Wujud Nyata Kerja Gubernur Al Haris, Jalan Batang Asai Sarolangun Begitu Mulus

Rabu, 18 September 2024 - 21:34:20


Gubernur Jambi Al Haris saat tinjau jalan
Gubernur Jambi Al Haris saat tinjau jalan /

RADARJAMBI.CO.ID- Warga Kecamatan di Batang Asai Kabupaten Sarolangun Jambi kini bisa bernapas lega. Jalan berlumpur dan rusak yang dulu dilewati oleh warga kini disulap menjadi mulus beralaskan aspal.

Gubernur Jambi Al Haris mengatakan bahwa perbaikan jalan penghubung di daerah pelosok itu kini sudah selesai pengerjaannya. Jalan yang diperbaiki dengan metode rigid beton dan pengaspalan tersebut kini sudah bisa dilalui warga tanpa penuh hambatan lagi.

"Sekarang jalan ini sudah selesai dikerjakan, buat masyarakat di Batang Asai sudah tak was-was lagi melewati jalan ini karena rusak atau berlumpur," kata Al Haris, Rabu (17/9/2024).

Jalan sepanjang 61 KM ini diperbaiki dengan cara jamak selama 3 tahun. Perbaikan jalan melalui dana APBD Jambi senilai Rp 244 miliar tersebut dikerjakan secara hati-hati agar hasil jalan yang diperbaiki itu bertahan lama dan maksimal.

Al Haris juga menyebutkan meski jalan ini sudah diperbaiki dan bisa dilalui warga, akan tetapi warga juga diminta berhati-hati dalam berkendara. Saat ini, Al Haris juga merasa senang dapat menindaklanjuti keinginan warga di berbagai pelosok dalam perbaikan jalan agar bisa mulus.

"Pembangunan jalan ini murni kewajiban saya selaku Gubernur, pemimpin Jambi dan hak-hak masyarakat pula untuk menikmati jalan ini” ujar Al Haris.

Meski baru menjabat 3,8 tahun menjadi Gubernur Jambi, akan tetapi Al Haris mampu memberikan bukti nyata dengan program kerjanya yang dirasakan langsung oleh masyarakat.

Selain jalan penghubung banyak desa di Kecamatan Batang Asai Kabupaten Sarolangun Jambi. Al Haris juga sudah memperbaiki berbagai jalan penghubung lainnya dengan anggaran besar demi kesetaraan pembangunan di berbagai pelosok Jambi.

"Alhamdulilah selama ini selain jalan ini ada pula beberapa jalan lainnya yang juga kita perbaiki, dan harapan saya semua jalan yang memang menjadi kewajiban Pemerintah Provinsi dalam perbaikannya maka akan kita perbaiki sebagai bentuk kesetaraan infrastruktur," terang Al Haris. 

Usai diperbaiki jalan penghubung di kawasan pelosok Kabupaten Sarolangun ini, warga kemudian mengadakan syukuran. Proses syukuran yang digelar warga Kecamatan Batang Asai ini sebagai bentuk rasa bahagia mereka disana karena selama berpuluh-puluh tahun sebelum masa kepemimpinan Al Haris jalan tersebut tak kunjung diperbaiki.

"Kami disini warga di Kecamatan Batang Asai Kabupaten Sarolangun sangat berbangga dan tentunya begitu bahagia, dan kami juga tak lupa mengucapkan rasa terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Jambi khususnya Al Haris - Abdullah Sani sebagai gubernur dan wakil gubernur yang peduli mendengar aspirasi kami untuk membangun akses jalan yang baik dan mulus selama puluhan tahun tak diperbaiki," kata tokoh masyarakat Batang Asai, Muslimin.

Muslimin juga mengaku, dengan diperbaiki jalan penghubung ini tentunya juga bisa memperpendek jarak tempuh dari daerah pelosok menuju Kota di Kabupaten Sarolangun. Biasanya warga yang melintasi jalan itu bisa berjam-jam berkendara karena kondisi jalan rusak kini sangat cepat dilalui.

"Jujur saja, biasanya kami kalau dari desa mau ke kota di Kabupaten Sarolangun itu bisa memakan waktu lima atau enam jam perjalanan. Kini setelah jalan diperbaiki jarak itu sudah begitu dekat karena jalan mulus yang puluhan tahun diimpikan bisa terwujud juga," ucap Muslimin

Setelah akses jalan dari Kota Sarolangun menuju Batang Asai sudah mulus, kekhawatiran warga setiap mengantar warga sakit ataupun ibu hamil ke Rumah Sakit tidak sulit lagi karena kondisi jalan sudah begitu mulus.

Kini, sejak jalan ini diresmikan dan bisa digunakan masyarakat di Kecamatan Batang Asai kedepan masyarakat juga akan termotivasi dalam mengembangkan potensi desa-desa mereka dengan objek wisata yang dipunya.

Di Kecamatan Batang Asai ini, sangat banyak desa nya dan disetiap desa ada potensi wisata alamnya, apalagi wisata disini juga indah-indah jadi bisa dikembangkan lagi karena akses jalan kesini tidak sulit lagi," ujar warga lainnya Arbain Putra.(*)


Editor: Endang