Inisiatif Forum Indonesia muda dan Konsulat AS

Minggu, 09 Juni 2024 - 17:44:20


/

Radarjambi.co.id-JAMBI- Sebuah momen istimewa diselenggarakan di Ruang Pola Kantor Gubernur Provinsi Jambi, dimana Forum Indonesia Muda Regional Jambi dan Konsulat Amerika Serikat mengadakan International Talkshow dengan tema "Empowering Your Future Through English and Overseas Adventures".

Acara ini merupakan kolaborasi pertama antara kedua organisasi tersebut.

Dihadiri oleh Bernard C. Uadan, Konsul Jenderal Amerika Serikat untuk Regional Sumatra, acara ini menyoroti pentingnya penguasaan bahasa Inggris sebagai kunci akses ke peluang yang lebih luas di Amerika Serikat, mulai dari beasiswa hingga kesempatan karir.

"These days, the US government opens more opportunities for Indonesian people to get scholarships and exchange programs to the United States of America. US Consul in Medan encourages more young people from Jambi to participate in those opportunities," kata Uadan.

Deni Febrian, CEO Blantica Academy dan Ketua Mata Garuda LPDP Provinsi Jambi, bertindak sebagai moderator acara ini. Sambutan pembuka disampaikan oleh Asisten I Gubernur Jambi, Bapak Arif Munandar, yang mewakili Gubernur Provinsi Jambi, DR. H. Al Haris, S.Sos., M.H.

"Kepada seluruh peserta, terutama anak-anak muda Jambi, silakan manfaatkan peluang ini. Harapannya, banyak pemuda-pemudi Jambi yang bisa mendapatkan beasiswa di Amerika dan berkarir di sana," ujar Munandar.

Sebelum acara utama, Meitia Ekatina, alumni program YSEALI for Professional Fellow, berbagi pengalamannya dalam talkshow santai.

Dia menjelaskan bagaimana berbagai program internasional, termasuk beasiswa di Universitas New South Wales, Australia, dan pertukaran pelajar di Korea Selatan dan India, membuka horison baru bagi dirinya. Meitia, yang memoderatori oleh Cemara Gita dari Blantica Academy, menekankan bahwa "tidak ada yang tidak mungkin selama kita berusaha."

Acara ini menarik perhatian dari berbagai kalangan, mulai dari profesional hingga pelajar dan masyarakat umum yang tertarik dengan pengembangan diri dan peluang internasional.

"Talkshow ini dirancang untuk memberikan wawasan dan inspirasi tentang pentingnya kemampuan berbahasa Inggris dan pengalaman luar negeri dalam membangun masa depan yang lebih baik," ujar Ahmadi Tresno, ketua panitia.

“Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para pembicara, peserta, sponsor, dan media partner yang telah mendukung dan berpartisipasi dalam acara ini. Keberhasilan talkshow ini tidak akan tercapai tanpa kontribusi dan antusiasme dari semua pihak yang terlibat,” ungkap Ahmadi.

Terkahir, Ahmadi mengapresisasi dukungan dari berbagai pihak yang terlibat. “Acara ini terselenggara berkat dukungan dari Blantica Academy, Risol Mayo "IFA", dan Batik Ariny Jambi. Kami juga ingin mengucapkan terima kasih kepada para media partner yang telah berperan penting dalam menyukseskan acara ini,” pungkas Ahmadi.(*)