Sekda A Ridwan Mewakili PJ Wali Kota Jambi Hadir di APEKSI XVII

Rabu, 05 Juni 2024 - 18:13:43


/
RADARJAMBI.CO.ID  - Sekretaris Daerah Kota Jambi Drs. H. A. Ridwan, M.Si mewakili Pj Wali Kota Jambi  menghadiri Rakernas XVII Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) yang diselengarakan di Kota Balikpapan Kalimantan Timur, selasa (4/62024).
Rakenas ini merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan di kota berbeda setiap tahunnya, pada tahun 2024 ini perhelatan Rakenas XVII APEKSI ini di selenggarkan di Kota Balikpapan Kalimantan Timur.
Rangkaian Rakernas APEKSI di awali dengan jamuan makan malam "Welcome Dinner" dan peringatan HUT 24 APEKSI pada senin malam (3/6/2024) di Halaman Balai Kota Balikpapan, dihadiri oleh seluruh Wali Kota anggota APEKSI.
Kegiatan Rakernas APEKSI dilanjutkan dengan pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) XVII Tahun 2024 yang di gelar di Balikpapan Sport and Convention Center, Kota Balikpapan Provinsi Kalimantan Timur, di buka langsung oleh Presiden Republik Indonesi Joko Widodo. Selasa (4/6/2024).
Dalam sambutannya, Jokowi sebagai Kepala Negara RI menegaskan pentingnya persiapan yang matang menuju kota masa depan dalam menghadapi tantangan, di mana pada tahun 2045 mendatang 70 persen penduduk Indonesia diprediksi akan tinggal di perkotaan.
Menurut Presiden, rencana kota yang detail untuk setiap kota di Indonesia penting dilakukan. Hal tersebut agar fenomena seperti di Eropa atau Amerika, di mana kota-kota menjadi mencekam akibat tingginya tingkat pengangguran dan jumlah orang yang menjadi tunawisma, tidak terjadi di Indonesia.
"Kita tidak ingin itu terjadi di negara kita Indonesia," ungkap Presiden. 
Presiden Jokowi mengatakan bahwa pemerintah ingin menjadikan kota-kota di Indonesia sebagai kota masa depan yang nyaman, layak huni, dan dicintai oleh penduduknya. Namun, Presiden mengingatkan bahwa tantangan besar seperti kemacetan sudah mulai dirasakan di beberapa kota besar di Indonesia, seperti Balikpapan, Surabaya, Bandung, dan Medan.
Oleh sebab itu, Presiden turut menekankan pentingnya mempersiapkan transportasi massal di setiap kota di Indonesia. Presiden Jokowi menyebut bahwa saat ini terdapat alternatif pembangunan transportasi massal, salah satunya adalah ART (autonomous rapid transit).
Di sisi lain, Presiden Jokowi juga menekankan bahwa kota masa depan bukanlah sekadar kota modern dengan gedung pencakar langit yang tinggi, melainkan kota yang ramah terhadap pejalan kaki, penyandang disabilitas, pesepeda, dan lingkungan. Selain itu, penghijauan kota turut menjadi salah satu fokus utama untuk menciptakan kota yang sejuk dan nyaman.
Pembukaan Rakernas APEKSI XVII di Balikpapan ini dihadiri juga oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Pj. Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik, Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud, Ketua Dewan Pengurus Apeksi Eri Cahyadi serta Wali Kota seluruh Indonesia.
Dalam kesempatan ini, Sekda Kota Jambi A. Ridwan mengatakan Rakernas APEKSI XVII ini dibuka oleh bapak Presiden RI, dan rangkaian acara dimulai dengan malam Gala Diner dan dilanjutkan dengan bazar, pameran UMKM (Indonesia City Expo). Singkat nya.
Pembukaan Rakernas dilanjutkan dengan pembukaan Indonesia City Expo (ICE) 2024 sebagai ajang pameran dan promosi potensi kota-kota anggota APEKSI, dan sarasehan Istri Walikota yang mana dalam kegiatan ini diwakili oleh Ibu Sekda Kota Jambi Sri Hartati Ridwan.
Selanjutnya Sekda Kota Jambi bersama seluruh Wali Kota se Indonesia mengikuti rangkaian kegiatan Rakernas APEKSI dengan olahraga bersama yang dirangkai dengan Penanaman Pohon pada hari ini rabu (5/6/2024), dimana para Wali Kota seluruh Indonesia menanam pohon khas dari kota masing-masing.
Rakernas APEKSI XVII tahun 2024 kali ini mengusung tema "Kota Sejahtera, Indonesia Maju" yang berlangsung dari tanggal 1 Juni s.d 6 Juni 2024 yang dilaksanakan di Kota Balikpapan Kalimantan Timur.
Berikut rangkaian Rakernas APEKSI XVII 2024 di Kota Balikpapan Provinsi Kalimantan Timur :
- Hari pertama : Youth City Changers hari-1
- Hari kedua : Youth City Changers hari-2
- Hari ketiga : KMF Kelompok Kerja Perubahan Iklim Apeksi, Gala Diner & Peringatan HUT 24 APEKSI
- Hari leempat : Pembukaan Rakernas (oleh Presiden RI), Indonesia City Expo 2024, Sarasehan Istri Wali Kota Jambi, Cooking Class & Jetski Sport, Ice Business Forum, City Tour.
- Hari kelima : Senam bersama & Penanaman Pohon, Rakernas hari ke 2, Kunjungan IKN, Indonesia City Expo 2024 dan Karnaval Nusantara
- Hari keenam : Penutupan
Dikesempatan APEKSI XVII ini, mendampingi Sekda Kota Jambi, TPP PKK Kota Jambi yang juga akan turut mengikuti berbagai rangkain acara Cooking Class, Jetski Sport dan SARASEHAN Istri Walikota.

Turut hadir mendampingi Presiden dalam acara APEKSI XVII, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto,  Ketua Dewan Pengurus Apeksi Eri Cahyadi.(*)