Gubernur HBA Ajak Kaum Perempuan Terus Berkarya

Selasa, 21 April 2015 - 22:01:20


Gubernur HBA dan Hj Yusniana HBA pada Peringatan Hari Kartini.
Gubernur HBA dan Hj Yusniana HBA pada Peringatan Hari Kartini. /

Peringatan Hari Kartini ke 136

RADARJAMBI.CO.ID, KOTA JAMBI -Gubernur Jambi H Hasan Basri Agus (HBA) berserta Ketua TP-PKK Provinsi Jambi Hj Yusniana Hasan Basri mengajak seluruh unsur masyarakat untuk mendukung dan memberi kesempatan kepada kaum perempuan untuk terus maju, berkarya dan memberdayakan diri, selama hal yang dilakukan secara positif dan bermanfaat bagi semua masyarakat.

Demikian disampaikannya saat memperingati Hari RA. Kartini ke 136, 2015 yang diselenggarakan di Auditorium Rumah Dinas Gubernur, Selasa (21/04).

Mengusung tema memperingati Hari Kartini tingkatkan kualitas hidup perempuan menuju Jambi-Emas 2015, acara berlangsung sukses.

Dalam sambutan dan arahannya, Gubernur Jambi HBA berpesan kepada kaum perempuan, hendaknya sukses karier dan pekerjaan apapun harus dibarengi dengan sukses dalam membina keluarga.

“Jangan melupakan tugas dan kewajiban sebagai isteri maupun ibu bagi anak-anak, peran ibu dalam keluarga sangat penting, terutama dalam mendidik anak yang menjadi dasar terbentuknya karakter keluarga, masyarakat hingga bangsa," pesannya.

Dikatakan Gubernur HBA, sebagai anak tidak boleh meremehkan peran ibu, karena semua dapat tumbuh besar dan bisa seperti ini tak terlepas dari peran ibu, disamping ayah.

“Agama bahkan mengajarkan sebuah ungkapan, surga ada di telapak kaki ibu. Maka dari itu saya mengajak marilah kita hormati dan hargai kaum perempuan layaknya kita menghormati dan menghargai ibu kita," kata HBA.

Orang nomor satu di Provinsi Jambi tersebut juga berharap peran dan kualitas organisasi wanita yang ada dapat terus ditingkatkan. Keterlibatan kaum perempuan sangat penting karena dilihat dari 8 target MDGs hingga tahun 2015 yaitu, pengentasan kemiskinan, pendidikan serta kesetaraan gender, penurunan angka kematian ibu dan anak dan pemberantasan penyakit menular, lingkungan hidup dan kerjasama global.

“Semuanya memiliki keterkaitan erat dengan peran kaum perempuan, baik dalam keluarga, masyarakat maupun program kerja yang selama ini telah dijalankan oleh berbagai organisasi,” jelas Gubernur.

Kepada kaum ibu dan perempuan di Provinsi Jambi, Gubernur HBA mengucapkan selamat Hari Kartini ke 136, sebagai kilas balik sejarah perjuangan untuk menjunjung tinggi harkat dan martabat kaum perempuan.

"Peringatan ini adalah wujud penghargaan dan penghormatan kita terhadap kiprah, peran dan pengabdian kaum perempuan dalam kehidupan keluarga, masyarakat bangsa dan negara, semenjak sebelum kemerdekaan, pada saat kemerdekaan hingga era pembangunan sekarang ini," papar Gubernur.

Dijelaskan HBA, Pemerintah Provinsi Jambi selalu berupaya memberikan kesempatan dan apresiasi atas keterlibatan kaum perempuan dalam mendukung pembangunan di Bumi Sepucuk Jambi Sembilan Lurah.

"Melalui kesempatan ini saya mengucapkan terima kasih atas peran dan kontribusi positif yang selama ini telah di tujukan kaum perempuan di Provinsi Jambi, baik secara individu maupun melalui berbagai organisasi wanita yang ada mulai dari GOW, PKK, Dharma Wanita, IWAPI, BKMT dan organisasi lainnya." pungkas HBA.

Ditempat yang sama usai peringatan Hari Kartini Ketua TP-PKK Provinsi Jambi Hj Yusniana HBA saat diwawancarai awak media menjelaskan, kaum perempuan Jambi telah banyak berhasil.

Salah satu contoh Program PKK yang sering diperlombakan pada tingkat nasional Provinsi Jambi semenjak tahun 2012 berulang kali mendapatkan penghargaan dari pemerintah pusat, baik Provinsi Jambi juga kabupaten se Provinsi Jambi.

Selain itu, Hj Yusniana juga mengajak seluruh peran orangtua untuk selalu menjaga dan memperhatikan anaknya dari pengaruh Narkoba.

"Peran orangtua sangat menentukan masa depan anak, agar terhindar dari pergaulan yang tidak menentu serta pengaruh Narkoba," jelasnya.

Selain itu, Ketua Panitia pelaksana Peringatan Hari Kartini ke 136 Provinsi Jambi Hj Rahima Fachrori Umar menyampaikan, Kartini merupakan pahlawan perempuan Indonesia yang telah mempelopori dan menggugah semangat kaum perempuan indonesia sesuai dengan harkat dan martabatnya.

“Disamping itu sejarah telah mencatat bahwa perjuangan Kartini, perempuan Indonesia mulai maju dan sadar akan hak-haknya sebagai insan yang hidup merdeka dan terhormat sesuai dengan kodratnya," jelasnya.

Dijelaskan juga oleh Rahima, peringan yang dilaksanakan memiliki arti penting khususnya bagi perempuan, untuk mengingat kembali jasa-jasa ibu Kartini, dalam proses pemberdayaan perempuan.

"Disamping itu peringatan ini menjadi penting, untuk meningkatkan kesadaran, tentang pentingnya serta mengakui dan mengangkat hak-hak kaum perempuan sebagai makluk ciptaan tuhan yang mulia," pungkasnya.

Pada kesempatan ini juga ditampilkan tarian dari Gubernuran Jambi di bawah Asuhan Hj. Yusniana Hasan Basri serta paduan suara dari Dharma Wanita Bhayangkara Polda Jambi.

Selain itu juga diadakan Parade Busana Batik Jambi yang di ikuti oleh Kabupaten/Kota se-Provinsi Jambi.

Turut serta pada kesempatan ini, anggota Forkompimda Provinsi Jambi, para kepala SKPD Provinsi Jambi, Ketua BKOW, Dharma Wanita, Organisasi Wanita serta Dharma Wanita Kabupaten/kota se-Provinsi Jambi serta para undangan lainnya. (flh)