Harumkan Nama Jambi, Kafilah Kota Jambi Wakili Provinsi Pada FASI Tingkat Nasional

Rabu, 23 Oktober 2024 - 21:21:04


/
RADARJAMBI.CO.ID - Jambi, Membanggakan! Kalimat ini pantas disandangkan kepada putra-putri Kota Jambi yang akan mengikuti Festival Anak Shaleh (FASI) tingkat Nasional ke-XII yang diselenggarakan di Kota Bekasi Provinsi Jawa Barat pada 23 hingga 28 Oktober 2024 ini.
 
Anak-anak Shaleh dari Kota Jambi itu terpilih mewakili Kafilah Provinsi Jambi ke ajang yang lebih tinggi yakni FASI tingkat Nasional setelah sebelumnya Kota Jambi keluar sebagai Juara Umum FASI tingkat Provinsi Jambi tahun lalu.
 
Pelepasan Anak Shaleh Kota Jambi yang mewakili Provinsi Jambi pada helat FASI tingkat Nasional itu, dilakukan oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kota Jambi Fahmi mewakili Penjabat (Pj) Wali Kota Jambi, Sri Purwaningsih, Rabu pagi (23/10/2024).
 
Pelepasan yang berlangsung di Grha Siginjai Kantor Wali Kota Jamb itu turut dihadiri Staf Ahli Wali Kota Jambi Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Obliyani, Staf Ahli Wali Kota Bidang Kemasyarakatan dan SDM  Moncar Widaryanto, Kepala Kantor Kementerian Agama kota Jambi diwakili Kasi Bimas Islam Muhammad Sayuti, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Jambi Kamal Firdaus, Ketua Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Kota Jambi M Thoyib, para Kafilah FASI beserta Pendamping dan Official. 
 
Dalam sambutannya, Asisten Pemerintahan dan Kesra Fahmi menyampaikan apresiasinya kepada segenap Kafilah beserta pendamping yang akan berlaga pada perhelatan FASI tingkat Nasional tersebut.
 
“Kami Pemerintah Kota Jambi, menyampaikan apresiasi dan rasa bangga kepada Anak-anak Shaleh Kota Jambi yang telah terpilih menjadi wakil Provinsi Jambi yang akan mengikuti FASI Ke-XII Tingkat Nasional tahun 2024 di Bekasi Jawa Barat,” ujar Fahmi.
 
“Kami juga sampaikan terimakasih pula kepada Official, Pelatih, Pendamping, serta semua pihak yang turut berkontribusi mendukung kegiatan ini, termasuk Kabag Kesra beserta jajarannya, dan yang terkhusus adalah kepada para Orangtua yang terus mendampingi dan memberikan semangat kepada anak-anak kita. Tanpa dukungan dan kerjasama dari semua pihak, tentu kita tidak dapat mencapai apa yang telah kita raih saat ini,” lanjutnya.
 
Fahmi menambahkan, event FASI tingkat Nasional itu tidak hanya menjadi ajang kompetisi, tetapi juga sebagai wahana untuk menunjukkan potensi diri.
 
“Kafilah FASI kita adalah cerminan dari semangat juang dan dedikasi yang tinggi. Anak-anak kita ini bukan hanya mewakili diri mereka sendiri, tetapi juga mewakili seluruh anak-anak dan masyarakat Kota Jambi, termasuk dalam hal ini Provinsi Jambi. Mari kita ingat, bahwa setiap langkah yang mereka ambil adalah langkah untuk mengukir prestasi. Dan setiap usaha yang mereka lakukan adalah bentuk pengabdian kepada daerah kita tercinta,” tambahnya.
 
Fahmi juga menekankan, agar para Kafilah tetap fokus dan memberikan yang terbaik, sehingga dapat dijadikan pengalaman sebagai langkah awal menggapai cita-cita yang lebih tinggi. 
 
"Nikmati setiap momen, berikan yang terbaik untuk Jambi. Jadikanlah setiap tantangan sebagai kesempatan untuk belajar dan tumbuh, tetap berjuang, serta tunjukkan bahwa kalian adalah wajah dari Kota Jambi dan Provinsi Jambi yang penuh dengan berbagai prestasi," ucap Fahmi. 
 
Lebih lanjut, Fahmi mengingatkan bahwa dalam sebuah kompetisi kemenangan bukanlah satu-satunya tujuan, yang terpenting adalah semangat kebersamaan dan pengalaman yang diperoleh. 
 
"Kepada Kafilah dan seluruh Pendamping serta Official saya juga minta untuk selalu mejaga anak-anak kita. Mulai dari keberangkatan, saat mengikuti lomba, hingga pulang kembali ke Jambi. Sekali lagi, mari kita dukung para Kafilah FASI kita ini dengan doa dan harapan terbaik. Semoga diberikan kemudahan, kekuatan, keselamatan dan keberhasilan," pesan Fahmi. 
 
Diakhir sambutannya, Fahmi sempat memberikan motivasi kepada Kafilah FASI tersebut. Dia mengatakan setiap usaha yang dilakukan merupakan investasi untuk meraih kesuksesan.
 
“Percayalah, di balik setiap perjuangan, ada keberhasilan yang menanti. Setiap usaha keras yang kalian lakukan, akan ada prestasi yang menunggu. Ingatlah bahwa, keberhasilan bukan milik orang yang pintar, keberhasilan adalah milik mereka yang berusaha dan mengasah diri, dan sukses itu hanya bagi orang yang mempunyai semangat tinggi,” pungkasnya.
 
Sebelumnya, dalam laporan pelaksanaan Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat, Kamal Firdaus menyebut, pada FASI Tahun 2024 ini, kota Jambi memberangkatkan 35 orang Kafilah. 
 
"Terdiri dari Peserta 22 orang, Pendamping 8 orang dan Official 5 orang," sebutnya. 
 
Dilaksanakan dari 23 sampai 28 Oktober mendatang, Kamal menyampaikan, para Kafilah kota Jambi akan mengikuti delapan cabang perlombaan pada FASI Tahun 2024 tersebut.
 
"Lomba-lomba tersebut yakni, Ceramah Agama, Syahril, Menggambar, Kaligrafi, Hafalan Juz ‘Amma, Peragaan Sholat, Adzan dan Iqomah, serta Cerdas Cermat," jelasnya.
 
"Berangkat hari ini melalui darat para Kafilah ini akan dipimpin oleh M Thoyib sebagai ketua rombongan yang juga merupakan Ketua BKPRMI Kota Jambi," pungkasnya. 
 
Pelepasan Kafilah FASI itu ditutup dengan penyerahan bantuan biaya perjalanan dari Pemerintah Kota Jambi kepada para Kafilah dan Pendamping yang dilakukan oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra, didampingi Staf Ahli Wali Kota Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan, Staf Ahli Wali Kota Bidang Kemasyarakatan dan SDM, serta Ketua BKPRMI Kota Jambi M Thoyib.(*ria/akd)