memberikan dampak positif dalam kehidupan.
 
"Mulai hari ini, kita telah berada di luar Ramadan. Namun demikian, kita harus membuktikan bahwa puasa yang kita jalankan telah meninggalkan dampak yang positif dalam diri kita. Moralitas kita lulus dari ujian beratnya, sehingga bebas dari segala bentuk polusi sosial, politik, ekonomi bahkan dari berbagai bentuk kemaksiatan dan kekufuran," kata Sri.
 
Pj Wali Kota Jambi itu juga mengajak para jamaah shalat Ied untuk senantiasa mengembangkan sikap silaturahim, toleransi, saling memaafkan, dan semangat optimisme.
 
"Mari kita isi pembangunan di Tanah Pilih Pusako Batuah Kota Jambi ini secara bersama-sama, sesuai dengan porsi kita masing-masing. Marilah kita jadikan momentum hari raya ini untuk terus memperkokoh persatuan dan kebersamaan, untuk terus bergerak menghadapi tantangan zaman guna mewujudkan negeri yang baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur," lanjutnya. 
  
Diakhir sambutannya, Sri mewakili Pemerintah Kota Jambi turut pula menyampaikan permohonan maafnya kepada jamaah shalat Ied dan segenap masyarakat Kota Jambi.
 
"Atas nama Pemerintah Kota Jambi, pribadi dan juga keluarga, Saya mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 H, Minal 'Aidin Wal Faizin Taqabbalallahu Minna Wa Minkum, semoga amal ibadah puasa dan ibadah lainnya diterima Allah SWT dan kita dipertemukan kembali dengan ramadhan-Nya yang akan datang, Amiin Ya Robbal Alamiin," tutup Sri.
 
Sementara itu Khatib Dr. Masiyan, M.Ag, dalam khutbahnya mengajak jamaah shalat Ied untuk memanfaatkan momentum hari kemenangan Idul Fitri sebagai media introspeksi untuk terus berbuat kebaikan.
 
Dia juga mengutip hadist Nabi Muhammad SAW yang diriwayat oleh Ibnu ‘Abbas radhiyallahu'anhu, yang menyampaikan nasehat kehidupan yang berisi ; "jagalah 5 perkara sebelum datang 5 perkara".
 
"Rasulullah shallallah ‘alaihi wa sallam pernah menasehati seseorang, untuk menjaga lima hal sebelum lima hal, yaitu (1) masa mudamu sebelum datang masa tuamu, (2) waktu sehatmu sebelum datang masa sakitmu, (3) waktu luangmu sebelum datang waktu sibukmu, (4) kayamu sebelum miskinmu, dan (5) hidupmu sebelum datang matimu," ujarnya.
 
Secara khusus, Khatib Masiyan juga menyoroti pentingnya memanfaatkan masa muda. Menurutnya, masa muda adalah masa-masa dimana usia paling produktif bagi setiap orang. Apalagi dengan fisiknya yang segar bugar tentu akan semakin produktif. 
 
"Oleh karena itu selagi masa muda harus banyak dimanfaatkan untuk kegiatan yang bermanfaat. Perbanyak melakukan kebaikan dan beramal sholih. Karena ketika datang masa tua, segala aktifitas kita akan terbatas dengan fisik kita yang mulai lemah," terangnya.
 
Dalam rangkaian shalat Ied itu, turut pula diumumkan pemenang kendaraan Pawai takbir keliling mobil hias Kota Jambi tahun 1445 Hijriah. Adapun yang menjadi juara 1 yaitu Kecamatan Pasar Jambi, juara 2 Kecamatan Telanaipura, juara 3 Kecamatan Danau Teluk, juara ke 4 Kecamatan Jelutung dan juara ke 5 Kecamatan Paalmerah.(*)