Logistik Pemilu Didistribusikan

Minggu, 14 April 2019 - 21:02:57 | dibaca: 69 kali


Bupati Merangin H Al Haris didampingi Kapolres dan Kasdim melepas pendisitribusian logistik Pemilu 2019 untuk kecamatan-kecamatan jauh dari ibu kita Kabupaten Mernagin
Bupati Merangin H Al Haris didampingi Kapolres dan Kasdim melepas pendisitribusian logistik Pemilu 2019 untuk kecamatan-kecamatan jauh dari ibu kita Kabupaten Mernagin /

Radarjambi.co.id - JAMBI - Tiga hari jelang pemungutan suara Pemilu tahun 2019, KPU Kerinci terus mematangkan persiapan. Beberapa hari ini KPU Kerinci mulai melakukan Distribusi Kotak dan surat suara ke tingkat PPK dalam Kabupaten Kerinci dengan pengawalan pihak kepolisian.

Ketua KPU Kerinci, Kumaini membenarkan secara keseluruhan persiapan dalam pelaksanaan hari H pemungutan suara sudah siap.

"Kita sudah serahkan logistik Pemilu ke sejumlah PPK di Kerinci, hari ini ke Kecamatan Keliling Danau,"ungkapnya.

Dikatakannya, logistik pemilu yang diserahkan ke tingkat kecamatan berupa surat suara, kotak suara dan sejumlah logistik lainnya yang dibutuhkan untuk pemilu nantinya.

"Harapan kita pemilu tahun 2019 ini bisa berlangsung, aman damai serta tertib,"sebutnya.

Sama juga dilakukan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sarolangun. Pihaknya juga mulai mendistribusikan logistik untuk Pemilu Serentak 2019 ke wilayah yang jangkauan jauh dari ibu kota Kabupaten Sarolangun alias pelosok, Minggu (14/4).

Pendistribusian logistik Pemilu di hari pertama tersebut dilepas secara simbolis oleh Wakil Bupati, H Hillalatil Badri yang di dampingi Kapolres Sarolangun AKBP Dadan Wira Laksana SIK, perwakilan dari Kodim 0420/Sarko, Ketua KPU M Fakhri dan Ketua Bawaslu Edi Martono. 

Ketua KPU Sarolangun, M Fakhri mengatakan, distribusian logistik Pemilu dihari pertama ini dijadwalkan ada 3 Kecamatan, yakni Kecamatan Batang Asai, Limun dan Mandiangin. Logistik tersebut akan langsung di distribusikan hingga ke tingkat desa.

"Untuk hari kedua pada Senin (15/4/) dilanjutkan distribusi logistik untuk 3 Kecamatan lainnya yaitu, Pauh, Air Hitam dan CNG. Sedangkan hari Selasa (16/4) untuk 4 Kecamatan yaitu, Pelawan, Singkut, Sarolangun dan Bathin VIII," katanya. 

Sementara itu, Wakil Bupati Sarolangun H Hillalatil Badri dalam sambutannya mengatakan, distribusi logistik merupakan faktor pendukung yang sangat penting dalam Pemilu dan pelaksanaan Pemilu menjadi tanggung jawab bersama. Oleh karena itu, semua pihak terkait harus mendukung kelancaran proses Pemilu hingga selesainya.

"Terima kasih pada semua pihak. Mari kita dukung pelaksanaan tahapan Pemilu agar berjalan dengan baik," ucapnya.

H Hillalatil Badri juga mengajak semua pihak untuk ikut mensukseskan Pemilu serentak 2019 ini agar bisa berjalan lancar, aman, damai dan sukses. Sementara Kapolres Sarolangun AKBP Dadan Wira Laksana dalam sambutannya mengajak semua masyarakat untuk taat azas dan menghimbau agar selalu menjaga situasi Kamtibmas.

"Mari kita jaga Kamtibmas pada Pemilu 2019 sehingga menjadi aman dan damai,"pungkasnya. 

Wakil Bupati Tanjung Jabung Barat H Amir Sakib juga melepas pendistribusian logistik pemilu 2019, Minggu (14/4) di Halaman Kantor KPU Tanjabbarat. Logistik disalurkan ke enam Kecamatan yaitu Tungkal Ulu, Batang Asam, Tebing Tinggi, Merlung, Muara Papalik dan Rendah Mendaluh.

Wabup Amir Sakib yang melepas langsung Logistik pemilu 2019 mengapresiasi langkah KPU untuk mengandeng PT. Pos Indonesia dalam pendistribusian logistik.

