Pengelolaan Sampah Organik dan Anorganik Menuju Lingkungan yang Berkelanjutan

Selasa, 02 Juli 2024 - 22:12:10


/

Inovasi Sedekah Sampah: KKN UAD Sosialisasikan Transformasi 

RADARJAMBI.CO.ID-Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Alternatif 91 Program Kerja Tematik III.C.2 Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta bersama dengan ibu-ibu warga Kelurahan Pakuncen RT 35 RW 07 Wirobrajan memanfaatkan sampah rumah tangga, baik sampah organic maupun anorganik yang akan diolah menjadi sesuatu bermanfaat.Melalui sosialisasi yang diselenggarakan di Masjid Al-Mukarromah, Sabtu, 22 Juni 2024.

Kegiatan dari program kerja ini diupayakan untuk meningkatkan rasa kesadaran warga terkait pentingnya pengolahan sampah yang ramah lingkungan serta berkelanjutan.

Permasalahan sampah rumah tangga yang kini sering kali menjadi isu diberbagai wilayah, salah satunya di Pakuncen RT 35 RW 07 Wirobrajan. Hal ini dikarenakan kurangnya edukasi dan sarana prasarana pengolahan sampah yang memadai sehingga dapat menimbulkan dampak negatif baik untuk kesehatan maupun lingkungan. 

Dengan permasalahan sampah yang ada, mahasiswa KKN Alternatif UAD III.C.2 tergerak untuk membantu dalam edukasi dan pendampingan pengelolaan sampah menjadi pupuk organik cair (POC).

POC yaitu kompos atau pupuk organic yang terbuat dari sampah-sampah organik seperti sisa buah-buahan, sisa nasi, sayuran, dll yang akan difermentasi.

POC ini memiliki manfaat bagi pertumbuhan tanaman dan kesuburan tanah. 

Irkham Fatkhurrohman selaku ketua unit sekaligus penanggung jawab mengatakan, 

“Penyuluhan yang kita adakan ini bertujuan untuk mengedukasi para warga terkait pemanfaatan sampah rumah tangga menjadi pupuk organic cair atau POC. Kami mengajak ibu-ibu warga Pakuncen RT 35 RW 07 disini untuk praktik membuat POC dengan bahan sampah sisa dapur atau sampah rumah tangga.”jelasnya. 

Selain edukasi terkait POC, mahasiswa KKN Alternatif UAD III.C.2 bersama dengan DPL Ibu Avanti Vera Risti Pramudyani, S.Pd., M.Pd, mulai menggerakkan program sedekah sampah seperti botol bekas air mineral, plastic, dan lain-lain yang dimana dengan adanya program ini, diharapkan ibu-ibu Pakuncen RT 35 RW 07 dapat mengumpulkan sampah an-organik yang akan di daur ulang menjadi barang yang bermanfaat dan bernilai jual. 

Kemudian dari hasil penjualan sampah an-organik tersebut dapat disedekahan untuk memakmurkan masjid. 

Ibu Avanti Vera Risti Pramudyani, S.Pd, M.Pd selaku Dewan Pembimbing Lapangan (DPL) KKN Alternatif UAD III.C.2 mengatakan Sedekah sampah ini bertujuan untuk mengurangi limbah sampah, khususnya sampah rumah tangga, apalagi dengan frekuensi produksi sampah yang selalu meningkat.

Oleh karena itu solusi alternatif yang dapat kita lakukan ialah mengtransformasi sampah tersebut menjadi sesuatu yang bermanfaat dan juga bernilai jual, ataupun disetorkan ke bank sampah, dimana hasilnya juga dapat di sodaqohkan ke masjid ini.

Kegiatan pada program ini disambut dengan antusias para warga khususnya para ibu rumah tangga di Pakuncen RT 35 RW 07 Wirobrajan yang hadir dalam sesi penyuluhan edukasi dan tertarik untuk langsung praktik pembuatan POC. 

Dengan adanya kegiatan ini juga diharapkan dapat menjadi sebuah solusi untuk mengurangi limbah atau sampah rumah tangga di Pakuncen RT 35 RW 07 Wirobrajan serta sebagai jalan alternatif dalam memanfaatkan sampah anorganik menjadi hal yang bernilai , dimana hasilnya dapat disedekahkan.(*)