Peningkatan Kompetensi Pustakawan Sekolah Melalui Buku Panduan Berbasis TI

Jumat, 16 Agustus 2024 - 14:07:18


/

Radarjambi.co.id-Mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) melaksanakan uji coba penggunaan produk buku panduan pengelolaan perpustakaan sekolah di MAN 2 Kota Malang, Selasa (19/03/2024).

Rilis yang diterima Radarjambi.co.id pelaksanaan uji coba produk ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan buku panduan pengelolaan perpustakaan sekolah berbasis teknologi informasi yang dikemas dalam bentuk Flipbook. Proses uji coba ini melibatkan pengelola perpustakaan sekolah.

Pengelola perpustakaan yang terlibat dalam kegiatan uji coba ini antara lain Bapak Budi Widodo, S.Pd selaku kepala perpustakaan MAN 2 Kota Malang.

Pengelola perpustakaan tampak antusias membaca buku panduan yang disusun oleh peneliti.

Buku Panduan yang dihasilkan memuat infomasi penting dalam proses pengelolaan perpustakaan menggunakan teknologi informasi yang dikemas dalam 6 Bab meliputi 1) Bab 1 pendahuluan; 2) Bab 2 Manajemen perpustakaan sekolah; 3) Bab 3 Pengelolaan layanan taknis perpustakaan sekolah berbasis teknologi; 4) Bab 4 Pengelolaan layanan pemustaka perpustakaan sekolah berbasis teknologi informasi; 5) Bab 5 manajemen akreditasi perpustakaan sekolah; dan 6) Bab 6 Penutup.

Pelaksanaan uji coba ini berlangsung begitu gayeng dengan Kepala Perpustakaan MAN 2 Kota Malang yang diselingi dengan masukan-masukan terkait buku panduan yang telah disusun.

Terdapat beberapa masukan yang diberikan oleh Bapak Budi Widodo, S.Pd., salah satunya terkait dengan isi buku panduan yang harus diselaraskan dengan proses akreditasi pada perpustakaan sekolah.

Kepala perpustakaan MAN 2 Kota malang, Budi Widodo, S.Pd mengatakan, produk ini merupakan inovasi baru untuk perpustakaan sekolah. Diharapkan dapat memberikan pemahaman akan pentingnya mengelola perpustakaan sekolah menurut Standar Nasional Perpustakaan (SNP).

“Buku panduan ini akan sangat membantu jika dikaitkan dengan hal-hal yang berhubungan dengan proses akreditasi perpustakaan sekolah,” kata Bapak Budi Widodo.

Kegiatan uji coba produk berjalan dengan lancar dan ditutup dengan sesi dokumentasi oleh mahasiswa UM dan Kepala Perpustakaan MAN 2 Kota Malang.

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk komitmen Prodi Sarjana Terapan Perpustakaan Digital dalam meningkatkan kompetensi pustakawan dalam mengelola perpustakaan sekolah.

Hal ini selaras dengan Sustainable Development Goals (SDGs) pada poin ke-4 dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan akses informasi yang merata, meliputi:

1. Kegiatan penggunaan buku panduan ini dapat menigkatkan kompetensi pengelola perpustakaan dalam mengelola perpustakaan secara tenkis maupun teoritis.

2. Implementasi pengetahuan dan keterampilan tentang tata kerja pengelolaan perpustakaan terhadap perpustakaan sekolah.(*)