Ketua DPRD Sarolangun Dorong PMI Miliki Bank Darah

Rabu, 17 Juli 2024 - 12:37:59


Pengurus PMI Sarolangun
Pengurus PMI Sarolangun /

RADARJAMBI.CO.ID,SAROLANGUN - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sarolangun terus membuka peluang dan kesempatan kepada masyarakat untuk aktif mendonorkan darah.

Sepertinya, kebutuhan darah di Kabupaten Sarolangun cukup krusial, terkadang tiba-tiba mendadak dibutuhkan oleh masyarakat karena sakit.

Ketua DPRD Sarolangun, Tontawi Jauhari mendorong PMI Sarolangun, agar kedepannya memiliki Bank Darah, sehingga PMI produktif dalam mengelola akan persedian darah di Bumi Sepucuk Adat Serumpun Pseko Kabupaten Sarolangun.  

Hal ini dikatakan Tontawi Jauhari  disela acara pembukaan Musyawarah Kabupaten (Muskab) Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sarolangun pada Selasa (16/07) siang di aula Bappeda Sarolangun.

Menurutnya, persedian darah di PMI sangat penting, pasalnya PMI identik dengan donor darah. Ini berbeda dengan kegiatan kemanusiaan lainnya, seperti bencana, karena sifatnya hanya pelengkap saja.

"Salah satu Tupoksi PMI, yakni donor darah. Alhamdulillah PMI Sarolangun sudah memilki desa PMI di Desa Batu Putih, Kecamatan Pelawan,"sebutnya.

Dipaparkan Tontawi Jauhari, jika membentuk dan merealisasi Bank Darah oleh PMI bukanlah hal yang mudah, namun membutuhkan proses dan rancangan yang matang. Lebih penting lagi, membutuhkan anggaran dana sekitar Rp 2 Miliar lebih.

"Kita metargetkan PMI Sarolangun untuk kedepannya bisa memiliki Bank Darah sendiri, tujuannya untuk ketersediaan darah bisa terjaga oleh PMI dan kebutuhan darah bisa tercukupi di Kabupaten Sarolangun,"tegasnya.


PENULIS: CHARLES RANGKUTI
EDITOR: ANSORY S