Jangan Biarkan Liburan Anda Rusak Karena 5 Hal Ini

Minggu, 18 November 2018 - 11:56:23 | dibaca: 66 kali


/

RADARJAMBI.CO.ID,-Sadarkah Anda bila saat sedang liburan, selalu ada hal yang membuat kurang nyaman. Meskipun beberapa tidak terlalu parah, namun hal-hal itu bisa mengurangi keseruan dari liburan. Oleh karena itu, supaya liburan terasa semakin berkualitas, ini 5 hal yang harus diwaspadai.

1. Salah menyusun itinerary

Itinerary memang sangat berguna agar Anda memiliki jadwal yang terstruktur. Supaya Anda tahu harus berkunjung ke mana saja, tanpa perlu bingung dalam menentukan tujuan selanjutnya. Namun, bila tidak disusun dengan tepat, itinerary justru jadi bumerang bagi para traveler. Itinerary yang terlalu padat justru berpotensi jadi perusak pengalaman traveling. Sebab, keadaan di dunia nyata tidak diprediksi dengan sempurna. Bisa saja terjadi hal-hal yang membuat jadwal Anda kacau berantakan. Oleh karena itu, supaya bisa berlibur dengan lebih nyaman, mulai dari penyusunan itinerary terlebih dahulu.

2. Over Budget

Budgeting sebelum keberangkatan sangatlah penting. Selain itinerary, budgeting adalah hal yang harus dipersiapkan jauh sebelum keberangkatan. Namun, meskipun sudah diatur sedemikian rupa, masih ada kemungkinan untuk over budget saat sudah berada di destinasi tujuan. Hal ini tidak lepas dari sifat impulsif yang dimiliki oleh semua orang. Entah itu karena tiba-tiba ingin jajan di kafe terkenal, ada produk makeup yang diskon besar, ataupun muncul produk streetwear edisi terbaru. Bila tidak bisa disiplin, maka Anda bisa over budget yang terlampau jauh.

3. Kehilangan barang di destinasi tujuan

Di mana pun Anda, kehilangan barang pribadi adalah pengalaman yang sangat tidak mengenakkan. Namun, perasaan ini semakin parah bila terjadi saat sedang traveling. Terlebih lagi apabila barang tersebut punya nilai mendalam bagi diri Anda. Oleh karena itu, Anda sebaiknya mengambil langkah-langkah pencegahan yang diperlukan. Salah satunya, dengan menggunakan tas atau dompet anti maling.

4. Penerbangan yang semrawut

Bagi Anda yang akan traveling ke tempat jauh, pasti akan menggunakan moda transportasi udara. Sebab, bila tidak, maka sebagian besar waktu akan Anda habiskan di jalan saja. Namun, bila salah memilih maskapai, Anda justru akan mengalami beberapa kesulitan. Misalnya, jadwal yang terlambat, kabin pesawat yang kurang nyaman, atau limit bagasi yang terbatas. Oleh karena itu, pastikan Anda menggunakan maskapai yang memiliki track record baik. Misalnya, Eva Air yang sudah dianugerahi lima bintang oleh aliansi maskapai dunia yaitu SkyTeam.

5. Terkena kasus hukum

Ini adalah satu hal yang paling tidak boleh terjadi, baik saat traveling ataupun tidak. Namun, kalau sampai hal ini terjadi, maka ucapkan selamat tinggal pada liburan impian Anda. Sebab, bila Anda traveling ke luar negeri, ada kemungkinan untuk dikembalikan ke Indonesia. Selain itu, Anda juga bisa mendapat sanksi masuk ke dalam daftar hitam, bila pelanggaran yang Anda lakukan tergolong berat.

Namun dua hal itu masih tergolong ringan dibandingkan konsekuensi ketiga, yaitu Anda diadili di negara tersebut. Kecuali di Norwegia, tidak ada negara dengan penjara yang nyaman di dunia ini. Oleh karena itu, selalu berhati-hati dalam bertindak, tidak mudah percaya dengan orang lain, dan tidak membawa benda-benda terlarang adalah tiga hal wajib yang tidak boleh Anda abaikan.

Itu dia lima perusak momen seru saat sedang traveling. Jadi, mulai lah coba untuk lebih teliti bahkan sebelum traveling.