SMAN 10 Terapkan Lingkungan Sekolah Sehat

Selasa, 13 November 2018 - 20:43:07 | dibaca: 63 kali


SMAN 10 Kota Jambi
SMAN 10 Kota Jambi /

radarjambi.co.id - KOTA JAMBI - Dalam menunjukkan eksistensinya dalam pengetahuan perkebunan di lingkungan sekolah, SMA Negeri 10 Kota Jambi mengembangkan green house di lingkungan sekolah dengan pembudidayaan tanaman hidroponik atau tanaman media tanam tidak mengunakan tanah.


"Jadi media tanam hidroponik mengunakan pupa yang sudah dibentuk sebagai wadah tanam dan diisi air dan bahan lain," kata Wakil Kepala Bidang Sarana Prasarana SMA Negeri 10, Evi Ramna Farni.

Nantinya tanaman yang akan ditanam sayuran yang bisa mengunakan media tersebut, seperti tanaman sayur kangkung, selada air, dan tamanan lainnya.

Menurutnya, tujuan kegiatan ini untuk pengembangan dari kegiatan siswa dalam bidang pendidikam kewirausahaan budidaya. Karena selama ini belum tersentuh secara maksimal di lingkungan sekolahnya.

"Jadi saat ini kita siapkan green house yang bentar lagi rampung pengerjaannya," imbuhnya.

Selain itu saat ini juga sekolah sedang melakukan media penyemaian pembibitan, yang nantinya ketika media tanam di green house selesai langsung dipindahkan. "Sehingga pertumbuhan tanaman baik," jelasnya.

Sekolah akan menyiapkan program tersebut sebaik mungkin, sehingg para tenaga guru yang nantinya akan mendampingi siswa diberikan pemahaman dan pelatihan khusus di luar sekolah.

Selanjutnya dengan kegiatan tersebut dirinya berharap dapat memberikan pengetahuan dan keterampilan bagi siswa, siswa mampu melakukan secara mandiri melakukan tanam menggunakan media hidroponik, dan dapat dikembangkan di rumah.

"Terlebih sebagai modal setelah tamat sekolah, bisa menjadi penghasilan atau kerja sampingan sambil kuliah," pungkasnya.

 

 

Reporter : Hilman

Editor     : Ansori