Samakan Persepsi, Bawaslu Gelar Rakor Gakkumdu

Kamis, 13 Agustus 2015 - 21:42:52


Pemukulan gong oleh Gubernur Jambi yang diwakili oleh asisten I, Kailani pertanda rakor Sentra Gakkumdu resmi dibuka.
Pemukulan gong oleh Gubernur Jambi yang diwakili oleh asisten I, Kailani pertanda rakor Sentra Gakkumdu resmi dibuka. /

RADARJAMBI.CO.ID, JAMBI- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Jambi gelar Rapat Koordinasi (rakor) Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) dalam rangka menghadapi pemilihan gubernur, Bupati dan Walikota pada pemilihan serentak pada tanggal 9 Desember mendatang.

Dalam pembukaan malam  ini bertempat disalah satu hotel di Jambi ini, dihadiri langsung oleh Komisioner Bawaslu RI Nelson Simanjutak, Gubernur Jambi yang diwakili oleh asisten I, Kailani, Kapolda Jambi yang di wakili oleh Wakpolda Jambi Nana Sujana, Kejati Jambi, dan pimpinan Bawaslu Jambi.

Ketua Bawaslu Jambi, Fauzan Khairazi, dalam sambutannya mengatakan salah satu hal yang perlu dilakukan penanganan yakni terhadap adanya praktik money politic dan pelanggaran lainnya dengan proses penanganan pasal yang sangat perlu ditangani.

"Kami menghimbau agar pelaksanaan pemilu serentak nantinya untuk bisa menegakkan hukum yang sesuai, dengan adanya kegiatan ini agar bisa menyatukan persepsi dengan koordinasi yang terjalin baik," ucap Fauzan, dalam sambutannya.

Kapolda Jambi yang diwakili oleh Wakapolda Jambi, Nana Sujana mengaharapkan momen rakor akan bisa semakin memaksimalkan jalinan komunikasi antar Sentra Gakkumdu dalam mewujudkan persamaan persepsi.

"Pelaksanaan Rakor sentra Gakkumdu yang dilakukan oleh Bawaslu Jambi ini, merupakan langkah positif untuk mewujudkan pemilu demokratis, aman dan lancar," terang Nana Sujana, pada sambutannya.

Selain itu, Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jambi, yang diwakili oleh Aspidum Yusuf menyatakan dengan adanya rakor ini merupakan jembatan penghubung untuk pemahaman pidana dalam pemilu.

"Kegiatan ini merupakan upaya untuk menyatukan persepsi antara Kepolisian, Bawasli dan Kejati. Sebelumnya memang mengalami kesulitan terhadap penanganan pemilu, Kita berharap hal tersebut bisa tidak terjadi lagi untuk pemilihan serentakbkali ini," harapan Kejati Jambi.

Reporter: Hilman Yusra
Editor: Gustav