Pelestarian Budaya melalui Batik Jumputan

Rabu, 29 Mei 2024 - 11:08:10


/

Radarjambi.co.id-Kelompok mahasiswi Pendidikan Profesi Guru Prajabatan Gelombang I tahun 2023 bidang bahasa Indonesia, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta menggelar karya hasil pelatihan batik jumputan bersama anak-anak TPA Desa Ngentakrejo, Lendah, Kulon Progo.

Kegiatan gelar karya dilaksanakan pada tanggal 23 Mei 2024. Pelatihan ini dilaksanakan pada tanggal 1 Mei 2024 cukup mendapat antusias dari peserta yang berpartisipasi mengikuti pelatihan.

Peserta terdiri dari anak-anak usia 7 sampai 12 tahun. Melalui pelatihan batik jumputan diharapkan dapat menambah wawasan serta keterampilan
dan mengenalkan warisan budaya bagi generasi muda. Dengan begitu, generasi penerus bisa semakin mencintai budaya batik yang merupakan warisan nenek moyang.

Pemilihan dua jenis batik ini menyesuaikan dengan usia para peserta. Untuk siswa yang duduk di bangku SD tingkat atas diberikan pelatihan batik jumputan menggunakan kelereng.

Sedangkan peserta yang masih di bangku SD tingkat bawah dilatih membuat batik celup. Anak-anak tersebut membatik menggunakan media sederhana yaitu kain mori, karet, dan kelereng. Kemudian kain tersebut diwarnai dengan teknik celup.

Salah seorang anak kelas VI, Nazzar mengaku senang dengan kegiatan ini, meski sempat mengalami kesulitan. Dia mendapat batik jumputan, dia harus memastikan karet terikat kuat hingga sudah tidak bisa ditarik lagi.

"Waktu membuat batik, saya kesusahan waktu mengikat kelereng menggunakan karet, harus narik kenceng biar rapat karetnya," ucap Nazzar di lokasi, Kamis (23/5/2024).(*)

 

 

Penulis    : Marieza Pratiwi Nuryanti mahasiswa PPG Prajabatan gelombang 1 tahun 2023 Universitas Ahmad Dahlan.