Efektivitas Aplikasi Quiziz dalam Melakukan Asesmen Diagnostik Kognitif

Senin, 06 Mei 2024 - 20:35:48


/

Radarjambi.co.id-Asesmen, kegiatan asesmen merupakan hal yang penting, karena melalui aesmen kita bisa mengetahui hasil dari pembelajaran.

Asesmen pada pembelajaran memiliki banyak tipe, salah satunya yaitu aseesmen diagnostik kognitif.Asesmen diagnostik kognitif bertujuan untuk mengetahui kemampuan dasar yang dimiliki peserta didik pada mata pelajaran tertentu, salah satunya mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Dalam melaksanakan Praktik Pengenalan Lapangan (PPL) ke 2di SMANegeri 8 Yogyakarta, saya selaku guru mengimplementasikan asesmen yang menggunakan teknologi berupa aplikasi Quiziz.

Aplikasiini cukup digandrungi karena penggunaannya yang mudah, tampilan yang menarik bagi pengguna Indonesia telah mengalami perkembangan teknologi 4.0. Perkembanganteknologi saat ini mempunyai banyak manfaat, salah satu manfaat dariperkembangaan teknologi yaitu bisa membantu guru dalam melakukan, serta dapat memanfaatkan kemajuan teknologi.

Kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 8 yogyakarta memilik 36 peserta didik yang masing-masing individualnya memiliki kemampuan yang berbeda-beda, ada yang lebih cepat paham, namun ada juga yang membutuhkan waktu lebih lama untuk memahami topik.

Oleh karena itu, perlu adanya asesmen diagnostik kognitif sebelum melakukan kegiatan belajar mengajar, supaya guru mengetahui kemampuan awal yang dimiliki peserta didik, asesmen diagnostik dilakukan secara spesifik dengan tujuan untuk mengidentifikasi atau mengetahui karakteristik, kondisi kompetensi, kekuatan, kelemahan model belajar peserta didik.

Sehingga pembelajaran dapat dirancang sesuai dengan kompetensi dan keadaan peserta didik yang beragam.Asesmen diagnostik kognitif bisa dilakukan dengan banyak cara, salah satunya memanfaatkan teknologi berupa aplikasi Quiziz, aplikasi ini sangat

bermanfaat bagi guru karena bisa dioperasikan dengan mudah menggunakan jaringan internet. Adanya aplikasi Quiziz membuat peserta didik lebih bersemangat dan antusias dalam melakukan proses asesmen karena soal yang disajikan berbasis game, selain itu, proses asesmen juga akan lebih menyenangkan, menarik, dan interaktif.

Aplikasi Quiziz juga dapat memberikan data dan statistik kinerja peserta didik yang dapat diunduh guru melalui microsoft excel. Tidak hanya itu, peserta didik yang menggunakan aplikasi Quiziz juga langsung dapat melihat hasil pengerjaan yang disajikan dalam bentuk papan peringkat dengan skor dan waktu pengerjan yang juga langsung dipantau oleh guru.

Aplikasi Quziz sangat berperan penting dalam proses aseesmen, diagnostik kognitif, karena dengan adanya aplikasi ini, guru bisa langsung melihat hasil kerja yang dilakukan oleh peserta didik, tanpa harus melakukan pengoreksian soal secara manual.

Penggunaan aplikasi Quiziz diimplementasikan dalam pelaksanaan asesmen diagnostik kognitif dilakukan sebelum memulai pembelajaran Bahasa Indonesia, asesmen ini dilaksanakan menggunakan saol yang dimuat pada aplikasi Quiziz berupa pilihan ganda yang berbasis game.

Kegiatan asesmen diagnostik kognitif berjalan dengan santai, menyenangkan, dan tidak membosankan. Media Quiziz sangat tepat untuk meningkatkan motivasi belajar pada peserta didik, karena peserta didik di kelas mampu melihat skor dan papan peringkat yang ditayangkan melalui LCD.

Aplikasi Quiziz sangat bermanfaat bagi guru dalam melakukan kegiatan asesmen diagnostik kognitif karena mampu memberikan informasi stsatistik tentang kemampuan awal peserta didik secara otomatis.(*)

 

Penulis:Fifinain Mufrida,S.Pd.

Mahasiswa PPG Prajabatan Universitas Ahmad DahlanGel.1 Tahun2023 Bidang Bahasa Indonesia.