Pj Bachril Bakri Dorong PPL Berinovasi dalam Pengembangan Potensi Pertanian

Selasa, 30 Juli 2024 - 20:25:58


Pj Bupati Sarolangun
Pj Bupati Sarolangun /

RADARJAMBI.CO.ID,SAROLANGUN-Penjabat (Pj) Bupati Sarolangun, Bachril Bakri mendorong Penyuluh Pertanian Lapanagan (PPL) untuk tetap kreatif, inovatif dan enerjik dalam pengembangan potensi pertanian yang ada di 158 desa/kelurahan yang tersebar di 11 Kecamatan, Kabupaten Sarolangun.

Hal ini dikatakan Pj Bachril Bakri didampingi Kadis TPHP, Dul Muin ketika diwawancarai sejumlah awak media sesuai acara temu tekhnis penyuluh pertanian inovatif berintegritas berbasis informasi teknologi yang digelar oleh Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan (TPHP) Sarolangun, pada Selasa (30/07) di ruang aula Bappeda Sarolangun.    

Dikatakan Pj Bupati Sarolangun, bahwa dalam kesempatan ini, sekaligus memberikan penghargaan kepada penyuluh terbaik dalam berbagai bidang.

Ia menilai, kegiatan ini juga sebagai ajang media komunikasi dan diskusi, mungkin sekiranya ada kendala dan permasalahan yang dihadapi penyuluh dalam mengembangkan pertanian di Negeri Sepucuk Adat Serumpun Pseko, Kabupaten Sarolangun.

"Dengan optimalisasinya peran dari penyuluh pertanian, sehingga para petani dapat dikembangkan kemampuan dan kemandiriannya,"sebutnya.

PJ Bachril Bakri menegaskan, bahwa pertanian adalah salah satu unggulan di Kabupaten Sarolangun, secara langsung penyuluh punya peran yang penting untuk bisa menggali potensi sumber daya pertanian yang ada di Sarolangun, tujuannya untuk pertumbuhan ekonomi Sarolangun.

"Kita punya luas lahan pertanian berkelanjutan 5.003 hektar, berdasarkan data BPS tahun 2003 PDRB pertanian 29 persen diatas pertambangan yang hanya 25 persen, ini satu hal yang harus kita kelola dengan baik untuk bisa memajukan Sarolangun,"terangnya.

Pj Bachril Bakri berharap PPL bisa mendorong perkembangan pertanian berkelanjutan. Lebih penting lagi, bahwa penyuluh berperan sebagai agen dalam mengendali inflasi di daerah.

"Kami minta PPL menanam cabe di polibek, yakni sebanyak 10 polibek cabe per individu PPL, ini akan dijadikan salah satu contoh kepada masyaraat dalam mengendali inflasi,"tandasnya.

Berdasarkan pantauan, hadir Plh Sekda Dedy Hendry, Staf Ahli Bupati H Muhammad, hadir juga 148 orang PPL yang bertugas di 149 desa, 9 kelurahan pada 11 Kecamatan dalam Kabupaten Sarolangun.  


PENULIS: CHARLES RANGKUTI
EDITOR: ANSORY S