Wabup meminta agar logistik dikawal dengan baik dan ketat untuk mengurangi timbulnya kecurangan dan kecurigaan.

"Saya berharap Logistik ini bisa dikawal dengan baik sehingga dapat sampai dengan tepat waktu dan aman dari pihak pihak yang tidak bertanggung jawab. Mari kita bekerja sama-sama untuk mengawal proses pemilu ini dengan baik,” ujar Amir Sakib.

Wabup juga menambahkan bahwa kesuksesan pemilihan umum di suatu daerah dilihat dari partisipasi pemilihnya.

“Mari kita beramai- ramai memberikan hak pilih pada tanggal 17 april mendatang untuk menyalurkan hak pilih masing - masing,” ungkapnya.

Sementara itu, dalam laporannya Ketua KPU Tanjung Jabung Barat, Hairuddin menyebutkan bahwa penyaluran tahap awal ini memberangkatkan 11 armada, meliputi 6 kecamatan. Pendistribusian tersebut untuk daerah pemilihan (Dapil) 3 dan 4 Kabupatrn Tanjab Barat.

Sementara, Bupati Merangin H Al Haris bersama Kapolres Merangin AKBP I Kade Utama dan Kasdim 0420/Sarko Mayor Inf Edi Arman kemarin (14/4), melepas pendistribusian logistik Pemilu 2019.

Pada acara pelepasan logistik Pemilu 2019 yang berlangsung sederhana di depan Gudang Logistik Pemilu kawasan Kandis Bangko tersebut, berpesan kepada para sopir untuk berhati-hati di jalan, hingga sampai tujuan.

‘’Alhamdulillah cuaca sangat mendukung, tidak hujan sehingga bisa aman cepat sampai tujuan. Jika mobil ini tidak sampai ke lokasi yang dituju, kita sudah siapkan sepeda motor untuk mengangkut logistik ini,’’ujar Bupati.

Secara bergulir lanjut bupati, tahapan Pemilu 2019 berlangsung aman, hingga sekarang H-3 jadwal pendistribusian logistik untuk kecamatan-kecamatan terjauh dari Kota Bangko.

Bupati minta kepada semua pihak untuk ikut membantu dalam pelaksanaan proses Pemilu 2019, mulai dari pra sampai pasca Pemilu nantinya. Diakui bupati, Pemilu 2019 perlu kecermatam dan kewaspadaan semua lapisan masyarakat.

Tidak menutup kemungkinan tegas bupati, orang-orang ingin menggangu jalannya pelaksanaan Pemilu suatu saat bisa mencul, seperti yang terjadi di Malaysia yang beridikasi terjadinya pencoblosan surat suara sebelum Pemilu berlangsung.

‘’Saya sangat berharap semua pihak bisa mengamankan jalannya pelaksanaan Pemilu ini dan masyarakat bisa melakukan pencoblosan dengan aman, nyaman dan tentram.

Tahapan penyelenggaraan Pemilu dan pengawas Pemilu sampai H-3 jelas bupati, sudah berjalan dengan baik. Pemerintah sudah bekerja keras agar Pemilu 2019, bisa berjalan sukses dan lancar.
Terpisah Ketua KPU Merangin Iraon Sahroni mengatakan, pemberangkatan kotak suara dan surat suara dilaksanakan dalam tiga gelombang. Gelombang pertama untuk kecamatan terjauh seperti, Jangkat, Jangkat Timur dan Tabir Barat.

Selanjutnya gelombang kedua untuk kecamatan yang lokasinya sedang, tidak terjauh dan tidak terdekat dari Bangko yaitu, kecamatan di kawasan Pamenang, Tabir dan sekitarnya.

Untuk gelombang ketiga pendistribusian logistik Pemilu 2019 dilakukan untuk kecamatan terdekat, seperti Bangko, Bangko Barat, Nalo Tantang, Tabir Lintas dan Batang Basumai.

‘’Sejauh ini kesiapan logistik Pemilu 2019 yang sudah siap untuk didistribusikan mencapai 95 persen. Sehingga sampai jadwal pencoblosan nanti semua logistrik Pemilu telah sampai ke Tempat-tempat Pemungutan Suara,’’terang Iron.

Menyinggung bagaimana dengan masih terjadinya kekurangan surat suara untuk Kabupaten Merangin? Iron menjelaskan, kekurangan yang terjadi tidak begitu banyak, dalam waktu dekat surat suara yang telah dipesan segera datang.

 

 

Reporter : Soni, C. Rangkuti, Kenata, Kasriadi.

Editor     : Ansori