Warga Payo Lebar Ingatkan Investor

Rabu, 08 April 2015 - 22:41:45


Komisi III, Sidak ke Eks Terminal Simpang Kawat, belum lama ini.
Komisi III, Sidak ke Eks Terminal Simpang Kawat, belum lama ini. /

Bangun Mall di Eks Terminal Simpang Kawat Harus Ada Amdal

RADARJAMBI.CO.ID, PAYO LEBAR -Rabu (8/4) sesuai permintan dari Tim Amdal Independen yakni meminta kepada pihak kelurahan untuk memfasilitasi pertemuan warga dengan Tim Amdal Independen yang perwakilan PT Bliss Proferty Indonesia, untuk mendengarkan masukan, saran dan tanggapan dalam rencana pembangunan Mall di eks terminal Simpang Kawat, Kelurahan Payo Lebar, Kecamatan Jelutung.

Pertemuan yang diadakan tersebut akui Lurah Payo Lebar, Ahmad Ihsan, pihak kelurahan hanya memfasilitasi saja. Keinginan dan harapan warga serta kekhawatiran warga dalam pembangunan Mall tersebut dapat diketahui melalui musyawarah tersebut.

"Warga menyampaikan permasalahan yang harus diperhatikan oleh pihak prakasa pembangunan nanti, dan pertemuan ini juga dihadiri BLHD Kota Jambi," ungkap Ihsan, kemarin di kantornya.

Ihsan mengungkapkan, yang perlu diperhatikan ada beberapa poin yang diajukan warga dalam pembahasan yakni Analisa Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) yang berdekatan dengan bangunan seperti persoalan air, Tempat Pembuangan Sampah (TPS), pengerukan dan getaran.

Selain itu, warga juga menuntut agar perekrutan tenaga kerja memprioritaskan warga sekitarnya dan juga masalah air limbah  yakni  RT 18, 19 dan RT 23 Kelurahan Payo Lebar mengingat kawasan tersebut termasuk kawasan pemukiman yang rawan banjir karena lokasi berada di kawasan daerah rendah sehingga sangat butuh perhatian mengenai limbah nantinya.

"Pada dasarnya warga mendukung pembagunan mall di eks Terminal Simpang Kawat, dengan catatan harus memperhatikan lingkungan sekitar, sehingga dalam pembangunan jika terjadi kerusakan harus menjadi tanggung jawab pengembang, serta memperhatikan air limbah," ujarnya. (cr9)