Pemkab Batanghari Rencanakan Pemanfaatan Eks MTQ

Rabu, 13 Maret 2019 - 20:36:54


Eks Arena MTQ
Eks Arena MTQ /

Radarjambi.co.id - MUARABULIAN - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batanghari, tengah merancang pemanfaatan bekas lokasi expo pada Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat provinsi di Kabupaten Batanghari.

“Saat ini kita tengah mengupayakan pemindahan asset dari dinas perumahan dan pemukiman ke dinas koperasi, UMKM, perindustrian dan perdagangan,” kata Sekretaris Daerah Batanghar, Bakhtiar. 

Dikatakanya, dipindahnya asset lokasi tersebut ke dinas Koperindag guna dapat dimanfaatkan sebagai pusat jajanan serba ada. Melihat lokasi tersebut saat ini cukup strategis, karena jalan di depan lokasi bekas expo tersebut kini banyak dilalui masyarakat baik dari dalam dan luar daerah itu
Terpisah, Kepala Dinas Koperindag Batanghari, Syafi’I, mengatakan karena pada tahun 2019 ini sedang dilakukan proses pemindahan asset, maka lokasi tersebut baru dapat dimanfaatkan pada tahun 2020 mendatang.

“Pemanfaatan lokasi tersebut membutuhkan anggaran, sementara saat ini sedang dilakukan pemindahan asset dan anggaran pembenahan lokasi tersebut juga belum teranggarkan,” ungkapnya. 

Ia sendiri menyebutkan, pihaknya berencana akan membenahi lokasi tersebut dengan mendirikan lapak untuk pedagang berjualan.

Selain itu, Dinas Koperindag juga berencana membangun mushola dan taman bermain bagi anak, sehingga akan menambah kenyamanan bagi pengunjung dan pengendara yang memanfaatkan lokasi tersebut untuk beristirahat. 

Menurut Syafi’i pemanfaatakan lokasi tersebut menjadi puja sera membutuhkan waktu. Karena pedagang-pedagang jajanan tersebut tidak akan mau berjualan jika fasilitasnya belum dibuat.

Sehingga dinas Koperindag daerah itu memperkirakan pada tahun 2020 mendatang lokasi tersebut baru dapat dimanfaatkan.

“Jika berkaca pada expo MTQ tahun lalau, lokasi tersebut akan dapat menampung sekitar 30 orang pedagang,” kata Syafi’I menambahkan.

 

 

Reporter : Didi

Editor     : Ansori