Wisata Kuliner Terus Digalakkan

Kamis, 21 Februari 2019 - 21:02:44


Pemkot Akan Menghidupkan Kawasan Pasar Kota Jambi Jadi Wisata Kuliner
Pemkot Akan Menghidupkan Kawasan Pasar Kota Jambi Jadi Wisata Kuliner /

Radarjambi.co.id - KOTA JAMBI - Kawasan kuliner kota Jambi akan dibuat lebih baik lagi. Salah satunya di kawasan Pasar Kota Jambi, Pemkot akan membuat pusat kuliner 24 jam.

Sehingga pasar selalu ramai dan tidak sepi, di malam hari. Kawasan tersebut rencananya akan dipusatkan di depan Tropi dan depan Hotel Duta. Namanya akan dibuat menjadi kawasan Nusantara.

Hal tersebut disampaikan oleh Walikota Jambi Syarif Fasha.

“Saya sudah membuat desain kawasan pasar. Saat ini saya lihat pasar itu sudah sepi kalau jam 16.00. Saya berencana menghidupkan 24 jam,” ujarnya.

Dikatakannya, akan ada dua lokasi pusat kuliner malam di sana. Satu di samping Saimen dan depan Tropi.

Satu lagi depan Hotel Duta yang saat ini menjadi lahan parkir. Nantinya, lahan tersebut akan dibangun canopy sehingga masyarakat bisa berjalan, tanpa harus kehujanan atau kepanasan. “Saat ini kita sedang penjajakan,” ucapnya.

Fasha akan membebaskan pemilik toko untuk menghias tokonya sesuai dengan daerah asal mereka.

“Misalnya jika pemilik toko dari Sumatera Barat, maka saya perbolehkan mereka membuat ornamen Padang di sana. Begitu juga jika pemiliknya orang Jawa, akan ada ornamen Jawa di sana. Pun jika pemiliknya orang Tionghoa, akan ada ornamen Tionghoa di sana,” ujarnya.

Hanya saja menurutnya, Kawasan Nusantara tersebut kemungkinan akan baru bisa terwujud pada 2020 mendatang. Sebab, dirinya terlebih dahulu harus membangun gedung parkir di pasar.

“Harus bangun gedung parkir dulu di eks Istana Anak Anak. Jika itu sudah terwujud, baru kita bangun pasar malamnya. Dan itu kemungkinan 2020 baru terwujud,” ujarnya.

Untuk membangun gedung parkir yang rencananya akan dibangun enam lantai tersebut, saat ini Pemkot Jambi sedang melakukan penjajakan dengan pihak ketiga. Sebab untuk membangun gedung tersebut, dibutuhkan anggaran sebesar Rp 50 miliar.

“Tahun ini juga penjajakan untuk pembangunan gedung parkir 6 lantai. Butuh dana Rp 50 miliar dan akan ada nanti pihak yang mengelolanya,” ucapnya.

 

 

Reporter : Hilman

Editor     : Ansori